Cara Paling Sederhana untuk Kulit Wajah Sehat Terawat

pixabay.com

Kulit yang sehat terawat bisa didapat dari menjaga pola makan, pola tidur, dan penggunaan masker alami. Kemunculan jerawat yang tiba-tiba memang menyebalkan. Apalagi jika sedang di hari yang penting.

Jerawat yang tumbuh ini merusak mood dan menganggu penampilan. Masalah ini suka muncul tanpa peringatan dan bikin kurang percaya diri. Walaupun begitu, jerawat memang sulit untuk dihindari.

Tapi kamu bisa menjaga kulit agar terawat dan jarang jerawatan dengan langkah berikut! Dijamin mudah dan nggak sulit untuk dipraktikkan.

1. Menggunakan segala produk sesuai dengan jenis kulit

pixabay.com

Skincare adalah hal penting bagi banyak orang saat ini. Mulai dari facial wash, makeup remover, toner, serum, hingga pelembap. Semua brand menawarkan produk yang dapat digunakan untuk segala tipe kulit. Ada juga yang secara khusus dibuat untuk jenis kulit tertentu.

Menggunakan produk yang spesifik untuk tipe kulitmu sangat disarankan. Cek dahulu ingredients dari produk yang digunakan. Jika ada bahan salicylic acid, benzoyl peroxide, atau glycolic acid adalah untuk kulit berminyak. Lactic acid dan glycerin untuk kulit sensitif.

Penggunaan skin care yang spesifik juga mengurangi iritasi karena salah menggunakan produk. Penggunaan masker juga gunakan kandungan yang sesuai dengan jenis kulit dan kebutuhanmu.

2. Jerawatan? Jangan pakai produk eksfoliasi

pixabay.com

Kalau biasanya melakukan eksfoliasi seminggu sekali, jangan lakukan eksfoliasi saat sedang berjerawat! Scrubbing kulit wajah memang perlu untuk mengangkat sel mati di wajah.

Saat kulit sedang berjerawat, ada baiknya jangan dilakukan terlebih dahulu. Masalahnya, jika sedang jerawatan dan melakukan eksfoliasi ini kulit bisa terkena iritasi dan kemerahan. Cobalah untuk memberi asupan vitamin kulit. 

3. Gunakan masker setelah mandi

pixabay.com

Penggunaan masker sebelum mandi biasa dilakukan karena dapat dengan mudah mencucinya saat masuk ke kamar mandi. Padahal, cara memakai masker wajah yang benar dan tepat adalah setelah mandi.

Pemakaian masker setelah mandi justru menguntungkan kulit wajah karena kulit jadi lebih lembap. Kelembapan kulit setelah mandi ini justru akan memudakan untuk membersihan kotoran di wajah. Kulit wajah juga akan menyerap semua kandungan dalam masker lebih banyak setelah mandi dibandingkan sebelum mandi.

4. Gunakan alat yang tepat
pixabay.com

Mengoleskan masker dengan tangan sebaiknya tidak dilakukan lagi. Menggunakan alat masker khusus untuk wajah akan lebih mudah mengontrol banyaknya masker dibandingkan menggunakan tangan kita. 

5. Keringkan dengan handuk atau tisu
pixabay.com

Pemakaian handuk juga berpotensi untuk melihat seberapa terawatnya kulit kita. Penggunaan handuk berulang kali dapat membuat bakteri berkembang dan menempel di wajah.

Tidak bisa dipungkiri setelah mencuci muka, kita secara otomatis mencari handuk untuk mengelap air di wajah. Jika sudah terbiasa dengan menggunakan handuk, pastikan menggunakan dua handuk. Satu untuk tubuh, satu handuk khusus untuk wajah. 

6. Gunakanlah toner

pixabay.com

Penggunaan masker wajah juga bisa membuat kulit kering setelah menggunakannya. Makanya, penting untuk memiliki toner yang fungsinya adalah untuk melembabkan kulit wajah setelah memakai masker.

Toner yang tepat akan membantu kulit wajah mengunci semua manfaat masker. Membuat kulit wajah lebih halus dan lebih bersih serta menjadi pelembap adalah manfaat dari toner.

Tidak hanya toner, setelah menggunakan masker, kalian juga perlu memiliki beberapa pelembap untuk mencegah terjadinya kekeringan dalam sel kulit wajah. hal ini bisa menjadi pencegahan munculnya keriput di wajah.

7. Maskeran rutin

pixabay.com

Masker alami bisa digunakan harian atau mingguan tergantung dari jenis maskernya. Menggunakan skincare secara rutin dapat memberi perubahan yang cukup signifikan dan memberikan manfaat bagi kulit agar menjadi sehat dan bebas jerawat.

8. Pelembap

pixabay.com

Meskipun kulit sedang tidak dalam kondisi prima, penggunaan pelembap wajah tidak boleh dilupakan. Moisturizer atau pelembap ini disarankan yang mengandung mineral untuk membantu kulit terhindar dari dehidrasi.

9. Konsultasi ke dokter
pixabay.com

Daripada bingung, mungkin ada baiknya kamu mencoba untuk konsultasi ke dokter. Kamu bisa bertanya jenis tipe kulit apa dan jenis produk apa yang cocok bagi kulitmu.

Kesehatan kulit wajah sangat bergantung pada asupan makanan, minuman, dan pola hidup yang diterapkan. Kamu sendiri yang harus tahu batasan apa saja yang boleh dan tidak dikonsumsi.

Selain itu, mengelola stres dapat membuat kulit wajah jadi lebih sehat karena hormon bisa terkontrol dengan baik. Penggunaan masker yang sesuai juga perlu diketahui agar masker tidak terbuang sia-sia. 

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Cara Print Excel dari Laptop dan PC Anti Ribet, Kelar Secepat Kilat! | Keepo.me

Cara Print Excel dari Laptop dan PC Anti Ribet, Kelar Secepat Kilat! | Keepo.me

Deretan Brand Vegan Cosmetics Buat yang Cinta Lingkungan

Deretan Brand Vegan Cosmetics Buat yang Cinta Lingkungan

Resep Sempol Ayam Rumahan dengan Jaminan Rasa yang Juara | Keepo.me

Resep Sempol Ayam Rumahan dengan Jaminan Rasa yang Juara | Keepo.me

Mengintip Style Casual dari Jihyo TWICE

Mengintip Style Casual dari Jihyo TWICE

Cara Membuat Dimsum Rumahan yang Mendekati Resep Autentiknya | Keepo.me

Cara Membuat Dimsum Rumahan yang Mendekati Resep Autentiknya | Keepo.me

Rekomendasi Outer Wanita yang Wajib Diketahui, Biar Nggak Kudet

Rekomendasi Outer Wanita yang Wajib Diketahui, Biar Nggak Kudet

loading