Dear Cowok, 7 "Aturan" Pakaian Formal ini Harus Diperhatikan Mulai Sekarang

17 September 2017
|Olphi Disya
76SHARES

Memang sih mungkin memakai jas atau berpenampilan formal jarang sekali kamu kenakan. Tapi bukan berarti kamu jadi cuek bebek dan nggak ingin tampil maksimal, 'kan? Mengenakan jas tentu bukan sekadar memakai kemeja, jas, dasi, celana, dan sepatu. Ada hal-hal yang harus dipertimbangkan agar kamu tampil keren dan nggak malu-maluin. Simak ketujuh tips berikut ini biar kegantenganmu langsung meningkat drastis!

1. Pilih jas yang sesuai kebutuhan dan kepribadianmu

Ketika kamu berniat untuk membeli atau membuat jas baru, tentukan apa kebutuhanmu. Apakah akan dipakai ke kondangan, acara formal seperti wisuda atau nikahan, foto pre-wedding, dan sebagainya. Dengan begitu kamu bisa menyesuaikan model jas seperti apa yang cocok.

Pertimbangkan juga kepribadian seperti apa yang ingin kamu tampilkan, apakah ingin terlihat dewasa, mewah, klasik, modis atau profesional. Karena beda kepribadian tentu beda pula warna atau motif jas yang dipilih. Mau aman? Pilih warna abu-abu yang cocok untuk segala kesempatan.

2. Samakan warna ikat pinggang dengan warna sepatu

Biar penampilanmu nggak terlalu ramai, kamu bisa memilih warna ikat pinggang yang senada dengan warna sepatumu. Misalnya warna ikat pinggangmu coklat tua, maka pilihlah sepatu dengan warna serupa. Jangan lupa juga untuk menyesuaikannya dengan warna keseluruhan jas dan celanamu. Jangan sampai terlalu ngejreng, ya!

3. Pastikan dasi dan kemejamu cocok dengan jasmu

Cowok-cowok pasti bingung nih sebenarnya dasi yang keren tuh kayak apa sih? Ketika memilih dasi, sebaiknya pilih warna yang setingkat lebih gelap dari jas tapi masih senada dengan warna jasmu atau aksesorismu. Pastikan panjang dasimu nggak melebihi bagian pinggang celanamu, kalau bisa 2 jari di atas pinggang celanamu. Urusan kemeja? Pilih warna-warna netral seperti putih atau motif yang umum seperti garis-garis atau kotak-kotak kecil.

4. Perhatikan kancing pada jas

Ada beragam jenis model kancing pada jas. Kalau jasmu terdiri dari dua kancing utama, pastikan kancing paling atas tetap dikancing, sementara yang bawah dibiarkan terbuka. Sedangkan jika ada tiga kancing, hanya kancing tengah yang harus dikancing. Ketika kamu duduk, kamu harus membuka seluruh kancing jas kamu. Tapi ketika berdiri silakan sematkan kembali kancingmu.

5. Ketika pakai rompi, pastikan kancingnya tertutup sempurna

Ada kalanya kamu akan memakai ropi di dalam jas. Nah, pilihlah ropi dengan warna yang senada dengan jasmu. Selalu sematkan seluruh kancing di rompimu. Rompi juga nggak perlu dimasukkan ke dalam celana dan pastikan bagian bawahnya pas di ikat pinggangmu, ya.

6. Kemeja di dalam harus tampak setengah inci

Ini nih yang sering disepelekan oleh banyak cowok ketika memakai jas formal. Sebaiknya bagian pergelangan tangan kemeja tampak keluar setengah inci dari jas. Jadi jangan sampai jasmu menutup seluruh bagian lengan kemeja. Dan pastikan juga pergelangan tanganmu dikancing, ya.

7. Pastikan semuanya pas

Satu hal yang penting dalam berpenampilan formal adalah ukuran jas yang pas di badan kamu. Bisa kamu cek dengan melihat jahitan di pundak, panjang jas yang nggak kurang dan nggak lebih dari ritsleting celana, dan tentunya harus bisa bikin kamu nyaman ketika memakainya. Jas yang kebesaran akan membuat kamu jadi terlihat nggak banget. Begitupun kalau jas yang kamu kenakan terlalu junkies, kesannya pengap, 'kan?

Jadi udah tahu kan gimana membuat penampilan formal kamu jadi lebih oke? Jangan salah lagi ya, kalau udah mempraktikan tips di atas dijamin akan ganteng maksimal!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Olphi Disya
"Upcoming psychologist. Awesome weirdo."
76SHARES