Bukannya Anti Sosial, Hal Ini Lebih Seru Kalau Dilakuin Sendirian. Rela Dibagi-bagi?

02 Februari 2018
|Dwi Ayu Silawati
0SHARES

Saat akhir pekan tiba, teman-temanmu sudah punya agenda masing-masing. Sementara kamu bosen mau ngapain lagi saat sendirian. Bawaannya langsung kesel dan bete sendiri. Nggak usah bete, kamu bisa lho melakukan hal-hal seru sendirian. Nggak perlu malu, kagok, atau disebut sebagai si anti sosial.

Bahkan dalam beberapa kesempatan, melakukan hal sendiri justru disarankan sebagai salah satu bentuk terapi psikologis sederhana, terutama buat kamu yang selama ini terlalu tergantung pada orang lain.  Ini beberapa hal yang bisa dan perlu kamu lakukan untuk have fun sendirian!

1. Pakai baju yang kamu suka dan kamu mau

Biasanya kalau kita pergi janjian sama teman, kita akan berpikir dua kali ketika memilih outfit, bener nggak? Kadang kita takut saja diledek karena pakaian kita baru atau kita pakai rok karena biasanya tidak pernah. Padahal, kamu sedang ingin tampil beda.

Manfaatkan momen hangout sendirimu untuk berpakaian sesuai dengan keinginanmu. Ketika kamu sudah di luar dan melihat tatapan orang yang cuek-cuek aja dengan apa yang kamu pakai, kamu akan lebih pede tampil dengan style barumu itu lain kali. 

2. Lakukan hal yang kamu suka

Kamu sebenarnya seorang penggemar film perang, sementara teman-temanmu lebih suka film horror. Manfaatkan waktu sendirimu untuk pergi nonton film perang sendiri. Lebih seru, kamu nggak akan merasa bersalah sudah mengajak temanmu yang tidak menikmati film itu.

Begitu juga dengan kamu yang penggemar band metal, sementara teman-temanmu nggak ada yang suka. Tidak masalah, pergi sendiri aja. Siapa tahu kamu dapat teman-teman baru di sana.

3. Jauh-jauh dari smartphone, nikmati momen yang ada

Ketika sendirian dan takut menghadapi awkward momen, biasanya kita akan mengalihkan perhatian ke smartphone, buka media sosial, berkirim pesan dengan teman, atau mendengarkan lagu. Huh, padahal kamu bisa menemukan banyak hal dengan coba bicara dengan orang-orang yang ada di sekitarmu. Kalau ke kafe, coba tanya-tanya ke baristanya, siapa tahu kamu dapat wawasan dan inspirasi baru. 

4. Pergi ke seminar

Ketika hangout sendirian, kamu juga bisa pergi ke seminar-seminar di bidang yang kamu suka, misal kerajinan tangan, digital marketing, kewirausahaan. Kamu akan bertemu dengan banyak orang yang punya minat sama denganmu. 

5. Jalan kaki di tengah keramaian kota

Ketika pergi sendiri kamu punya banyak waktu untuk merenung dan berpikir. Jangan mengendarai motor atau mobil terus, cobalah berjalan kaki. Kamu akan menemukan dan melihat banyak hal yang ternyata selama ini kamu lewatkan, seperti misal toko buku kecil yang tersembunyi di balik mall mewah, tempat makan enak yang terletak di sudut jalan, atau bahkan kamu bisa melihat kerasnya kehidupan kota yang akan membuat kamu lebih bersyukur dengan kondisimu saat ini. 

6. Tetap utamakan keselamatan

Ketika pergi sendiri, kamu harus bisa menjaga dirimu baik-baik. Jangan mudah terjerat promo yang tidak bertanggungjawab yang bisa membuat dompetmu jebol saat di mall. Selain itu, hati-hati juga dengan orang yang baru kenal. Kalau perlu beritahu orang terdekatmu ke mana kamu akan pergi, untuk jaga-jaga saja. 

Tuh, kan jalan sendiri itu tidak sesuram yang kamu bayangkan. Nggak usah takut dan ragu lagi buat jalan sendiri. Baik untuk kesehatan jiwa ragamu lho. 


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Dwi Ayu Silawati
"You'll move people by being loyal to your own dreams"
0SHARES