Buktikan Cintamu ke Lingkungan dengan Coba 12 Ide Daur Ulang Sampah Plastik Ini

www.yukepo.com

Sampah plastik sudah jadi momok bagi sebagian makhluk yang ada di seluruh dunia. Nggak hanya manusia yang jadi korban, banyak hewan yang sudah merasakan efek buruk dari kotoran yang paling banyak memenuhi planet ini. Terutama sampah- plastik yang akhirnya berakhir di lautan.

Tidak hanya membuat lingkungan tercemar dan kehilangan kecantikannya, sampah plastik juga bisa melukai serta meracuni ekosistem laut. Makanya, coba mulai sekarang kita mengurangi sampah plastik. Salah satu caranya adalah dengan melakukan upaya daur ulang.

YuKepo punya beberapa referensi ide daur ulang sampah plastik yang bisa membuatmu nggak habis pikir deh pokoknya. 

1. Anting kece ini terbuat dari plastik saja pemirsa

id.pinterest.com

Kebayang nggak sih kalau ternyata plastik dari botol minuman atau sampo bekas bisa kamu potong-potong sedemikian rupa, dicat, dan kemudian dirangkai jadi anting-anting yang nggak kalah cantik dengan anting yang biasa kamu beli di toko. 

2. Rapikan area cuci piringmu dengan bekas botol sampo ini

id.pinterest.com

Kamu nggak perlu deh beli wadah untuk sponge atau kontainer untuk sabun cuci piringmu, manfaatkan saja bekas botol sampomu. Kamu pun bisa menambahkan wadah untuk menampung sisa makanan di dekat keran cucimu, sehingga bisa mencegah sisa makanan menyumbat pipa saluran. 

3. Punya kemampuan seni yang mumpuni, sulap botol plastikmu jadi pajangan lucu

id.pinterest.com

Ide ini pas sekali untuk kamu yang punya darah seni nih. Botol plastik yang tidak menarik bisa disulap menjadi pajangan lucu dan menarik hanya dengan modal cat akrilik. Tuh, daripada beli-beli pajangan dengan harga mahal. 

4. Dompet koin serbaguna
id.pinterest.com

Dompet mungil ini hanya terbuat dari dua buah potongan botol plastik dan zipper yang ditempel. Bisa kamu gunakan untuk wadah koin, earphone, atau benda-benda kecil penting milikmu. 

5. Alas lilin yang cantik dari sendok plastik
id.pinterest.com

Selain botol plastik, kamu pasti juga punya banyak sendok plastik yang biasa kamu dapat saat membeli makanan cepat saji. Kamu bisa mengumpulkannnya, memotong gagangnya dan membuat alas atau wadah lilin ini. Tinggal kamu tambahkan hiasan sesuai seleramu. 

6. Wadah penjepit rambut ini terbuat dari bekas tempat permen yang sering terlupakan

id.pinterest.com

Ternyata wadah plastik sekecil tempat permen pun bisa kamu manfaatkan menjadi wadah penjepit rambut. Jadi tidak mudah tumpah atau tercecer, serta mudah banget saat akan mengambil. 

7. Vas bunga

id.pinterest.com

Tidak salah lagi botol plastik memang cocok jadi vas bunga. Biar nggak kelihatan biasa, gunakan cat untuk membentuk pola yang unik di botol plastikmu dan jadilah vas bunga cantik siap menghiasi ruang tamu kamu. 

8. Pot tanaman

id.pinterest.com

Selain vas bunga, bekas botol plastik juga pas sekali kamu gunakan sebagai pot tanaman. Kamu  tinggal memotongnya sesuai kreasi, mengecatnya dengan penuh kreativitas, dan melubangi bagian bawahnya. Siap jadi pot lucu seperti ini. 

9. Corong minyak ini disulap jadi benda berharga untuk kamu yang hobi menjahit
id.pinterest.com

Tidak pernah terbayang sih corong minyak yang bentuknya begitu ternyata bisa dijadikan wadah benang ini, bahkan bisa menghindarkan benangmu dari kekusutan yang menyebalkan. Tinggal cat corong minyak tersebut dengan cat yang kece, misal warna emas seperti ini. 

10. Kontainer serbaguna dari susunan tutup botol plastik
id.pinterest.com

Bahkan tutup botol pun bisa kamu susun menjadi kontainer serbaguna ini. Bisa kamu pakai untuk wadah pakaian kotor, mainan keponakanmu, atau barang-barang lain. 

11. Belum puas, coba tengok tirai ini deh!

id.pinterest.com

Ternyata juga terbuat dari tutup botol bekas yang dirangkai sedemikian rupa. Kreatif banget! 

12. Terakhir, kap lampu ini!

id.pinterest.com

Tutup botol pun bisa kamu sulap jadi kap lampu anti-mainstream ini. Jadi ide bisnis boleh juga, 'kan! 

Gimana? Sudah terinspirasi untuk memanfaatkan plastik bekas di sekitarmu? Selain melakukan upaya daur ulang yang terbilang cukup repot dan membutuhkan kemauan besar, kamu bisa berkontribusi dengan cara yang lebih mudah seperti mengurangi penggunaan plastik seperti membawa botol minuman sendiri atau tas belanja dari kain yang bisa dipakai berkali-kali.  

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
8 Contekan Desain Buku Tamu yang Nggak Pasaran untuk Pesta Pernikahanmu. Ciamik Parah!

8 Contekan Desain Buku Tamu yang Nggak Pasaran untuk Pesta Pernikahanmu. Ciamik Parah!

Biar Dinding Ruangan Paripurna Lucunya, 10 Dekorasi Ini Kudu Dicoba Sekarang!

Biar Dinding Ruangan Paripurna Lucunya, 10 Dekorasi Ini Kudu Dicoba Sekarang!

Tanpa Perlu Ditaruh Kulkas, Ini Cara Bikin Sambal Ulegmu Awet Berhari-hari. Maknyus!

Tanpa Perlu Ditaruh Kulkas, Ini Cara Bikin Sambal Ulegmu Awet Berhari-hari. Maknyus!

10 Jurus Super Gampang buat Hilangkan Bau Kaki. Biar Orang Nggak Pada Jijik

10 Jurus Super Gampang buat Hilangkan Bau Kaki. Biar Orang Nggak Pada Jijik

10 Siasat “Kerja Cerdas”, Biar Cepet Kelar dan Bisa Leyeh-leyeh Lebih Lama

10 Siasat “Kerja Cerdas”, Biar Cepet Kelar dan Bisa Leyeh-leyeh Lebih Lama

Jika 10 Tanda Ini Terjadi di Tubuhmu, Kesehatanmu Nggak Baik-baik Saja. Waspada!

Jika 10 Tanda Ini Terjadi di Tubuhmu, Kesehatanmu Nggak Baik-baik Saja. Waspada!

loading