Bikin Kulit Lebih Sehat dan Glowing, Ini 7 Faedahnya Puasa Makeup. Berani Coba?

kastorandpollux.com

Sesering apa sih kamu menggunakan makeup? Setiap hari atau ketika ada acara-acara saja? Mungkin bagi para beauty junkie, menggunakan foundation, blush, mascara, dan sebagainya adalah rutinitas wajib. Bahkan mungkin ada yang gak percaya diri ketika harus keluar rumah tanpa riasan. Sebenarnya sih gak masalah kalau mau pakai makeup setiap hari, tapi kalian sama sekali gak boleh males buat membersihkannya. Banyaknya produk kosmetik yang digunakan pada wajah, berarti membersihkannya juga harus ekstra dong. Kalau gak rajin bersihin wajah, hm bisa-bisa kulit jadi bermasalah dan mungkin bisa breakout lho.

Ngomongin soal pemakaian makeup, kalian tau gak sih apa yang akan terjadi pada kulit ketika kalian benar-benar berhenti menggunakannya? Ternyata ada lho perubahan pada kulit ketika berhenti menggunakan makeup. Nah, para beauty junkie harus tau nih!

1. Kulit dapat bernapas lega

www.pinterest.co.uk

Memakai banyak produk makeup berarti banyak bahan kimia yang kita poleskan pada kulit wajah. Bahan-bahan kimia tersebut bisa menyumbat pori-pori wajah dan akibatnya sirkulasi kulit menjadi terganggu. Kalau kamu gak pakai riasan nih, pori-pori wajahmu akan bernapas lega tanpa sumbatan dari produk kosmetik. Sirkulasi kulit menjadi lebih lancar dan wajah pun akan jadi lebih sehat.

2. Pori-pori tersamakan

www.instyle.com

Semoga kita semua dihindarkan dari sifat malas membersihkan makeup ya. Sebab hal tersebut merupakan kebiasaan buruk yang bisa merusak kulit wajahmu. Tidak membersihkan riasan dan kotoran yang menumpuk pada wajah dapat membuat pori-pori menjadi tersumbat dan semakin membesar. Nah, solusinya tidak lain dan tidak bukan adalah dengan membebaskan wajah dari makeup. Pori-pori wajah akan lebih tersamarkan dan kulit pun terasa lebih kencang.

3. Menurunkan risiko infeksi mata

www.beautylish.com

Kamu pernah dengar gak sih kalau penggunaan eyeliner dan maskara bisa mengakibatkan infeksi pada mata? Hal tersebut sebenarnya disebabkan oleh adanya kuman dan bakteri yang terdapat pada tabung eyeliner dan maskara. Risikonya akan bertambah besar kalau kamu sering meminjam eyeliner dan maskara milik teman atau saudaramu. Perpindahan bakteri dan kuman menjadi semakin mudah sehingga risiko terkena iritasi mata pun semakin besar. Bukannya lantas gak boleh pakai riasan mata, tapi sebaiknya gak usah pinjam-pinjaman dan selalu bersihkan sampai tuntas riasan mata kamu.

4. Terhindar dari kulit kering dan kusam
modelmama.blogspot.com

Terkadang kita memakai makeup dengan tujuan mendapatkan look yang sehat, glowing, bersinar tanpa cela. Tapi ternyata di balik tampilan makeup yang terlihat lembap bersinar-sinar tersebut, kulit wajah kita justru menjadi lebih kering. Mengapa? Karena tumpukan bahan kimia yang ada pada kulit wajah kita menghambat proses regenerasi sel-sel kulit. Sel kulit baru yang seharusnya mengganti sel kulit yang telah mati menjadi terhambat sehingga kulit tampak lebih kusam dan kering. Oleh sebab itu, membiarkan wajah bebas makeup berarti juga melancarkan regenerasi sel kulit dan mengentaskan kulit kering kusam!

5. Jarang mengalami breakout
www.bustle.com

Breakout yang terjadi pada wajah biasanya disebabkan oleh berbagai macam faktor. Di antaranya adalah karena tidak cocok dengan suatu produk makeup dan jarang membersihkan peralatan makeup. Menurut dr. Ijaz Ahmed, seorang dermatologis, makeup adalah penyebab jerawat dan masalah kulit lainnya pada lebih dari 30% pasiennya. Jadi, semakin jarang kamu memakai makeup, semakin jarang pula kemungkinan terjadi breakout pada wajahmu.

6. Bebas alergi bahan kimia

globalnews.ca

Beberapa bahan kimia pada produk makeup seperti paraben, sulfat, dan logam dapat memicu masalah kulit. Salah satunya adalah alergi yang ditandai dengan ruam kemerahan, gatal, wajah terasa panas, atau bahkan muncul bentol-bentol pada wajah. Selain itu, alergi juga bisa terjadi karena peralatan makeup yang kotor. Kalau sudah begitu, dokter pun akan menyarankanmu untuk tidak menggunakan produk makeup apa pun dan membiarkan wajahmu bernapas lega selama beberapa waktu.

7. Wajah tampak sehat alami

id.pinterest.com

Intinya perubahan yang akan terjadi ketika kita berhenti memakai makeup adalah wajah kita menjadi lebih sehat karena tidak terlalu banyak ditutupi bahan kimia. Walaupun akan membuatmu gak percaya diri awalnya, tampil tanpa makeup sama sekali tidak akan mengurangi kecantikanmu kok. Justru kulitmu akan jadi lebih sehat dan bercahaya. Gak ada salahnya kan sesekali tampil tanpa makeup?

Itu dia 7 perubahan yang akan terjadi pada kulitmu saat berhenti menggunakan riasan. Sebenarnya gak ada salahnya kalau kamu senang menggunakan makeup, apalagi jika itu adalah tuntutan dari profesimu. Tetapi sekali lagi yang harus diingat adalah kamu harus benar-benar rajin membersihkan kulit wajah. Pastikan gak ada kotoran yang tertinggal di wajah setelah seharian menggunakan makeup. Mungkin sesekali kalau kamu lagi gak ada acara dan gak keluar rumah, gak ada salahnya juga mencoba sehari tanpa makeup. Sekalian mengistirahatkan kulit wajah dan pori-pori kan?

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Saking Anehnya, Kacamata Ini Bikin Kamu Jadi Pusat Perhatian dalam Sekejap

Saking Anehnya, Kacamata Ini Bikin Kamu Jadi Pusat Perhatian dalam Sekejap

Beli Celana Ukurannya Nggak Ada yang Pas? Ini Tips Pilih Jeans Sesuai Bentuk Badanmu

Beli Celana Ukurannya Nggak Ada yang Pas? Ini Tips Pilih Jeans Sesuai Bentuk Badanmu

Deretan Makanan yang 'Haram' Ada di Meja Makan Ratu Inggris

Deretan Makanan yang 'Haram' Ada di Meja Makan Ratu Inggris

Viral, "Kuku Jelly" ala Kylie Jenner dan Teman-Temannya. Panjangnya Kayak Kuku Mak Lampir!

Viral, "Kuku Jelly" ala Kylie Jenner dan Teman-Temannya. Panjangnya Kayak Kuku Mak Lampir!

Yuk Viralkan 14 Gaya Blazer Serba Floral Ini! Classy Bak Princess

Yuk Viralkan 14 Gaya Blazer Serba Floral Ini! Classy Bak Princess

Sebelum Pakai Dry Shampoo, Ketahui Dulu 7 Hal Ini Biar Nggak Salah Kaprah!

Sebelum Pakai Dry Shampoo, Ketahui Dulu 7 Hal Ini Biar Nggak Salah Kaprah!

loading