Cara Merawat Baju Batik yang Tepat, Biar Bisa Awet Bertahun-tahun

www.instagram.com

Sebagai orang Indonesia, keterlaluan kalau sampai nggak punya baju batik barang sebuah. Kalau sudah banyak mendapatkan undangan kondangan, tentu baju batik jadi setelan terbaik yang sangat diandalkan.

Sayangnya, baju batik yang dimiliki warnanya bisa cepat luntur dan terlihat tidak bagus lagi kalau salah treatment. Mau 'kan tetap punya baju batik yang bagus walaupun sudah dicuci berulang kali? 

1. Manual

pixabay.com

Mencuci baju batik hendaknya menghindari pemakaian mesin. Meskipun mempermudah dan menjadi salah satu alat bantu mencuci, kalau batik serat kainnya akan mudah rusak.

Kain batik juga dibuat secara manual sehingga mencucinya juga perlu tenaga dan metode manual. Apalagi kalau baju batik kesayangan, tentu tidak ada salahnya dengan mencuci menggunakan sentuhan tangan.

Beberapa kain batik memang memiliki serat yang sangat tipis dan mudah rusak. Jadi, hati-hati ya. Mencuci dengan tangan akan menurunkan risiko rusaknya warna dan serat kain batik.

2. Pisahkan baju

www.pexels.com

Terbiasa mencuci dengan mesin membuatmu mencampurkan berbagai jenis baju dengan beragam warna dan bahan. Ingat, jika salah teknik batik akan merusak pola warnanya. Apalagi kalau mencampur berbagai pakaian.

Bahan batik juga biasanya mudah luntur dan merusak baju lain. Bisa juga malah membuat baju lain luntur. Yang paling ideal adalah memisahkan baju yang mudah luntur agar dicuci terpisah dengan baju batik agar warna batik tetap awet. 

3. Pakai sabun khusus

pixabay.com

Beberapa toko batik menjual sabun khusus untuk mencuci baju batik kalian. Biasanya disebut dengan lerak. Ternyata, bisa juga menggunakan shampoo untuk mencuci batik. Bahannya rupanya memiliki formula yang dapat diaplikasikan dalam mencuci batik.

Jika batik kesayangan dicuci dengan shampoo, tidak akan melunturkan warna karena zatnya tidak sekeras yang terkandung dalam detergen. Hal tersebut bisa menjaga warna asli batik. Sehingga batikmu bisa awet dalam waktu yang relatif lama.

4. Jangan pakai terlalu banyak sabun
pixabay.com

Mencuci sudah selazimnya menggunakan sabun atau detegen. Zat aditif ini meskipun bisa membersihkan noda, tapi bisa merusak kain. Penggunaan bahan alami dengan menggunakan lerak ampuh untuk menjaga kain batik.

Kandungan dalam biji lerak mengandung saponin yang menghasilkan busa dan berfungsi sebagai pencuci. Lerak juga saat bisa dimanfaatkan sebagai pembersih oleh produsen brand ternama. Sekarang ini, sudah banyak lerak yang dikemas dalam botol dan praktis dibawa ke mana-mana.

5. Hindari softener
pixabay.com

Mencuci tanpa pelembut pakaian alias softener memang bagai sayur tanpa garam. Apalagi pelembut pakaian memiliki wangi khas yang disukai. Umumnya ketika mencuci baju, kita akan mencelupkan pakaian ke dalam softener agar wangi dan lembut.

Sayangnya, batik lebih baik tidak dicelupkan dalam softener. Pelembut pakaian bisa menyebabkan serat kain rusak. Meskipun dengan softener, pakaian yang disimpan di dalam lemari menjadi wangi. Khusus  batik, lebih baik cuci hanya dengan sabun khusus. Jika ingin wangi, bisa gunakan parfum saat akan mengenakannya.

6. Rendam di air hangat

pixabay.com

Penggunaan air hangat bertujuan untuk menghilangkan noda pada kain batik. Air dingin untuk mencuci batik malah tidak efektif untuk membersihkan noda. Meskipun biasanya mencuci pakaian dengan air dingin, khusus batikmu gunakan saja air hangat.

7. Berhati-hati

pixabay.com

Menggunakan batik yang bahannya mudah bisa sobek memerlukan kehati-hatian dalam menjaganya. Batik khas nusantara yang memiliki berbagai motif dan arti tidak hanya indah dan elegan saat dikenakan oleh masyarakat lokal.

Motif ini membuat rasa percaya diri bagi yang memakainya, termasuk para wisatawan asing. Agar batik kesayangan tetap awet ketika dikenakan, berhati-hati agar pakaian tidak terkena noda yang sulit hilang adalah poin yang harus diingat.

Batik adalah pakaian tradisional Indonesia yang beragam motif dan coraknya. Saat ini batik menjadi tren fashion karena bisa dikombinasikan dalam berbagai model dan bentuk baik untuk acara formal dan nonfomal. Praktikkan cara ini supaya bisa awet bertahun-tahun, ya.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Nggak Pake Helm, Cowok India ini Banting Motor Gara-gara Ditilang Polisi! | Keepo.me

Nggak Pake Helm, Cowok India ini Banting Motor Gara-gara Ditilang Polisi! | Keepo.me

Setting Powder Terbaik yang Jadi Andalan Makeup Artist Handal

Setting Powder Terbaik yang Jadi Andalan Makeup Artist Handal

Berani Pinjami Orang Asing Uang, Cowok ini Kaget Dapat Uang Terima Kasih Sebesar 9.5 Miliar! | Keepo.me

Berani Pinjami Orang Asing Uang, Cowok ini Kaget Dapat Uang Terima Kasih Sebesar 9.5 Miliar! | Keepo.me

Perbedaan Antara Fashion Designer dengan Fashion Stylish

Perbedaan Antara Fashion Designer dengan Fashion Stylish

Presiden Suriah Sebut Trump Presiden Terbaik Amerika | Keepo.me

Presiden Suriah Sebut Trump Presiden Terbaik Amerika | Keepo.me

Penyebab Kulit Jadi Makin Kusam, Mari Lebih Peduli Mulai dari Sekarang

Penyebab Kulit Jadi Makin Kusam, Mari Lebih Peduli Mulai dari Sekarang

loading