Cara Menjaga Kelembapan Bibir Meski Pakai Masker Tiap Hari

www.harpersbazaar.com

Selama pandemi di mana kita semua wajib memakai masker ketika berkegiatan di luar rumah, banyak wanita yang mengeluhkan beberapa masalah baru. Salah satunya adalah tentang kondisi bibir yang menjadi semakin kering.

Karena sering tertutupi dengan masker, bibir jadi lebih mudah kehilangan kelembapan alaminya. Suhu yang turun membuat permukannya lebih rentan jadi pecah-pecah dan kering.

Solusinya tentu saja bukan dengan tidak mengenakan masker. Melainkan adalah dengan lebih memperhatikan dan merawat kondisi bibir. Berikut ini ada langkah sederhana untuk membantu agar bibir tetap lembap tertutupi masker setiap hari.

1. Dilarang menjilat bibir meski merasa sangat kering

www.everydayhealth.com

Kamu mungkin adalah salah satu orang yang akan langsung menjilat bibir sendiri ketika merasa permukannya sangat kering. Ternyata langkah itu kurang tepat dan justru malah bisa memperburuk kondisi bibir.

Air liur yang awalnya membasahi bibir, beberapa saat kemudian malah akan menghilangkan kelembapan dari jaringan bibir. Belum lagi, air liur juga bisa mengandung bakteri yang dikhawatirkan dapat membuat bibir jadi pecah-pecah dan iritasi. Jangan lupa juga dengan enzim keras yang ada pada air liur yang akan membuat bibir jadi kehilangan minyak alaminya. 

2. Jangan terlalu sering eksfoliasi

www.perfect365.com

Banyak yang merasa risih dengan kondisi bibir yang pecah. Solusi yang dianggap paling mudah dan cepat adalah melakukan eksfoliasi agar kulit yang kering segera terkelupas dan digantikan dengan kulit baru. Memang benar eksfoliasi bisa membuang kulit mati, tapi jangan terlalu sering dilakukan, ya.

Dikhawatirkan bukan hanya kulit mati yang terkelupas, tapi juga menghilangkan minyak alami yang menjaga kelembapan bibir.  Jika menggosok terlalu sering dan kasar, itu bisa membuat bibir malah kering. Sebaiknya lakukan eksfoliasi seminggu sekali saja. 

3. Lakukan perawatan sebelum tidur

www.perfect365.com

Tak hanya kulit wajah yang butuh perawatan sebelum tidur. Jangan lupakan bibir juga. Sama seperti wajah, produk perawatan bibir juga bisa bekerja lebih baik saat malam hari. Kamu bisa memakai masker bibir atau setidaknya mengoleskan lip balm. Diamkan selama sekitar 10 menit lalu bersihkan. Ini bisa jadi langkah sederhana untuk mencegah bibir pecah-pecah.

4. Jangan memakai lipstick matte
www.cultbeauty.co.uk

Ada banyak wanita yang salah pertimbangan. Banyak yang memilih memakai lipstik matte karena bisa tahan lama dan nggak menempel di masker. Pilihan itu kurang tepat bila diterapkan pada kondisi bibir yang kering.

Formula yang terkandung bisa memperburuk kondisi bibir. Kandungan minyak yang sangat sedikit pada lipstik matte bisa membuat tekstur bibir semakin kering. Sebaiknya memilih lipstik yang lembut dan punya formula yang membantu melembapkan bibir.

5. Cuci masker dengan bersih dan rajin berganti masker
www.allure.com

Langkah terakhir yang bisa diterapkan adalah dengan segera mencuci masker yang baru dipakai. Jangan lupa untuk mengganti masker 4 jam sekali. Mengapa hal itu dibutuhkan? Bibir dan wajah bisa menjadi kering jika tak sering mengganti masker. Pasalnya, ada banyak bakteri dan kotoran yang menempel pada kain masker yang berasal dari produk kosmetik, keringat, air liur, lip balm, bahkan lipstick yang dipakai. 

Langkah sederhana di atas tak hanya dilakukan oleh yang saat ini sudah mengalami masalah bibir kering dan pecah-pecah. Meski kondisi bibir saat ini masih baik-baik saja, tetap lakukan perawatan di atas. Terutama jika mengunakan masker setiap hari. Ingatlah bahwa mencegah selalu lebih baik daripada mengobati. 

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
13 Manfaat Ajaib Lidah Buaya untuk Kecantikan dan Kesehatan

13 Manfaat Ajaib Lidah Buaya untuk Kecantikan dan Kesehatan

Kebiasaan Simpel yang Ampuh Menghilangkan Bau Kaki

Kebiasaan Simpel yang Ampuh Menghilangkan Bau Kaki

Hacks Mudah Memilih Celana Agar Kaki Pendek Terkesan Lebih Jenjang

Hacks Mudah Memilih Celana Agar Kaki Pendek Terkesan Lebih Jenjang

"Alat Perang" Ini Wajib Ada dan Standby untuk yang Berwajah Oily

"Alat Perang" Ini Wajib Ada dan Standby untuk yang Berwajah Oily

Manfaat Cuka Apel untuk Pemilik Kulit Berminyak dan Mudah Berjerawat

Manfaat Cuka Apel untuk Pemilik Kulit Berminyak dan Mudah Berjerawat

Kebiasaan Simpel yang Bisa Samarkan Pori-pori Besar di Wajah

Kebiasaan Simpel yang Bisa Samarkan Pori-pori Besar di Wajah

loading