Bukannya Merawat, Ternyata 5 Kebiasaan ini Bikin Rambut Rontokmu Makin Parah!

12 September 2017
|Olphi Disya
0SHARES

Punya rambut yang mudah rontok terkadang menjadi masalah tersendiri. Udah mencoba berbagai macam cara untuk menumbuhkan rambut, eh masih rontok juga. Jangan-jangan rambutmu rontok gara-gara kamu salah dalam cara merawat rambutmu!

Bisa jadi kebiasaan di bawah ini masih kerap kamu lakukan. Pantas aja rambutmu jadi rontok. Mulai sekarang stop deh melakukan lima kesalahan dalam merawat rambut berikut ini.

1. Keramas dengan air hangat

Mandi dengan air hangat memang bisa membuat tubuh menjadi lebih rileks. Apalagi setelah beraktivitas seharian, mandi air hangat pasti enak banget kan? Tapi jangan pernah keramas dengan air hangat, ya! Baik sebelum memakai shampoo atau ketika membilasnya. Suhu yang tinggi dapat merusak akar rambut sehingga akan mudah rontok, rusak, patah, dan rapuh. Jadi, usahakan untuk keramas dengan air dingin aja ya!

2. Mengikat rambut terlalu kencang

Beraktivitas di luar ruangan memang enaknya mengikat rambut dengan gaya ponytail. Atau bagi kamu yang berhijab, mengikat rambut mungkin menjadi rutinitas wajib sebelum mengenakan hijab. Tapi jangan mengikat rambut terlalu kencang, ya! Hal itu akan membuat rambut jadi ketarik dari akarnya dan mudah rontok hingga mengalami peradangan sehingga rambut ogah tumbuh secara permanen. Waduh!

3. Menyisir saat rambut masih basah

Kadang kita suka nggak sabar untuk cepat-cepat menyisir rambut sehabis keramas. Memang sih, rambut yang kusut dan berantakan setelah keramas itu nggak banget. Tapi bukan berarti kamu harus menyisirnya ketika masih basah. Rambut yang basah lagi dalam keadaan mudah rapuh. Tunggu dulu hinga rambutmu udah agak kering, baru deh sisiran. Menyisirnya juga pelan-pelan, mulai dari bagian bawah lalu bagian atas agar ketika menyisir rambut yang kusut, nggak mudah ketarik deh.

4. Keseringan styling rambut

Mulai sekarang, minimalisir mencatok rambut, menggunakan hairdryer, mengkriting rambut, atau hairstyling lainnya. Panas yang dialirkan dari alat penata rambut akan membuat rambut kering, cepat rusak, dan tentunya jadi mudah rontok. Kalau kamu nggak bisa hidup tanpa alat penata rambut, setidaknya jangan gunakan terlalu sering. Selain bikin rambutmu jadi lebih sehat, meminimalisir penggunaan alat penata rambut juga bikin kamu jadi ramah lingkungan.

5. Menggosok-gosokkan rambut ke handuk

Mungkin ini sering kamu lakukan ketika selesai keramas. Menggosok-gosokkan handuk untuk mengeringkannya bukanlah metode mujarab. Justru ini akan membuat rambutmu jadi mudah lepas dari kulit kepala alias rontok. Kalau mau mengeringkan rambut, pilih handuk dengan bahan yang lembut dan tepuk-tepuk secara perlahan agar rambut bisa bernapas dengan lega. Jangan lupa juga untuk memberikan vitamin atau tonik rambut, ya!

Gimana? Berapa banyak dosa-dosa kamu dalam merawat rambut yang menyebabkan rambutmu rontok? Mulai sekarang, yuk ubah kebiasaan buruk merawat rambut secara salah dengan cara yang benar!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Olphi Disya
"Upcoming psychologist. Awesome weirdo."
0SHARES