Bukan Nyuruh ke Laut Aje, Inilah 7 Tips Ampuh Menghadapi Pacar Matre

26 Juli 2017
|Olphi Disya
0SHARES

Memiliki pacar yang matre (berasal dari kata serapan "materialistis") bukanlah hal yang bisa dianggap sepele. Ini karena pacar yang matre merupakan salah satu bentuk kekerasan dalam pacaran meskipun bukan kekerasan secara fisik. Hal ini disebut dengan "financially abuse relationship". Nah, berikut ciri-cirinya dan bagaimana cara menghadapi pacar yang matre agar kamu dan hubunganmu tetap sehat.

1. Menunjukkan keinginannya secara intens

Pacar yang matre akan berusaha menunjukkan apa yang ia inginkan (biasanya bukanlah hal yang ia butuhkan) secara intens. Hal ini bertujuan agar kamu tahu bahwa ia akan sangat senang bila diberikan apa yang ia inginkan tersebut. Kamu pun akan merasa jadi serba salah, deh.

Berikan pengertian pada pacarmu, bahwa ia harus dapat membedakan mana yang termasuk keinginan dan kebutuhan. Akan lebih baik jika kamu memotivasinya untuk menabung dan membeli sendiri apa yang ia inginkan tersebut.

2. Mengeluhkan kondisi keuangannya sendiri dan memberikanmu ‘kode’

Pacar yang matre juga akan mengeluhkan kondisi keuangannya, seperti lagi bokek. Ketika ia menginginkan sesuatu, ia nggak segan-segan membombardirmu dengan "kode" agar kamu mengerti dan merasa kasihan dengan kondisinya sehingga kamu bersedia untuk membeli apa yang ia inginkan tersebut.

Kamu bukanlah orang yang sepatutnya bertanggung jawab atas kondisi keuangannya, terutama bila pacarmu memang orang yang boros dan nggak pandai dalam mengatur keuangan. Coba sarankan pacarmu untuk menyesuaikan diri dan menahan keinginannya. Kecuali memang ada sesuatu yang sangat penting, kamu boleh membantunya sesekali.

3. Menuntutmu untuk selalu membayar apa yang ia beli

Kalau ini sih udah jelas matre banget, ya. Pacar yang matre nggak malu untuk meminta uang atau meminta untuk dibayarkan apa yang ia beli. Ia menuntutmu seolah-olah kamulah yang berkewajiban untuk membayar. Padahal, hubungannya masih pacaran kan?

Bisa jadi ini adalah dampak dari ketika di awal masa pacaran, kamu yang selalu membayarnya makan, nonton, dan jalan-jalan. Ubah kebiasaan ini sebelum terlalu jauh. Kamu bisa terapkan sistem patungan atau gantian membayar setiap kali nge-date. Jangan mau dijajah pacar sendiri!

4. Menunjukkan sikap ngambek ketika permintaannya nggak dituruti

Ketika keinginannya nggak terpenuhi, ia bakalan menunjukkan sikap yang akan membuatmu merasa bersalah seperti ngambek. Hal ini dimaksudkan agar kamu membujuknya dengan sesuatu yang ia inginkan tersebut agar masalahnya cepat selesai. Kayak anak kecil aja, ya?

Jangan mudah terperangkap dengan sikap ngambeknya! Kalau kamu memang nggak mau membayar, kamu bisa jelaskan bahwa ngambeknya nggak akan membuatmu berubah pikiran. Ketegasan dan konsistensi dalam menghadapi pacar yang matre adalah koentji!

5. Menganggap hal yang ia lakukan adalah wajar

Pacar yang matre merasa wajar memintamu membayar, merasa wajar ketika ngambek, hingga merasa wajar kalau mengakhiri hubungan dengan alasan kamu nggak bisa memenuhi keinginannya. Duh, yang kayak gini yakin masih ingin dipertahanin?

Selama masih di masa pacaran, kamu dan pacarmu adalah setara. Nggak ada yang berkewajiban untuk saling menafkahi kan? Berikan penjelasan bahwa kalian harus sama-sama dewasa dan bijak dalam menyikapi keuangan masing-masing. Hal ini berguna banget untuk ke depannya jika kalian berumah tangga.

6. Mengetahui secara detil keuanganmu

Pacar yang matre cenderung ingin tahu segala hal tentang keuanganmu. Mulai dari nominal gajimu, berapa pendapatanmu dan digunakan untuk apa aja, atau yang lebih parah adalah mengetahui pin ATM atau mobile banking kamu!

Jangan pernah memberikan pin ATM atau mobile banking-mu pada siapa pun, termasuk pada pacar. Cukup beri tahu sewajarnya, misalnya kisaran pendapatanmu (bukan secara detil seperti slip gaji, ya) dan tekankan kepadanya bahwa semua orang memiliki privasi, termasuk perihal keuangan.

7. Mengancammu dengan hal-hal yang sangat mengganggu

Level tertinggi pacar yang matre adalah ketika udah mulai mengancam. Entah itu mengancam untuk putus, mengancam keselamatan kamu dan dirinya sendiri, dan ancaman-ancaman lain yang udah sangat mengganggumu.

Pikir-pikir lagi deh untuk melanjutkan hubunganmu dengan orang yang seperti ini. Sikap matre bisa menunjukkan kepribadiannya secara menyeluruh, lho. Kamu bisa nilai sendiri apakah ia memang pantas menjadi pasangan yang akan membawamu pada kedewasaan ketika nanti berlanjut pada hubungan pernikahan?

Ketegasan menghadapi pacar matre sekilas terlihat seperti sikap pelit dan penuh perhitungan. Namun, memang begitulah caranya agar kamu dan pacar bisa tumbuh sebagai individu yang saling menghormati dan dewasa. Hari gini masih matre? Plis, deh!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Olphi Disya
"Upcoming psychologist. Awesome weirdo."
0SHARES