Cantik dan Berkesadaran, 7 Brand Kosmetik Cruelty Free Ini Bikin Hati Lebih Damai!

27 Juni 2018
|Romlah Sundari
0SHARES

Menggunakan produk kosmetik seperti skincare dan makeup nggak dapat dinafikan memang mampu membuat kita tampak lebih cantik. Dan karena itulah industri kosmetik merupakan salah satu industri dengan valuasi yang tinggi dan dapat meraup keuntungan hingga trilyunan setiap tahunnya.

Meski industri kecantikan ini berhasil menjawab kebutuhan perempuan, tapi mereka juga menelan banyak korban hewan-hewan yang nggak berdosa. Ya, industri kosmetik kerap melakukan animal testing yang lantas berdampak buruk atau bahkan mencabut nyawa hewan-hewan percobaan tersebut. Nah, kalau kamu nggak ingin berdandan sambil memikirkan kelinci yang bersimbah darah di dalam kurungan sempit demi produk yang sedang kamu kenakan, cobain deh brand-brand kosmetik cruelty free di bawah ini!

1. Catrice

Catrice adalah brand kosmetik dari Jerman yang kini sudah memasuki pasar Indonesia. Brand ini menegaskan dengan jelas bahwa mereka cruelty free dan nggak memasarkan produknya di negara yang mengharuskan animal testing bagi produk kosmetik. Produk mereka pun bagus dan berkualitas baik dengan harga yang terjangkau. Salah satu produk dari Catrice yang paling terkenal adalah  Catrice Sun Glow Matt Bronzing Powder

2. Wet n Wild

Bagi kamu yang suka berbelanja makeup online, pasti tahu produk ramah kantong yang satu ini. Wet n Wild adalah produk drugstore yang juga cruelty free karena nggak melakukan animal testing dan nggak memasarkan produknya di negara yang mewajibkan animal testing. Kamu nggak usah bingung kalau mau mencari produk Wet n Wild karena mereka sudah masuk ke Indonesia dan dapat ditemui di toko-toko seperti Watsons atau Guardian.

3. The Ordinary

Brand baru dari Amerika ini berhasil mencuri perhatian para beauty enthusiast di Indonesia. Pasalnya, produk dari The Ordinary memiliki kualitas yang sangat baik dengan harga yang sangat terjangkau. Konsep mereka yang sederhana dan lugas pun justru mengedukasi para konsumennya. Hebatnya lagi, The Ordinary juga cruelty free dan beberapa produknya pun vegan. Salah satu produk mereka yang paling terkenal adalah Serum Niacinamide 10% + Zinc 1% dan Serum Alpha Arbutin 2% + HA

4. Rollover Reaction

Bagi kamu penggemar lipstik cair, pasti tahu brand kosmetik lokal yang satu ini. Merupakan salah satu brand kosmetik indie yang terkenal dengan produknya yang multifungsi. Dari lip cream yang juga dapat digunakan sebagai blush on dan eyeshadow hingga bronzer yang juga bisa digunakan untuk eyeshadow. Rollover Reaction juga telah menyatakan diri tidak melakukan animal testing dan tidak dipasarkan di negara yang mengharuskan animal testing sehingga dapat dikatakan bahwa brand ini cruelty free.

5. BLP Beauty

Sama seperti Rollover Reaction, brand besutan MUA ternama Indonesia Lizzie Parra ini juga mengklaim dirinya cruelty free karena tidak menyakiti hewan dalam proses pembuatannya. Produk BLP Beauty pun sudah diakui oleh banyak beauty enthusiast di Indonesia. Salah satu yang paling terkenal adalah BLP Lip Coat yang juga bisa digunakan sebagai blush on maupun eyeshadow.

6. Mineral Botanica

Brand lokal lain yang juga tidak melakukan animal testing dan cruelty free adalah Mineral Botanica. Selain cruelty free, brand Mineral Botanica juga mengklaim menggunakan bahan-bahan yang aman dan alami dalam peracikan produk mereka. Meski produk Mineral Botanica dikembangkan di Los Angeles, California, Amerika Serikat namun mereka tetap merupakan brand lokal. Salah satu produk Mineral Botanica yang terkenal adalah lip creamnya yang hadir dalam banyak pilihan warna.

7. E.L.F

Pernah dengar brand yang satu ini? Kalau belum, kamu harus cek berbagai produk mereka yang berkualitas baik dan dicintai para beauty enthusiast. Dan okenya lagi, produk E.L.F ini juga cruelty free serta vegan kecuali beberapa brush makeup mereka yang terbuat dari bulu hewan. Salah satu produk yang paling terkenal dari E.L.F adalah Acne Fighting Foundation.

8. Bonus: Wardah, Make Over dan lain-lain

Jangan resah, masih banyak kok brand kosmetik lokal yang cruelty free selain ketiga brand di atas. Beberapa yang sudah tersertifikasi yaitu Wardah, Make Over, Sari Ayu dan Marcks. Jadi perjalananmu untuk menjadi cantik tanpa menyakiti makhluk lain tidak akan sepelik itu di Indonesia karena sudah cukup banyak brand yang dengan tegas mengklaim mereka tidak melakukan animal testing.

Girls, jangan ragu untuk beralih menjadi pengguna produk kosmetik cruelty free. Ada banyak brand kosmetik yang sudah memenuhi standard tersebut kok meski beberapa brand besar memang belum dapat lepas dari animal testing seperti Maybelline, L’oreal dan NARS. Tapi kalau kamu bertekad kuat ingin menjadi makhluk bumi yang lebih baik dan membawa kontribusi positif bagi makhluk bumi lainnya, kamu dapat mencari berbagai informasi yang sudah tersedia di internet mengenai brand-brand cruelty free lainnya. Semangat untuk kebaikan, girls!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Romlah Sundari
Gak Punya Quote Nih!
0SHARES