Dari Diet hingga Melawan Kanker, Ini 8 Manfaat Hebat Jeruk Lemon

30 November 2017
|Robertus Jeje
2.5 KSHARES

Cuaca yang terkadang dingin dan panas, sepertinya minum segelas air jeruk lemon akan terasa nikmat. Terlebih, buah ini juga cocok diminum saat panas maupun dingin. Selain menyegarkan, ternyata lemon juga memiliki segudang manfaat bagi kesehatan karena kandungan nutrisinya yang cukup tinggi dan sangat baik bagi tubuh. Bahkan, saking banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan dari jeruk ini, kamu juga bisa memakai lemon sebagai menu tambahan program diet kamu.

Namun kadang ada yang bingung dan bertanya, mana yang lebih baik antara jeruk lemon dan jeruk nipis? Jawabannya, keduanya memiliki manfaat yang sama dan sama-sama mengandung vitamin C, kalium, flavonoid, dan B6. Nah, daripada berlama-lama, Yukepo bakal kasih kamu ragam manfaat kesehatan dari jeruk lemon. Penasaran apa saja?  Yuk, kepoin!

1. Kandungan vitamin C yang tinggi bisa untuk pembangkit tenaga

Vitamin C penting untuk menjaga kekebalan tubuh dan kamu bisa menemukannya pada buah lemon – yang kandung vitamin C-nya sepertiga lebih tinggi dari jeruk nipis. Dari 100 gram lemon (tanpa kulit) bisa memberikan 88 persen asupan vitamin C untuk seharian, dan jumlah ini adalah yang terbaik. Minum satu sendok perasan air lemon dan madu juga mampu untuk menjaga tubuh dari serangan batuk maupun pilek.

2. Air lemon sangat baik untuk perut dan membantu pencernaan

Jika kamu minum air lemon setelah makan berat, akan membantu dalam proses pencernaan. Atau, bisa juga kamu menambahkan beberapa tetes air lemon ke dalam makanan. Selain itu, air lemon juga baik untuk mencegah sembelit. Namun perlu diingat, bahwa lemon tidak cocok dengan susu. Jadi jangan sekali-kali mencampurnya.

3. Air lemon mampu membantu kamu dalam mengikis kalori dan membakar lemak

Setiap pagi, cobalah kamu minum air lemon dan air madu sebagai minuman pertama di pagi hari. Cara ini bisa membantu kamu untuk membakar lemak dan baik untuk antioksidan. Atau, kamu bisa minum perasan air lemon secara rutin. Setiap hari satu gelas. Cara ini juga bisa membantu mensukseskan program diet kamu.

4. Senyawa yang ada dalam jeruk lemon bersifat anti-kanker

Jeruk lemon memiliki senyawa yang bernama limonod yang mampu melawan kanker lambung, paru-paru, kulit, payudara, dan usus besar. Jadi kamu tak perlu meragukan lagi manfaat hebat dari jeruk lemon.

5. Jeruk lemon juga bisa mengobati masalah rambut dan menjaganya tetap sehat.

Kamu bisa menggunakan air perasan lemon untuk kuit kepala. Cara ini cukup ampuh untuk menghilang ketombe, rambut rontok, dan masalah lain yang berhubungan dengan rambut maupun kulit kepala.

6. Kandungan vitamin C yang tinggi mampu untuk mengatasi masalah gusi

Kalau asupan vitamin C kurang, maka masalah umum yang sering kamu rasakan adalah pada gusi, seperti bengkak atau berdarah. Jadi konsumsilah air lemon secara rutin, sehingga bisa menjaga gusi tetap sehat dan terbebas dari masalah gusi.

7. Air lemon mampu melindungi kamu dari serangan penyakit kolera

Lemon mengandung senyawa flavonoid yang bersifat antioksidan. Kandungan inilah yang bisa menjadi antibiotik buat tubuh. Bahkan, di beberapa desa di Afrika Barat yang terdapat epidemi kolera, para peneliti menambahkan air lemon ke dalam makanan yang mereka makan. Hasilnya, air perasan ini mampu melindungi mereka dari serangan penyakit kolera.

8. Jeruk lemon mampu melindungi mata dari ancaman infeksi dan degenerasi makula

Lemon memiliki sifat anti-bakteri dan antioksidan yang baik untuk melindungi mata dari ancaman infeksi, rabun, hingga degenerasi makula. Jadi kamu bisa mengkonsumsi air jeruk lemon secara rutin dan kamu akan merasakan bedanya pada mata kamu, karena terasa lebih segar dan sehat.

Itulah tadi manfaat jeruk lemon untuk diet, anti-kanker, dan segudang manfaat lainnya bagi kesehatan. Kamu juga tak perlu bingung lagi memilih jeruk lemon apa nipis, karena keduanya sama-sama hebat. Hanya saja, yang membedakan tekstur dagingnya, jeruk lemon lebih tipis dan lembut. Selamat mencoba!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Robertus Jeje
"be kind to each other"
2.5 KSHARES