Bikin Cepet Seret, 6 Makanan Ini Sebaiknya Kamu Hindari Saat Sahur

18 Mei 2018
|Reza Pratama

Haus adalah salah satu cobaan terberat bagi siapapun yang sedang menjalankan puasa. Bahkan banyak orang yang lebih mudah menahan rasa lapar dibanding menahan dahaga. Meski kita tidak akan terhindar dari yang namanya haus selama menjalani ibadah puasa, tetapi ternyata ada beberapa makanan yang bisa bikin lebih cepat haus. Kalo udah gini pasti bikin puasa pun jadi nggak nyaman. Nah, sebaiknya kamu hindari beberapa menu sahur di bawah ini yang bisa memicu dahaga datang lebih cepat. Apa saja ya?

1. Perhatikan kadar pedas sebuah makanan, jangan sampai berlebihan

Makan sangatlah identik dengan rasa haus. Semakin banyak mengonsumsi makanan pedas, maka akan rasa haus pun akan semakin meningkat. Apalagi jika efek pedas dari makanan tersebut bertahan lama di dalam mulut dan lambung. Selain bisa berpotensi mendatangkan dahaga lebih cepat, bukan tidak mungkin pula kamu akan sakit perut di tengah-tengah menjalankan ibadah puasa. 

2. Makanan bersantan atau berkuah kental

Makanan yang menggunakan santan memang bisa menciptakan cita rasa yang sedap dan gurih. Tetapi bukan berarti kelezatan tersebut tak memiliki efek apapun saat berpuasa. Menyantap makanan bersantan secara berlebihan mampu membuat rasa haus datang lebih cepat. Untuk sekali dua kali masih boleh lah, asal jangan tiap sahur. 

3. Makanan dengan kadar garam tinggi atau asin

Siapa sih yang tak tergoda melihat makanan gurih serta rasa bumbu yang kuat? Hanya dengan membayangkannya saja sudah bikin ngiler. Namun, alangkah baiknya bagi kamu pencinta makanan asin untuk menahan diri di saat sahur. Menyantap makanan asin dalam jumlah banyak dapat meningkatkan natrium dalam tubuh. Kadar natrium yang terlalu tinggi mampu kamu lebih cepat haus. Belum lagi makanan asin tidak baik bagi kamu yang punya darah tinggi. 

4. Gorengan dan kerupuk

Jumlah gorengan yang tak habis termakan di saat buka puasa, biasanya akan dihangatkan lagi untuk tambahan lauk di kala sahur. Namun tahukah kamu, gorengan yang terkenal sebagai makanan berminyak mampu membuat rasa hausmu semakin meningkat. Apalagi ditambah dengan memakan kerupuk dengan jumlah yang banyak. Makan kerupuk kulit satu mangkok dan tak sempat minum karena terlanjut Imsak, pasti akan membuat rasa hausmu semakin ugal-ugalan. 

5. Berbagai camilan manis

Meski akan menahan rasa lapar selama beberapa jam lamanya, bukan berarti kamu harus makan sahur dalam porsi yang banyak. Biasanya setelah sahur, banyak yang mengisi waktu luang menunggu imsak dengan menyantap camilan manis seperti martabak atau kue sisa semalam. Secara tak disadari, makanan dengan kadar gula yang tinggi mampu meningkatkan rasa haus. Tentu hal ini membuat puasamu jadi kurang nyaman. 

6. Kopi atau teh

Kopi dan teh memang paling nikmat disantap setelah sahur. Tapi tahukah kamu, minuman berkafein seperti kopi, teh, dan soda bisa membuat tubuhmu kekurangan cairan di saat berpuasa. Hal inilah yang nantinya akan membuat puasamu terasa loyo dan mudah haus. Lebih dianjurkan untuk meminum minuman isotonik agar kadar cairan di tubuhmu bisa terjaga sampai waktu berbuka. 

Meski menu-menu di atas terbilang menggiurkan untuk disantap, tetapi alangkah baiknya jika makanan di atas disantap di saat berbuka puasa. Tapi dengan syarat tidak berlebihan agar bisa kuat menjalani ibadah tarawih. 


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Reza Pratama
"Drangan Trakioiot"
SHARES