Calon Mama Muda Wajib Tahu Jenis dan Kegunaan 6 Pisau Dapur ini!

09 September 2017
|Fatimah Artayu Fitrazana
206SHARES

“Kalau mau jadi ibu yang baik, harus jago masak.”

Anggapan itu mungkin tidak sepenuhnya keliru. Seorang wanita kerap sekali dikaitkan dengan aktivitas rumah, termasuk memasak. Tapi, kalau dibilang harus jago masak sih tidak juga. Bisa masak, mungkin itu yang lebih pas. Soal memasak, kamu tidak hanya perlu belajar berbagai menu masakan, tapi juga paham dan mahir menggunakan alat dapur.

Salah satu yang paling penting adalah pisau. Kebanyakan orang hanya tahu benda tajam ini adalah sebagai alat untuk memotong bahan makanan, tanpa paham ternyata ada jenisnya juga. Tentunya, disesuaikan dengan bahan apa yang akan dipotong. Nah, untuk membantu para Mahmud atau Mamah muda belajar lebih banyak tentang alat pemotong ini, ini dia jenisnya yang harus kamu tahu terlebih dulu.

1. Chef’s knife

Kalau pendekar punya pedang sebagai senjata andalan, maka seorang koki punya pisau. Pisau koki atau kerennya disebut chef’s knife ini bukanlah alat dapur biasa. Benda ini tidak hanya bisa digunakan untuk memotong sayuran, tapi juga daging. Pisau koki dapat digunakan untuk mengiris, mencincang, dan memotong bahan makanan apapun. Pokoknya serba guna.

2. Bread knife

Namanya saja pisau roti, ya pastinya untuk mengiris roti. Irisan ini berbentuk panjang, bergerigi di bagian bawah, dan tumpul pada ujungnya. Dengan mengiris menggunakan bread knife, roti kamu akan teriris lebih rapi. 

3. Pisau pengupas

Kamu hobi makan buah? Pisau satu ini biasa digunakan untuk mengupas kulit buah. Tapi selain itu, jenis pengupas ini ternyata juga bisa untuk memotong buah dalam ukuran yang lebih kecil dan sangat tipis. 

4. Bird’s beak knife

Bird’s beak knife adalah jenis lain dari pisau pengupas (paring knife). Keduanya mempunya fungsi yang sama, yaitu pengupas kulit buah. Bedanya yang satu ini memiliki bentuk sedikit melengkung seperti paruh burung. Pisau pengupas ini bisa membantu kamu membuat spiral saat mengupas kulit buah, lho.

5. Flexible fillet knife

Bentuknya yang tipis dan agak panjang sering membuat orang terheran-heran sekaligus bingung digunakan untuk memotong apa. Ternyata jenis ini biasanya digunakan untuk memisahkan tulang pada daging ikan dan sapi. Bisa juga untuk menguliti ikan dan memotong tipis ikan mentah. Kamu harus memastikan pisau ini tetap tajam, agar mudah memotong dan mengiris dagingnya.

6. Cleaver knife

Pisau besar atau cleaver digunakan untuk membagi dan memotong daging sapi, termasuk memotong tulang unggas. Bentuknya yang besar, tebal, dan lebih berat dari pisau lainnya, cleaver bahkan bisa digunakan untuk membelah batok kelapa. 

Nah, itu dia macam-macam pisau yang biasanya ada di dapur. Sekarang apakah kamu sudah siap masak? Jangan lupa pakai yang sesuai fungsinya ya, jangan asal lagi mulai saat ini.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Fatimah Artayu Fitrazana
Gak Punya Quote Nih!
206SHARES