Buat Freshgraduate, Hilangkan Jauh-jauh Rendah Diri. 11 Cara Ini Nih Jalan Keluarnya!

03 Februari 2018
|Dwi Ayu Silawati

Rendah diri akan dirasakan oleh kebanyakan orang, tidak memandang usia dan kelas sosial. Yang lebih sering, menjangkiti anak muda yang akan dan baru lulus kuliah sih. Alasan utamanya adalah seringkali mereka belum yakin dengan masa depan mereka, apalagi menyandang status baru sebagai freshgraduate alias pengangguran terbuka.

Tidak semuanya sih, beberapa lainnya yang “beruntung” langsung mendapatkan pekerjaan tak lama setelah lulus. Namun, sebenarnya nih, kamu yang belum dapat pekerjaan setelah lulus juga orang-orang yang nggak kalah “beruntung”.

Percaya deh, artikel ini ditulis oleh seseorang yang sudah merasakan pahit manisnya menganggur dan buktinya masih bisa hidup. Pelan-pelan hilangkan hal negatif ini yuk dengan menyimak tips ampuh berikut. Agar kamu tak lagi merasa rendah diri meskipun masih belum tahu ke mana nasib akan membawamu. 

1. Semangati dirimu sendiri

Semua berawal dari dirimu sendiri. Percaya atau tidak bicara pada diri sendiri juga bisa dianggap sebagai bagian dari terapi untuk mengatasi rendah diri. Katakan hal yang positif pada dirimu sendiri seperti, “Ya, aku pasti bisa!”, “Tak lama lagi!” dan lain sebagainya. 

2. Kurangi berandai-andai

Kalau kita menengok kesuksesan orang lain, kita pasti cenderung berandai-andai kita bisa seperti mereka. Daripada berandai-andai lebih baik kamu jadikan mereka inspirasi, apa sih yang membuat mereka sukses, pelajari dan tiru hal-hal baik yang bisa kamu lakukan. 

3. Tuliskan apa saja yang kamu punya dan alami, niscaya kamu akan lebih bersyukur

Salah satu terapi pskologis yang banyak disarankan adalah menyimpan jurnal, diary, atau agenda. Apapun yang bisa kamu gunakan untuk mencatat apa saja yang kamu sudah capai, punya, dan alami. Kamu akan merasa bersyukur atas hidupmu, kamu juga bisa melihat apa saja yang perlu kamu perbaiki dari kebiasaanmu dan banyak hal lain. Coba deh ! 

4. Stop membandingkan dirimu dengan orang lain

Ketika masih kecil, kita pasti sering iri melihat teman kita punya sepatu atau tas baru. Kemudian merengek ke orangtua kita untuk membelikan barang baru juga. Sekarang ketika dewasa, hal yang kita bandingkan bukan lagi barang, banyak hal, seperti teman sudah mapan, sudah bertunangan, dan seterusnya. Sebenarnya, kalau kita terus membandingkan keadaan kita dengan orang lain semua tidak akan ada habisnya.

Solusinya, ingat bahwa setiap orang punya jalan hidup masing-masing dengan durasi yang juga berbeda. Sering dengar kan ada orang yang lulus di usia 22 tetapi baru punya pekerjaan tetap di usia 25. Ada orang yang sukses jadi pengusaha muda tetapi ada juga yang baru jadi Presiden di usia 70 tahun. Percayalah hal baik akan datang pada waktunya, jadi stay cool aja! 

5. Perlakukan dirimu sendiri dengan baik

Ingat semua dimulai dari dirimu sendiri. Jangan menekan dirimu sendiri terlalu keras. Kadang-kadang tidak ada orang yang berharap kamu jadi sosok sempurna, itu semua pikiranmu sendiri. Jadi lakukan yang terbaik yang kamu bisa, dan terima apapun hasilnya dengan lapang dada. Kamu nggak bisa menang setiap hari, ada kalanya kamu kalah dan gagal. 

6. Bergaul dengan orang-orang yang mendukungmu

Kamu harus pintar-pintar memilih lingkungan pergaulan yang positif untukmu. Ketika kamu berada di antara orang-orang yang terus saja menyalahkanmu, kamu lebih baik segera keluar dari sana. Carilah teman-teman yang mengerti dan selalu mendukungmu dan memberi nasihat tanpa menggurui. Intinya kelilingi dirimu dengan orang-orang yang membuatmu merasa senang dengan apa adanya dirimu. 

7. Pertahankan rutinitas

Meskipun kamu menganggur nih, bukan berarti kamu bisa bangun seenaknya sendiri. Pertahankan rutinitas yang sudah kamu punya, seperti bangun pagi, mandi, olahraga, dan lain sebagainya. 

8. Jadi sukarelawan

Kalau kamu beruntung menemukan organisasi yang ada di sekitarmu, kamu bisa ikuti kegiatan mereka sebagai sukarelawan. Itu akan membuatmu merasa berharga dan berguna untuk orang lain. Kalau misal belum ada lakukan kegiatan sukarela sederhana, misal bersih-bersih rumah dan halaman. 

9. Belajar skill baru atau tingkatkan skill yang kamu punya

Mumpung punya banyak waktu luang, gunakanlah untuk mengasah kemampuanmu. Itu akan membuatmu merasa produktif setiap harinya. 

10. Jangan jadi perfeksionis

Semua hal dimulai dari sesuatu yang sederhana, dari berkali-kali uji coba, dari ratusan dan ribuan kegagalan. Tetapi yang paling penting semua baru akan terjadi jika kita lakukan dulu, apapun hasilnya, yang penting kamu sudah mencoba dan melakukannya. Lebih baik daripada tidak sama sekali. Buang jauh-jauh perfeksionismemu. Mau buka café? Bangkrut di percobaan pertama bukan masalah, kamu bisa coba lagi. 

11. Belajar dari kesalahan

Jadilah orang yang bijak dalam memandang kesalahan. Jadikan kesalahan suatu inspirasi untuk memperbaiki cara kerjamu, suatu dorongan untuk mencoba lagi. Salah itu hal biasa, malu karena salah juga normal, jadi nggak perlu cemas dan sedih berkepanjangan.

Satu lagi hal penting yang harus kamu ingat. Kamu tidak sendiri, banyak orang di luar sana yang juga merasakan apa yang kamu rasa setelah lulus kuliah dan belum tahu masa depanmu akan seperti apa. Percaya juga setiap orang punya masalah dan perjuangannya sendiri, bahkan orang-orang yang terlihat bahagia dan mapan di luar sana. Tetap tenang, tetap semangat, dan nggak perlu rendah diri lagi. Semoga tips ini bisa membantumu.  


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Dwi Ayu Silawati
"You'll move people by being loyal to your own dreams"
SHARES