Biar Tetap Aman, Wanita Harus Kuasai 12 Trik Ini untuk Jaga Diri dari Kejahatan

unsplash.com

Baca dan lihat berita, selalu ada kasus kriminalitas di mana-mana. Kadang, bikin kamu ngeri dan takut sendiri. Ya, siapa yang mau sih dibahayakan nyawanya oleh orang lain? Namun, kita tidak bisa memungkiri bahwa negara kita bisa dibilang sebagai negeri dengan tingkat kriminalitas yang cukup tinggi.

Buat orang yang sering pulang malam, resiko untuk menjadi korban tindak kriminal pun akan lebih besar. Bukan bermaksud untuk menakut-nakuti, tapi malam hari memang seringkali menjadi waktu yang sangat strategis bagi orang-orang yang berniat jahat, dan wanita lebih sering dianggap sebagai sasaran empuk untuk orang yang mau mengambil keuntungan melalui kejahatan, entah itu pemerkosaan, penjarahan, dan sebagainya.

Oleh karena itu, ada baiknya jika kamu tidak menunggu sampai hal itu terjadi dan baru mencari solusi. Nah, terkhusus untuk para wanita, di bawah ini kamu bisa baca beberapa trik untuk jaga diri yang bisa kamu lakukan jika suatu waktu ada orang jahat yang hendak membahayakan nyawa kamu.

1. Tinggalkan identitas kamu agar kerabat bisa lebih mudah mencari keberadaan kamu

www.foxnews.com

Inilah mengapa ada baiknya jika kamu menyimpan kartu identitas di tempat yang mudah diraih oleh kamu dalam keadaan darurat. Kalau kamu tiba-tiba diculik saat kamu sedang di luar rumah, ada baiknya jika kamu menyempatkan diri untuk melempar dompet berisi kartu identitas untuk menandai jejak keberadaan kamu yang terakhir kepada orang-orang terdekat yang hendak mencari kamu.

2. Jangan langsung pulang ke rumah kalau kamu merasa ada yang menguntit kamu

www.couriermail.com.au

Biasanya kamu akan menyadari ada seseorang yang menguntit saat kamu sedang berada di kawasan yang sepi. Kalau kamu sedang dalam perjalanan pulang, jangan sampai kamu langsung pulang ke rumah. Lebih baik kamu menjauhkan penguntit kamu dari rumah dan pergi menuju ke tempat yang lebih ramai sambil mencari-mencari peluang untuk kabur. Pokoknya, jangan sampai penguntit itu tahu tempat tinggal kamu!

3. Jangan ragu untuk berteriak atau membuat keributan

wellchickproject.com

Meskipun ada kemungkinan bagi sang kriminal untuk menutup mulut kamu, kamu harus bisa mengambil kesempatan sebisa mungkin untuk berteriak minta tolong atau setidaknya membuat keributan yang berpeluang dapat terdengar oleh orang-orang sekitar.

Orang yang berniat jahat setidaknya akan sempat terguncang saat kamu membuat keributan. Saat si orang jahat sedang terkejut oleh keributan yang kamu buat, itulah waktu yang tepat bagi kamu untuk meloloskan diri dan mencari keramaian.

4. Latih tanganmu untuk bisa mengoperasikan telepon tanpa harus melihat layar
www.autobics.com

Orang yang hendak berbuat jahat tidak akan suka saat korbannya meminta bantuan. Kalau kamu terlihat hendak mengoperasikan telepon genggam milik kamu, mungkin si penjahat akan langsung berusaha untuk merebut telepon kamu dengan cara apapun yang bahkan bisa membahayakan kamu. Untuk itu, sebisa mungkin kamu meminta bantuan dengan cara yang tidak terlihat oleh si pelaku kejahatan. Ada baiknya jika kamu juga belajar kode morse yang bisa digunakan untuk meminta pertolongan.

5. Tekan semua tombol lantai saat sedang berada di lift kalau kamu bersama orang yang tampak mencurigakan
www.fernbyfilms.com

Lift sering menjadi tempat favorit untuk melakukan tindak kriminal karena korban akan sulit untuk melarikan diri. Oleh karena itu, jika kamu berada di lift hanya berdua dengan orang yang tampak mencurigakan, ada baiknya jika kamu menekan semua tombol lantai agar pintu selalu terbuka di setiap lantai. Selain untuk membuat si otak kriminal menjadi ragu karena ada kemungkinan orang yang melihat tindakannya saat pintu terbuka, kamu juga bisa menjadi lebih mudah untuk melarikan diri. 

6. Kalau tindak kriminal terjadi di rumah, jadikan dapur sebagai lokasi untuk menyelamatkan diri

www.cutcokitchen.com

Sebenarnya akan lebih baik lagi jika kamu bisa berlari keluar rumah saat menyadari bahwa ada orang yang menjarah kediaman kamu. Namun, jika ternyata tidak ada kesempatan untuk berlari ke luar, pertama-tama kamu harus berlari dulu ke dapur. Di sana kamu bisa mengambil pisau atau benda tajam lainnya untuk mengancam si penjahat dan bisa digunakan untuk membela diri jika kamu diserang.

7. Gunakan aksesoris yang bisa digunakan untuk mempertahankan diri

www.pinterest.com

Kamu yang ingin lebih berjaga-jaga dari situasi yang tidak diinginkan bisa memilih aksesoris yang bisa berfungsi juga sebagai senjata, seperti cincin yang dilengkapi dengan pisau kecil seperti pada foto di atas. Jadi, aksesoris pun bisa bukan cuma buat gaya, tapi bisa juga untuk menyelamatkan diri dari bahaya!

8. Trik untuk melepaskan ikatan di tangan

www.pinterest.co.uk

Dalam kasus penculikan, biasanya tangan korban akan diikat agar tidak bisa kabur. Ada satu solusi untuk melepaskan ikatan ini meskipun mungkin tidak akan seratus persen berhasil. Pertama-tama, kamu harus memberi kejutan pada tali di sekitar pergelangan kamu dengan mengepalkan tangan sekuat mungkin dalam satu sampai beberapa hitungan. Dengan begitu, otot di sekitar pergelangan kamu akan mengencang dan secara berangsur-angsur akan mengendorkan ikatan pada tangan kamu. Saat sudah cukup longgar, jangan tegangkan otot. Usahakan untuk rileks dan cobalah loloskan tangan kamu dari ikatan secara perlahan.

9. Lemparkan barang yang diminta oleh perampok
www.wisegeek.com

Kalau kamu memang masih lebih sayang nyawa dan situasinya memang sulit untuk melarikan diri sehingga kamu harus memilih untuk merelakan barang yang diminta oleh perampok, lebih baik kamu melempar barang yang diminta itu agak jauh dari kamu. Mungkin sebagian besar perampok memang hanya ingin barang berharga milik korban tanpa ada maksud untuk melukai.

Namun, ada baiknya jika kamu mengurangi risiko untuk dilukai oleh si pelaku dengan mengalihkan perhatiannya kepada barang yang kamu lempar dan memanfaatkan waktu yang tipis untuk melarikan diri.

10. Jangan mudah menyerah. Kalau memungkinkan, usahakan untuk melawan!
guff.com

Ada baiknya jika semua orang memiliki dasar-dasar bela diri, minimal kamu harus mengetahui serangan seperti apa yang paling baik untuk melumpuhkan lawan kamu. Tapi, jangan sampai kamu melakukan tindakan yang sembrono dan malah membahayakan nyawa kamu. Ambil kesempatan saat si penjahat sedang lengah dan langsung serang ke bagian vitalnya. Misalnya, kalau kamu dipegangi dari belakang kamu bisa menyikut ulu hati si pelaku atau melakukan tendangan belakang yang mengenai selangkangan. Selain bisa menarik perhatian orang-orang sekitar, serangan kejutan pun bisa membantu kamu kabur.

11. Gunakan kunci sebagai senjata

granburylocksmith.com

Seperti halnya kartu identitas, lebih baik juga kalau kamu menyimpan kunci di tempat yang mudah dijangkau dalam kondisi darurat. Kunci bisa menjadi senjata yang mematikan jika kamu menitikberatkan bobot tenaga dengan benar dan diarahkan kepada bagian tubuh yang bisa melumpuhkan untuk sementara. Jangan jepit kunci itu di antara jari dengan tangan yang mengepal karena malah akan membuat tangan kamu sakit saat memukul. Pegang saja kunci seperti yang ditunjukkan pada gambar di atas.

12. Tendang bagian belakang lutut

www.offgridweb.com

Menendang bagian belakang lutut dengan keras akan membuat orang langsung terjatuh dan merasa kesakitan. Kamu bisa memanfaatkan waktu sepersekian detik itu untuk melarikan diri. Ingat, serang saat si penjahat sedang lengah dan jangan sampai tindakan penyelamatan itu malah menjadi bumerang yang membahayakan nyawa kamu. Pokoknya, jangan membuat segalanya menjadi mudah untuk orang yang hendak berbuat jahat sama kamu!

Meskipun mungkin tidak akan selalu berlaku dengan baik di dunia nyata, setidaknya trik-trik di atas dapat memperlebar kemungkinan bagi kamu untuk menyelamatkan diri dari orang jahat yang hendak membahayakan kamu. Yang jelas, kita harus senantiasa waspada akan segala kemungkinan dan bisa berpikir jernih setiap kali ada suatu marabahaya yang menghampiri.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Pelakor Kembali Merajalela! Seorang Caleg Tega Merebut Suami Seorang Wanita yang Kini Kebingungan Menafkahi Anaknya - Keepodotme

Pelakor Kembali Merajalela! Seorang Caleg Tega Merebut Suami Seorang Wanita yang Kini Kebingungan Menafkahi Anaknya - Keepodotme

Mau Pakai Lipstick Matte Tapi Takut Bibir Kering dan Pecah-pecah? Ikuti Cara Ini!

Mau Pakai Lipstick Matte Tapi Takut Bibir Kering dan Pecah-pecah? Ikuti Cara Ini!

Selalu Ditanya Soal Momongan, Bella Pilih Batasi Kolom Komentar - Keepodotme

Selalu Ditanya Soal Momongan, Bella Pilih Batasi Kolom Komentar - Keepodotme

Mau Hijrah Jadi Seorang Vegetarian? 10 Langkah Ini Akan Memudahkan Jalanmu

Mau Hijrah Jadi Seorang Vegetarian? 10 Langkah Ini Akan Memudahkan Jalanmu

Terlalu Asik Piknik, Bule Rusia Ini Sampai Kehabisan Duit hingga Tidur di Tanah Kuburan. Ngenes! - Keepodotme

Terlalu Asik Piknik, Bule Rusia Ini Sampai Kehabisan Duit hingga Tidur di Tanah Kuburan. Ngenes! - Keepodotme

7 Resep Minuman Kekinian Ini Ternyata Bisa Kamu Bikin Sendiri di Kosan!

7 Resep Minuman Kekinian Ini Ternyata Bisa Kamu Bikin Sendiri di Kosan!

loading