Bikin Kulit Mengelupas Kayak Ular, Ini Tanda-Tanda Skincare Nggak Cocok. Harus Stop!

29 Juni 2018
|Faizah Pratama
0SHARES

Tidak semua skincare cocok dipakai oleh setiap kulit wanita. Walau produk perawatan itu sudah mendapat review baik dari para beauty vlogger, hasil yang diperoleh tidak selalu sama. Bukannya mendapat kulit yang sehat dan menawan, kulit bisa malah jadi kering dan mengelupas kayak ular. Itu hal yang bakal terjadi kalau produk perawatan yang kamu gunakan nggak sesuai sama kulitmu. Sebelum masalah kulitmu menjadi semakin parah, kenali tanda-tanda skincare nggak cocok berikut ini!

1. Sudah sampai habis sebotol, tapi nggak ada dampak apa-apa pada kulitmu

Orang pakai skincare tentu mengharapkan wajah mulus dan sehat. Tapi kalau setelah memakainya justru tidak berdampak apapun, terutama setelah lebih dari sebulan pemakaian, berarti produk tersebut tidak bekerja pada kulitmu. Langkah yang harus diambil adalah segera mengganti produk tersebut daripada buang-buang waktu tanpa hasil yang jelas.

 

2. Wajah gatal, kemerahan dan  ada sensasi terbakar

Tanda yang bisa langsung dirasakan adalah adanya sensasi terbakar pada kulit sesaat setelah memakai produk skincare tertentu. Hal ini bisa terjadi karena kulitmu terlalu sensitif dengan bahan yang digunakan dalam skincare tersebut. Sementara, kemerahan dan rasa gatal biasanya dikarenakan alergi terhadap kandungannya. Hal yang biasa menyebabkan iritasi adalah parfum, pengawet, atau alkohol.

 

3. Timbul bruntusan dan jerawat yang meradang

Pernah nggak jerawat dan bruntusan mendadak muncul di wajah usai pakai skincare? Banyak yang bilang kalau kondisi ini wajar saat pertama kali mencoba skincare tertentu yang biasa disebut purging. Namun, hal ini juga perlu diwaspadai. Jika jerawat yang muncul justru tidak menghilang seiring pemakaian skincare dan justru semakin meradang, itu bisa menjadi tanda bahwa skincare yang kamu pilih tidak cocok dengan kulitmu.

4. Wajah kering dan bersisik

Setelah pakai skincare tentu menginginkan wajah kenyal, lembap, dan berseri. Namun, yang didapat justru wajah terasa kering bahkan sampai bersisik. Hal ini terjadi karena alkohol yang terkandung dalam skincare terlalu tinggi. Alkohol berfungsi sebagai pelarut maupun pengemulsi dalam produk kosmetik. Namun, alkohol menyerap kelembapan kulit sehingga kulit menjadi kering dan kasar. Segera hentikan penggunaan dan beralih pada produk yang lebih melembapkan.

5. Kulit mengelupas

Retinoid, asam salisilat, dan zat aktif lainnya yang terkandung dalam produk perawatan kulit dapat menimbulkan iritasi.  Kulit memerah, gatal, terasa perih, dan efek yang paling parah adalah kulit wajah yang mengelupas. Jika hal ini terjadi, segera hentikan pemakaian. Jika kondisi semakin parah segeralah berkonsultasi ke dokter kulit agar tertangani dengan tepat.

Skincare fungsinya adalah untuk merawat kecantikan dan kesehatan kulit. Namun, kalau yang muncul hal-hal aneh seperti di atas tandanya kamu harus berhenti memakai produk perawatanmu. Kalau kamu maksa terus memakainya karena sayang, siap-siap aja kulitmu bakal mengelupas kayak ular yang lagi ganti kulit. Ingat, yang dipaksakan itu nggak baik!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Faizah Pratama
"Di mana-mana hatiku senang!"
0SHARES