Demi Begadang Efektif dan Sehat, Ikuti 7 Tips Ini. Biar Usahamu Nggak Sia-sia!

24 Oktober 2017
|Olphi Disya
Tips
0SHARES

Siapa nih yang sering begadang untuk ngerjain tugas, belajar untuk ujian, bahkan lembur? Terkadang kamu harus terpaksa begadang karena waktu yang mepet atau nggak sempat dikerjakan di siang hari. Tapi, begadang juga ada pakem-pakemnya biar nggak kamu tetap sehat dan efektif dalam mengerjakan tugas.

Kalau kamu sudah ada rencana untuk melek semalaman, ikuti kiat-kiat berikut ini ya agar usahamu ini ada artinya!

1. Sempatkan tidur siang

Kalau kamu memang berencana untuk begadang malam ini, kamu harus sempatkan atau curi-curi waktu untuk tidur siang. Nggak perlu berjam-jam, sempatkan selama 20-30 menit di jam 12 sampai jam 3 siang. Gimana kalau kamu terlalu sibuk sampai nggak bisa tidur siang? At least, kamu menyempatkan untuk istirahat. Kalau kamu nggak istirahat siang, bisa dipastikan otakmu nggak akan bekerja secara efektif di malam hari. 

2. Minum kopi bukan saat begadang

Jangan kira kalau minum kopi saat begadang bisa bikin kamu melek. Kalau kamu mau wide awake selama begadang, sebaiknya kamu minum kopi di siang hari sebelum tidur siang. Kalau kamu minum kopi lebih dari satu gelas saat begadang, kamu bukannya melek tapi justru akan merasa gelisah, deg-degan dan jadi nggak fokus. Ganti kopi dengan air putih untuk menemanimu begadang agar cairan di tubuhmu nggak drop.

3. Lampu ruangan harus terang

Begadang di malam hari memang bikin ngantuk. Agar kamu bisa meminimalisir rasa kantuk, sebaiknya atur pencahayaan di ruanganmu agar selalu terang. Kamu juga bisa gunakan lampu belajar untuk memaksimalkan penerangan di meja belajarmu. Lampu yang terang akan membuat matamu nggak mudah lelah. Tapi jangan yang terang banget sampai merasa silau, karena justru bisa bikin kamu nggak betah begadang.

4. Jangan ngerjain tugas di kasur

Satu hal yang harus jadi prinsip kamu kalau harus begadang, sebisa mungkin hindari ngerjain tugasnya di kasur. Dari kecil, tubuhmu telah mengasosiasikan kasur sebagai tempat untuk tidur dan istirahat. Ketika kamu ngerjain tugas di kasur, maka kamu akan lebih mudah ngantuk atau terlelap. Ketika kamu ngerjain tugas di meja belajar atau di lantai, kalaupun ngantuk tubuhmu nggak akan nyaman jadi dengan sendirinya bertahan untuk nggak ketiduran.

5. Siapkan camilan penambah semangat

Meski sebenarnya ngemil tengah malam itu nggak sehat, tapi dengan mengunyah sesuatu kamu bisa tetap terjaga. Pilih makanan yang kalorinya rendah atau bahkan nol, seperti buah-buahan segar. Jangan makan camilan yang mengandung MSG dan garam yang tinggi karena akan membuatmu lebih mudah haus. Kalau haus dan minum terlalu banyak, kamu juga akan kebelet pipis terus. Jadi kalau mau ngemil, tetap pilih yang sehat ya!

6. Tentukan batas waktu untuk begadang

Bagaimanapun, kamu harus tetap tidur. Apalagi kalau besoknya kamu harus ujian atau presentasi, kamu wajib tidur secara berkualitas. Tidur adalah saat-saat otakmu menyimpan informasi yang telah diperoleh saat begadang. Jadi akan percuma kamu begadang kalau nggak tidur. Maka, tentukan batas waktu untuk begadang. Misalnya maksimal jam 2 malam udah harus tidur dan bangun lagi jam 5 pagi. Begitu, guys!

7. Jauhkan handphone saat ngerjain tugas

Agar begadangmu nggak sia-sia, kamu harus jauhkan akses sosial media dari jangkauanmu. Salah satu gadget termudah untuk mengakses sosial media adalah handphone. Maka dari itu, sebisa mungkin hanya ada buku, alat tulis, laptop dan perlengkapanmu untuk nugas. Handphone bisa mendistraksi yang membuatmu jadi menunda-nunda ngerjain tugas atau justru jadi ketiduran dan lupa ngerjain tugas, 'kan?

Begadang sih emang boleh-boleh aja, tapi jangan keseringan juga, ya! Kalaupun terpaksa, atur waktu tidurmu agar nggak kurang tidur. Ingat kata Rhoma Irama: begadang boleh-boleh saja, asal ada perlunya!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Olphi Disya
"Upcoming psychologist. Awesome weirdo."
0SHARES