Cintai Sepatu Kanvasmu dengan 5 Cara Ini! Merawatnya Juga Harus Penuh Kasih Sayang

24 Januari 2018
|Dwi Ayu Silawati
0SHARES

Sepatu kanvas merupakan salah satu jenis alas kaki yang cukup populer bagi sebagian besar orang. Karena bahannya yang kuat, bentuknya yang anak muda banget, dan tentunya banyak brand ternama yang menggunakan bahan kanvas sebagai andalannya.

Kalau kamu salah satu penggemar dan pengguna sepatu kanvas, simak tips merawat ini ya! Supaya sepatu kesayanganmu awet dan selalu keren, caranya biar awet juga nggak sembarangan.

1. Lindungi dengan lapisan anti-air

Ini salah satu cara yang paling direkomendasikan, terutama sebelum kamu memakainya di luar ruangan. Ada beberapa toko yang menjual semprotan anti-air ini, tetapi kalau kamu ingin yang lebih murah kamu perlu melakukan beberapa langkah. Usapkan lilin berwarna putih ke sepatu kanvasmu hingga rata, kemudian keringkan selama beberapa jam. Jangan gunakan hairdryer, itu justru akan merusak alas kaki kesayanganmu ini. 

2. Cuci dengan benar

Sesekali cuci sepatumu. Untuk kanvas kamu bisa gunakan sedikit deterjen, kemudian gosok perlahan menggunakan sikat gigi di bagian-bagian yang kotor. Bilas dengan larutan air dan pencuci piring selama beberapa saat. Rendam kira-kira 10-15 menit, usahakan bagian dalam sepatumu tidak terendam di air. Angkat dan jemur sampai kering. 

3. Jangan jemur di bawah sinar matahari langsung

Selain hairdryer, sinar matahari langsung juga bisa merusak warna sepatumu. Untuk mengeringkan sepatu, kamu bisa menaruhnya di ruangan yang kering atau di luar rumah tetapi yang masih beratap. 

4. Mengenakannya di tempat dan waktu yang tepat

Meskipun sepatumu sudah diberi spray anti-air, bukan berarti kamu bisa menggunakannya di musim hujan. Lapisan itu hanya mampu melindungi sepatumu dari kadar air tertentu, tentunya tidak besar. Jangan gunakan juga ketika keadaan sedang sangat dingin, sepatu kanvas akan menyerap kelembaban dan membuat kakimu bau dan sakit. Sepatu kanvasmu memang nyaman banget dipakai, tetapi kenakan dia di saat yang tepat. 

5. Basmi bau busuk

Sepatu kanvas memang nyaman dipakai tanpa kaos kaki, tetapi itu yang membuatnya mudah bau dan lembab. Pastikan kamu selalu membuatnya tetap kering dan tidak berbau dengan menaburkan bedak bayi di dalamnya setelah kamu gunakan. Bedak akan menyerap keringat dari kakimu. Kamu juga bisa menggunakan campuran baking powder dan tepung kanji. 

Cukup mudah bukan cara merawat sepatu yang berbahan kanvas? Mantap, langsung bisa dicoba kawan-kawan. Demi sepatu kesayangan awet, tidak berbau, dan tetap keren.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Dwi Ayu Silawati
"You'll move people by being loyal to your own dreams"
0SHARES