Biar Sukses Menghadapi Psikotes, Terapkan 7 Kiat Ini. Nggak Perlu Insecure Lagi!

15 Oktober 2017
|Olphi Disya
0SHARES

Hayo siapa di sini yang suka deg-degan nggak jelas saat akan menghadapi psikotes? Padahal psikotes kan hanya menjawab pertanyaan yang sesuai dengan diri kita, nggak perlu takut lah. Tapi mungkin kamu harus tahu triknya agar kamu bisa mempersiapkan diri dengan lebih baik dan bisa menjawab semua soalnya dengan lebih efektif. Yuk kepoin tips berikut ini!

1. Nggak perlu belajar sampai segitunya

Kalau kamu biasa melihat banyak buku-buku latihan psikotes yang beredar di pasaran, percayalah buku-buku itu nggak bikin kamu jadi otomatis lancar menghadapi psikotes. Soal-soal di buku tersebut hanya membuatmu jadi tergambar akan soal-soal psikotes. Padahal sebenarnya soal psikotes itu nggak dipelajari di tingkat pendidikan manapun. Psikotes merupakan ujian inteligensi di mana kemampuan inteligensi yang diukur didapatkan dari pengetahuan umum dan mendasar. Jadi tenang aja, my friends!

2. Jangan sampai telat datang

Meskipun kamu nggak perlu belajar, tapi bukan berarti kamu menyepelekan. Datanglah 30 menit sebelum tes dimulai. Ini dimaksudkan agar kamu nggak terburu-buru dan capek duluan sebelum tes. Jadi kamu bisa mulai mengerjakan tes dengan tenang tanpa ngos-ngosan dan lebih siap. Kamu juga bisa lebih rileks dan fokus kalau datang lebih awal. Usahakan juga datang dalam keadaan udah makan dan udah ke toilet ya!

3. Selalu dengarkan instruksi dengan seksama

Ini yang nggak boleh luput dari perhatian. Selalu dengarkan instruksi di setiap rangkaian tesnya, karena psikotes merupakan rangkaian tes yang terdiri dari berbagai macam jenis soal. Beda tahapan, beda pula instruksinya. Ada yang mengharuskan kamu menjawab secepat-cepatnya, ada yang mengharuskan kamu menggambar, ada juga yang perintah yang kamu harus hapalkan dulu. Jadi kalau kamu nggak mendegar atau menyepelekan, bisa-bisa kamu salah dalam menjawab. Nggak mau 'kan gagal hanya karena kesalahan bodoh?

4. Siapkan alat tulis cadangan

Agar kamu nggak mudah panik, selalu sediakan alat tulis cadangan. Kamu perlu siapkan pulpen warna hitam, pensil HB, dan 2B, penghapus dan rautan pensil masing-masing sebanyak 2 buah. Alat tulis seperti itu udah cukup banget untuk bertempur menghadapi psikotes. Sebelum mengikuti psikotes, raut dulu semua pensilmu dan pastikan nggak patah. Tes juga kedua pulpenmu agar kamu nggak panik kalau tiba-tiba tintanya macet. Ingat, psikotes itu nggak akan nungguin kamu yang panik karena alat tulis yang rusak!

5. Jangan melewatkan satu soal pun

Perlu kamu tahu bahwa umumnya soal-soal dalam psikotes nggak ada jawaban yang bernilai minus. Artinya, kalau kamu menjawabnya salah maka poinmu nggak akan dikurangi, hanya saja memang nggak akan menambah nilai. Jadi kalau nggak tahu, mending jawab aja dan jangan dilewati. Tapi nggak asal jawab, perlu dipikirkan juga jawabannya. Terutama untuk tes kepribadian, hukumnya wajib menjawab semua pertanyaan tanpa melewatkan satupun agar penilaian terhadap kepribadianmu lengkap.

6. Banyak-banyakin istirahat sehari sebelum tes

Daripada kamu sibuk mikirin gimana nasib mau psikotest besok, sebaiknya kamu istirahat yang cukup. Ingat, kamu nggak perlu belajar soal-soal psikotes, apalagi sampai begadang. Percaya deh, semua itu akan percuma kalau istirahatmu nggak cukup. Tubuh yang fit akan memudahkan kamu dalam menerima instruksi dan menjawab pertanyaan. Tidurlah selama 8 jam sebelum psikotes dan bikin mood kamu positif sebelum dan selama psikotes. Mood yang baik dan pikiran yang fresh lebih ngebantu kamu untuk berhasil daripada belajar soal-soal psikotes!

7. Makan yang enak dan bergizi

Mungkin menurut kamu ini nggak penting, dan tips kayak gini nggak ada di buku kiat-kiat menghadapi psikotes di manapun. Tapi beneran deh, kunci dari suksesnya psikotes adalah pikiran yang tenang dan nyaman. Salah satu upaya agar kamu bisa rileks adalah makan yang enak dan bergizi sehingga suasana hati kamu senang, kamu pun nggak akan tiba-tiba sakit perut atau nggak fokus karena lapar. Jadi usahakan sarapan atau makan terlebih dahulu. Kalau nggak sanggup makan, ngemil dan minum air putih bisa dijadikan alternatif, kok!

Psikotes itu nggak susah karena semua yang ditanyakan di dalam psikotes semuanya kita pelajari secara nggak sadar berdasarkan pengalaman hidup kita sendiri. Yang bikin sulit dan menakutkan itu adalah mindset bahwa kalau nggak lulus psikotes artinya nggak normal atau IQ rendah dan sebagainya. Padahal itu salah. Jalani aja dan jangan lupa berdoa!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Olphi Disya
"Upcoming psychologist. Awesome weirdo."
0SHARES