Demi Kesehatanmu, Jangan Lakukan 8 Pantangan Ini Saat di Shower. Bahaya Banget!

28 Januari 2018
|Idham Nur Indrajaya
0SHARES

Mandi dengan shower memang bisa terasa lebih nikmat ketimbang mandi dengan menggunakan bak dan gayung. Selain hemat air, mandi dengan shower juga bikin badanmu lebih bersih. Berhubung air yang digunakan saat mandi bisa langsung disiramkan ke seluruh badan, kita pun bisa lebih menghemat waktu untuk menyingkirkan seluruh kotoran yang mengendap di kulit kita.

Namun, ternyata ada beberapa pantangan yang harus kita hindari berkaitan dengan penggunaan shower. Pssst, ternyata bisa memberi efek buat kesehatanmu juga. Wah, apa aja tuh?

1. Jangan gantung alat gosok tubuh di kamar mandi

Alat gosok seperti loofah akan menjadi sarang bakteri jika kita menggantungnya di kamar mandi, apalagi kalau alat gosok itu baru saja kita gunakan di shower. Soalnya, alat gosok yang sudah lembab menjadi rentan terkena bakteri yang berbahaya untuk kesehatan tubuh kita. Ditambah lagi, saat kita menggunakan alat gosok, pori-pori kulit akan terbuka dan memudahkan bakteri untuk masuk ke tubuh kita. Alangkah lebih baiknya jika kamu menjemur alat gosok di bawah sinar matahari setelah kamu menggunakannya saat mandi.

2. Jangan terlalu sering mandi dengan air yang terlalu panas

Akan lebih nikmat lagi rasanya jika kita mandi di shower dengan menggunakan air panas sehingga kita tidak perlu merasa kedinginan. Tapi, kalau misalnya air terlalu panas, nantinya kulit kamu akan lebih mudah mengalami iritasi dan minyak alami di kulit pun akan terkikis sehingga akan terjadi pengeringan yang tidak akan kamu inginkan.

 

3. Jangan mandi di shower saat sedang ada banyak petir

Selain kamu harus menghindari alat-alat elektronik yang terhubung dengan kabel listrik, kamu juga harus menghindari mandi di shower. Soalnya, listrik dari petir dapat terhantar lewat saluran air kamar mandi dan bisa menyetrum kamu.

4. Jangan gunakan shampoo saat rambut masih kering

Pantangan ini berlaku juga saat mandi menggunakan gayung. Soalnya, kalau kamu menggunakan shampoo saat rambut kamu masih kering, kulit kepala kamu akan menjadi kering dan akan mengurangi kesehatan rambut.

5. Jangan terlalu lama mandi di shower

Terkadang, kita keenakan mandi di shower sampai lupa waktu. Momen mandi memang sering kita gunakan untuk memikirkan berbagai hal sehingga kita bisa berlama-lama di shower. Jangan mandi lebih dari delapan menit di shower karena air yang terus-terusan menyemprot ke tubuh kamu malah akan membuat kulit mengalami iritasi.

6. Jangan menyetel air terlalu kencang

Kita tidak bisa memungkiri bahwa akan ada saja bakteri yang bersembunyi di saluran air untuk shower. Kalau kamu menyetel air terlalu kencang, bakteri akan lebih mudah menyusup ke dalam kulit. Oleh karena itu, setelah tekanan air dari shower sesedang mungkin.

7. Jangan langsung berjalan keluar dari tempat shower tanpa mengeringkan kaki di keset

Jangan salah, keset di kamar mandi bisa menjadi penyelamat hidup kamu. Pada tahun 2011, survei membuktikan bahwa ada 230.000 kecelakaan yang terjadi di kamar mandi karena terpeleset. Oleh karena itu, jangan remehkan fungsi keset kamar mandi. Keringkanlah kaki kamu terlebih dahulu saat kamu baru keluar dari ruang shower.

8. Jangan biarkan sabun tumpah begitu saja

Jangan sampai lalai untuk langsung membersihkan sabun cair yang tumpah di lantai kamar mandi. Saat kamu sedang shower, biasanya kamu tidak akan terlalu fokus dengan keadaan sekitar dan keseimbangan kamu akan menjadi lebih rentan sehingga bisa saja kamu terpeleset oleh sabun yang menggenangi lantai kamar mandi.

Itulah beberapa pantangan yang harus kamu patuhi dalam penggunaan shower. Dengan mengikuti tips-tips di atas, kamu bisa mendapatkan pengalaman mandi yang tidak hanya menyegarkan tubuh kamu, tapi bisa membuat kesehatan tubuh pun tetap terjaga dengan baik.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Idham Nur Indrajaya
Gak Punya Quote Nih!
0SHARES