Bukan Diet Ala-ala, 10 Bahan Makanan Pengganti Nasi Ini Layak Disantap Juga!

18 Juli 2018
|Dwi Ayu Silawati
1SHARES

Sebagai orang Indonesia pada umumnya, sejak kecil kita sudah terbiasa menjadikan nasi sebagai makanan pokok. Sampai-sampai ada istilah “Belum makan namanya, kalau belum makan nasi” yang sudah lama mendarah daging.

Namun, menurut penelitian, nasi ternyata bukan makanan pokok yang baik dibandingkan makanan penghasil karbohidrat lain sejenis gandum dan jagung. Nasi juga dianjurkan untuk dihindari orang yang sedang diet. Kadang, kamu juga dibuat bosan 'kan karena tiap hari yang dikunyah nasi putih terus. Kalau sedang menjalani program diet, bisa makan alternatif karbohidrat lainnya. Nah, kalau nggak diet, gimana?

Santai, guys! Kamu bisa mencoba beberapa alternatif bahan makanan sebagai pengganti nasi. Terutama untuk kamu yang ingin mulai hidup sehat, nih! Pas banget!

1. Paling mudah dulu nih, mi!

Mi merupakan makanan dengan kandungan karbohidrat yang cukup familiar untuk orang Indonesia. Biasanya kamu temukan dalam bentuk bakmi goreng dan kuah, mi ayam, mi pangsit, mi kocok dan lain sebagainya. Bosan makan nasi, beralih ke mi saja. Asal jangan yang instan, ya!

2. Naik level, cobain pasta

Sudah mahir masak mi, cobain pasta. Pasta terbagi dalam berbagai jenis seperti spaghetti, fettucine, penne, fusilli, dan lain sebagainya. Sebenarnya bahan baku dan rasa mereka sama saja kok, hanya berbeda pada bentuknya karena mereka diperuntukan untuk resep masakan yang berbeda.

Rasa pasta pada dasarnya sudah enak dan pastinya cocok kok untuk lidah orang Indonesia. Kamu hanya perlu pintar-pintar mencari resep topping-nya agar kenikmatan pasta kamu nggak kalah sama nasi padang. 

3. Pizza juga bisa lho!

Pizza juga terbuat dari tepung gandum atau tepung terigu dan cukup lengkap kandungannya. Jadi, kamu dapat karbohidrat dari rotinya, dan protein serta serat dari topping yang menghiasi pizza tersebut. Kamu pasti pernah beberapa kali makan pizza untuk menu makan siang atau malam, bukan? Namun, memang pizza membutuhkan keterampilan khusus dan latihan untuk memasak yang pas dan lezat. 

4. Ganti nasi dengan kentang

Kentang juga pengganti nasi yang cukup kondang di Indonesia, tetapi seringkali kamu memasaknya dalam bentuk kentang goreng. Supaya lebih sehat lebih baik kamu jadikan mashed potato atau kentang tumbuk yang bisa kamu makan dengan steak atau telur.

Kamu pun bisa menambahkan kentang ke dalam sup atau makanan berkuah lain seperti laksa atau soto misalnya. Jadi kamu nggak perlu pakai nasi lagi. Atau ganti menu makan siang kamu dengan gado-gado tanpa lontong. 

5. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan di Indonesia memang kurang populer dijadikan sebagai bahan makanan pokok. Padahal di luar negeri, terutama para vegetarian dan vegan sering menggunakannya sebagai bahan makanan pokok. Fungsinya sama dengan nasi, dicampur dengan sayuran dan bahan makanan pelengkap lain. 

6. Kus-kus

Kus-kus merupakan bahan makanan pokok yang sering dikonsumsi orang Timur Tengah. Punya bentuk yang hampir sama dengan beras atau jagung tumbuk, ternyata kus-kus terbuat dari gandum yang biasa dipakai untuk pembuatan pasta. 

7. Oat dan buah-buahan

Oat atau gandum olahan yang teksturnya mirip bubur saat ini memang sedang tren di kalangan selebgram. Padahal tidak semua orang Indonesia cocok dengan rasanya yang agak hambar. Namun, banyak yang menyarankan untuk menambahkan topping enak dan sehat di atas oat, seperti buah segar  atau lauk biasa agar rasanya tetap lezat. Beberapa juga mencampurkan oat dengan buah yang sudah diblender sebagai menu sarapan. 

8. Jagung

Jagung juga lumayan familiar untuk orang Indonesia. Namun, kebanyakan kita gunakan sebagai camilan, seperti jagung rebus. Sebenarnya kamu pun bisa mencoba mencampurkannya dengan telur orak-arik sebagai menu sarapan. Namun, kalau kamu masih susah kenyang hanya dengan makan jagung, coba deh nasi jagung yang cukup populer di Jawa Timur. Nasi jagung merupakan campuran nasi dengan jagung yang sudah ditumbuk sedemikian rupa. Bisa mengurangi porsi nasi kamu. 

9. Punya uang lebih, coba Kinoa

Kinoa atau quinoa merupakan makanan tradisional yang berasal dari Amerika Latin. Teksturnya seperti biji bunga kol. Saat ini bahan makanan ini diyakini sebagai sumber karbohidrat sehat menyaingi oat dan gandum. Karena cukup langka dan harus impor, harga kinoa di Indonesia cukup mahal sekitar 75-125 ribu per 500 gramnya. 

10. Bunga kol

Jangan kaget, bunga kol memang saat ini dijadikan alternatif karbohidrat selain gandum dan beras. Teksturnya sangat memungkinkan untuk dijadikan bubur atau sup kental. Rendah kalori dan kaya serat. Coba sendiri deh! 

Makan nasi putih sah-sah saja kok, asalkan porsinya proporsional dan nggak berlebihan. Jangan lupa variasikan dengan sumber karbohidrat lain ya, biar nggak gampang bosen. Hitung-hitung kamu juga dalam proses untuk menuju semakin sehat!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Dwi Ayu Silawati
"You'll move people by being loyal to your own dreams"
1SHARES