Cobain Nih Tips Paling Sederhana Agar Batre Smartphone Kamu Super Irit!

www.cashify.in

Bukan menjadi hal yang aneh jika banyak orang di zaman sekarang wajib memiliki power bank atau batre cadangan untuk smartphone yang mereka miliki. Bentuk power banknya pun gak tanggung-tanggung, dari ukuran yang sama dengan smartphone-nya, sampai ke ukuran yang sama kayak kotak sepatu. Hal tersebut menjadi petanda bahwa kini mobilitas manusia di zaman sekarang itu tinggi banget. Bahkan, smartphone yang dikenal kecanggihannya sebagaimanapun tetap membutuhkan asupan setiap harinya.

Nah, banyak juga yang pada akhirnya mengeluh bahwa smartphone yang mereka gunakan -jenis apa pun itu- batrenya jadi boros dan juga ribet kalau harus bawa-bawa power bank yang gede banget. Tapi, mobilitas yang tinggi menuntut hal tersebut harus dilakukan. Nah, YuKepo kali ini bakal memberikan tips ampuh dan sederhana buat kalian yang smartphone-nya boros batre, tapi males bawa power bank dan sejenisnya. Langsung aja yuk kita kepoin, gimana sih caranya irit batre saat berpergian tanpa perlu bawa power bank? Yuk kepo!

1. Ganti wallpaper kamu jadi hitam

www.androidpit.com

Tips pertama ini sangat sederhana sekali. Cukup dengan mengubah wallpaper smartphone kamu untuk menjadi lebih gelap, setidaknya kamu bisa menghemat 10% dari batre smartphone kamu. Jadi, kalau tadinya wallpapernya bareng kekasih tercinta, diganti dulu kali yah saat kamu berada di luar dan jauh dari colokan serta power bank. Apa alasannya harus ganti wallpaper jadi warna gelap? Karena layar kamu bakalan jadi rada gelap sehingga gak butuh banyak cahaya keluar dari smartphone kamu.

2. Kecilkan pencahayaan layar atau brightness smartphone kamu

www.pcworld.com

Nah, tips kedua ini patut kamu lakukan juga demi kehematan batre smartphone kamu. Jadi, gak perlu terang-terang yah smartphonenya? Selagi kamu masih bisa melihat isi smartphone kamu, gak perlu tuh kamu setting kecerahannya sampai 100%. Cukup dibuat 20-30% aja tingkat kecerahannya.

3. Matikan wifi atau Bluetooth jika tidak digunakan

www.timg.com

Disebabkan smartphone kamu sudah terisi paket data atau internet, wifinya gak harus on terus kan? Nah, jika memang tidak membutuhkan wifi atau bluetooth, bisa dong buat dimatikan saja. Jika memang butuh, tinggal nyalain lagi aja, kok. Mudah kan? Secara gak langsung jika kedua fitur tersebut tetap menyalah, setiap pergi ke mana pun, smartphone kamu akan mencari wifi dan bluetooth yang ada di sekitar kamu. Nah, hal tersebut juga turut bikin boros smartphone kamu.

4. Matikan GPS kalau memang tidak dipakai
www.digitaltrends.com

Sama halnya dengan wifi dan bluetooth, GPS juga kalau tidak diperlukan banget gak usah dinyalain deh. Kecuali jika kamu memang membutuhkan fitur GPS untuk mencari alamat, baru deh digunakan.

5. Tutup aplikasi yang memang tidak digunakan
www.zopini.com

Banyak orang yang males menutup aplikasi setelah dibuka. Jadi, setelah membuka aplikasi apa pun, banyak orang yang keluar begitu aja tanpa menutupnya. Nah, hal tersebut secara tidak sengaja akan membuat aplikasi di smartphone-mu tetap berjalan dan tentunya bakalan menyedot batre kamu. Oleh karena itu, setelah membuka aplikasi apa pun, jangan lupa untuk ditutup atau dihapus.

6. Atur tidur smartphone kamu lebih cepat setelah digunakan

gaptex.com

Maksudnya, bukannya menyuruh smartphone kamu tidur, tapi atur waktu terkunci smartphone kamu lebih cepat dari biasanya. Misalnya, biasanya setiap satu menit smartphone kamu baru terkunci. Kini, untuk mengirit batre, kamu ubah deh waktu terkuncinya jadi setiap 15 detik atau 10 detik. 

7. Matikan mode getar

www.pcworld.com

Pasti kamu bingung kan mengapa mode getar pada smartphone kamu bisa bikin batre kamu boros? Ternyata, dibandingkan dengan mode ringtone, mode getarlah yang sebenernya menguras batre kamu. Mengapa demikian? Karena mode getar itu menggunakan daya batre lebih banyak. Oleh karena itu, mulai saat ini gunakan mode getar saat hal-hal yang tidak genting aja, ya. Kalau lagi keluar dan tidak membawa power bank atau chargeran, mending pakai mode ringtone aja. Biar irit batre!

8. Jangan terobsesi sama smartphone!

www.businessbigwigs.com

Tips yang terakhir ini juga jadi pesan buat kamu yang gak bisa lepas sama smartphone. Kalau memang takut batre cepat habis atau lowbet, ya gak usah terobsesi juga sama smartphone kamu. Sudah tau batre sekarat alias lowbet, tapi masih sempat buat buka-buka Instagram mantan. Duh, udah gak zaman kali ah. Yuk, jadi pengguna smartphone harus smart juga, dong!

Demikianlah tips sederhana banget buat kamu yang lagi cari cara biar batre smartphone kamu bisa irit. Penggunaan smartphone zaman sekarang memang bisa dibilang sudah sangat tinggi. Semakin canggihnya smartphone dalam bentuk dan harga berapa pun, kualitas batre memang menjadi pekerjaan rumah para industri tekhnologi nih. Oleh karena masih menjadi pekerjaan rumah, kamu para pengguna smartphone gak perlu ngeluh juga. Cukup dengan menjadi pengguna yang pintar untuk telepon pintar yang kamu gunakan aja deh sekarang mah.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Tanpa Harus Memakai Barang Mewah, 5 Trik Ini Bisa Membantumu Terlihat Berkelas

Tanpa Harus Memakai Barang Mewah, 5 Trik Ini Bisa Membantumu Terlihat Berkelas

Buruan Pakai 7 Aplikasi Edit Foto Ini, Biar Feed IG-mu Semakin Kece!

Buruan Pakai 7 Aplikasi Edit Foto Ini, Biar Feed IG-mu Semakin Kece!

Sebagai Menantu Baru, 5 Hal Ini Bakalan Kamu Alami di Rumah Mertua

Sebagai Menantu Baru, 5 Hal Ini Bakalan Kamu Alami di Rumah Mertua

7 Tips Ampuh Agar Gebetan Nyaman Chat Lama Sama Kamu

7 Tips Ampuh Agar Gebetan Nyaman Chat Lama Sama Kamu

Konon 6 Tipe Cewek Ini Sulit Didekati, Padahal Kamu Hanya Butuh Trik Ini!

Konon 6 Tipe Cewek Ini Sulit Didekati, Padahal Kamu Hanya Butuh Trik Ini!

Kesel Sariawan Nggak Sembuh-sembuh? Diobatin Pakai Cara Ini Aja!

Kesel Sariawan Nggak Sembuh-sembuh? Diobatin Pakai Cara Ini Aja!

loading