Bukan Melembabkan, Justri Ini Dampak Buruk Menjilat Bibir. Jangan Sering-Sering Deh!

04 November 2017
|Mega Fitriyani
0SHARES

Saat bibir sedang kering, orang-orang biasanya refleks menjilat bibir mereka. Harapannya, hal itu akan membuat bibir menjadi lebih lembab. Malahan, yang terjadi adalah sebaliknya. Bibir justru bertambah kering, dan bahkan jaringannya rusak. Kenapa ya?

Bibir yang kering bisa disebabkan oleh banyak hal. Alasan utamanya adalah bibir memiliki kulit yang sangat tipis, yang tak memiliki kelenjar keringat untuk membantu melembabkan permukaannya. Maka, saat ada paparan matahari misalnya, bibir dengan mudah kehilangan kelembababnya. Hal itu justru diperparah oleh kebiasaan kita menjilat bibir yang kering. Penyebabnya, air liur kita memiliki enzim yang biasanya digunakan untuk membantu mencerna makanan. Maka, bisa dibayangkan, dong, bagaimana efek bibir kamu jika ia dicerna oleh air ludahmu sendiri? Saat bibirmu yang kering itu terkena air liur, air liur itu justru akan mengikis permukaan kulit bibirmu yang sudah tipis dan kering. 

 

Saat bibirmu kering, lebih baik kamu menggunakan pelembab yang mengandung bahan pelembab dan minyak alami. Kedua hal itu akan membuat bibirmu semakin lembab tanpa efek samping. Usahakan untuk menggunakan pelembab yang mengandung SPF 15 yang akan melindungi bibir dari sinar UVA dan UVB. Ada banyak merek pelembab bibir yang bisa kamu temui di pasaran. 

Apabila kamu tidak ingin menggunakan pelembab, madu juga bisa kamu gunakan untuk membantu mengembalikan kelembabab bibirmu. Madu memiliki efek recovery jaringan, yang tentu akan sangat membantu bibirmu yang kering dan pecah-pecah mendapatkan kembali kelembababnya. Selain itu, kamu juga harus memperbanyak asupan air ke dalam tubuhmu. Sebab, dehidrasi juga bisa menjadi penyebab mengapa bibirmu kering serta pecah-pecah

Selain itu, hindari juga untuk mengelupaskan permukaan kulit bibirmu yang kering. Selain dapat menimbulkan infeksi, hal itu juga benar-benar akan merusak jaringan kulit bibirmu itu. Saat bibirmu mengelupas, lebih baik biarkan saja dan berikan treatment yang tepat, seperti mengoleskan madu atau lipbalm. Hindari juga menggunakan kosmetik seperti lipstik matte ketika bibirmu kering. Hal itu justru akan memperparah kondisimu. 

Selain itu, bagi kamu yang suka bernapas dengan mulut, sebaiknya segera kamu hentikan kebiasaan buruk itu. Selain udara yang masuk ke dalam paru-parumu tidak disaring lebih dulu oleh hidung, udara yang mengalir melewati permukaan bibir juga akan membuat bibirmu kering.

Jadi, bagi kamu yang memiliki masalah dengan bibir kering dan pecah-pecah, sebaiknya hindari menjilat bibirmu, menggunakan lipstik mate, mengelupas permukaan kulit bibir yang kering, dan hindari pula bernapa lewat mulut. Sebaiknya, gunakan lipbalm dan madu serta mengkonsumsi banyak air untuk mendapatkan bibir lembab nan cantik yang sehat. 


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Mega Fitriyani
"Why worry?"
0SHARES