Demi Foto Ala-ala Candid yang Ciamik, Lakukan 9 Persiapan Ini Dulu!

21 Februari 2018
|Dwi Ayu Silawati
0SHARES

Foto dengan gaya candid merupakan salah satu yang kini sedang digemari banyak orang. Namanya juga candid, biasanya ditandai dengan si objek yang tidak melihat ke kamera. Terlihat seperti nggak sengaja gitu. Hehehe.

Biasanya sih banyak orang sengaja membuat foto candid untuk mengisi feeds Instagram-nya.

Kalau kamu salah satu yang ngefans dengan gaya fotografi ini, simak beberapa tips berikut supaya skill gaya fotomu candidmu makin ciamik.

1. Pastikan objek fotomu dalam keadaan rileks

Beberapa orang memang sudah merencanakan untuk berpose candid, jadinya malah kelihatan banget kalau mereka pura-pura nggak lihat kamera. Nah, cara yang paling oke adalah buat si objek dan si cameraman harus sepakat bahwa si cameraman bisa ambil foto kapanpun tanpa diketahui si objek. Jadinya, si objek nggak perlu siap-siap atau bergaya dulu.

2. Jadilah bagian dari objek fotomu

Kalau kamu ingin mendapat objek foto di festival musik atau acara pernikahan misalnya, berbaurlah dengan penonton dan undangan, siapkan kamera dan tangkap momen-momen seru di sana.

3. Memotret di tempat umum sah sah saja sebenarnya

Kadang emang kita jadi nggak enak hati sih ketika memotret orang yang tidak kita kenal, apalagi secara candid begini. Kalau memang kamu sungkan, minta izin saja ke orang yang bersangkutan, apakah boleh kamu menyimpan fotonya. Biasanya sih orang fine-fine aja, tetapi dengan minta izin kamu lebih lega 'kan?

4. Kamera harus selalu siap

Pastikan kameramu selalu siap untuk memotret, mau kamera digital atau kamera ponsel pokoknya kamu harus tenteng terus di tanganmu. Jangan lewatkan satu momen pun.

5. Matikan mode flash

Mode flash atau tambahan lighting kadang memang dibutuhkan, tetapi itu akan mengurangi hasil foto candid. Entah karena si objek merasa terfoto, kaget, atau silau. Kalau kamu butuh lighting yang bagus, lebih baik gunakan pencahayaan alami saja.

6. Ambil gambar sebanyak-banyaknya

Untuk mendapatkan foto candid yang kece, kamu harus banyak-banyak ambil foto. Jangan hanya satu, dari sekian banyak foto yang kamu ambil di momen tertentu kamu akan menemukan satu yang terbaik.

7. Setting autofocus-nya

Untuk kamu yang punya kamera DLSR, selamat kamu punya satu mode di kameramu yang bisa dimanfaatkan untuk memaksimalkan hasil foto candidmu, yaitu AI Servo AF (Canon) atau Continous AF-C (Nikon). Autofocus jenis ini akan otomatis mengatur fokus meskipun objek terus bergerak. Mode ini jarang digunakan untuk foto biasa. Kamu nggak perlu lagi capek-capek menyesuaikan fokus objek di kameramu, apalagi untuk fotografi candid yang menuntut ketanggapan dan kecepatan. 

8. Kamu tidak harus memotret objek sesuai dengan posisi matamu

Gaya fotografi candid bisa kamu lakukan misal dengan meletakan kameramu jauh di atas kepala, atau selevel pinggang untuk memotret momen-momen tertentu yang mungkin tidak kamu lihat.  

9. Setting kameramu ke ISO 400 untuk dapat speed foto yang lebih cepat

Kamu perlu kamera yang bisa mengcapture momen dengan cepat nih, beberapa kamera ponsel lumayan cepat sih, tetapi tidak semuanya. Kalau kamu punya DLSR lebih mantap, setting ke ISO 400 dan kamu siap berburu foto.

Gampang-gampang susah juga ya, guys! Tetapi sama dengan keterampilan lainnya, kunci utama untuk bisa mendapatkan foto dengan gaya candid yang keren adalah terus mencoba dan berlatih. Semangat! 


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Dwi Ayu Silawati
"You'll move people by being loyal to your own dreams"
0SHARES