Biar Resolusi Tahun Barumu Tercapai, Lakukan 5 Wejangan Ini! Jangan Jadi Wacana Terus

03 Januari 2018
|Dwi Ayu Silawati
703SHARES

Tahun baru 2018 sudah di depan mata. Kita pasti mengharapkan tahun baru akan menjadikan kita pribadi yang lebih baik. Tidak hanya itu, kamu juga berharap keinginan yang belum sempat terwujud, supaya bisa jadi nyata di tahun depan.

Namun, semua membutuhkan usaha. Untuk membantu kamu mencapai keinginan dan resolusi yang belum sempat terwujud tahun ini, alangkah lebih baiknya kita buat rencana dan list target sebelum memulai tahun yang baru dengan beberapa tips berikut. 

1. Gunakan bullet journal, tulis setiap harapanmu di tahun yang baru ini

Bullet journaling merupakan kegiatan yang sangat disarankan, sebab bisa membuat kita merasa produktif setiap harinya. Bullet journal ditandai dengan membuat poin kegiatan yang perlu kita lakukan setiap hari, minggu, dan bulan, tergantung kebutuhan kamu. Dengan begitu, kamu bisa melacak sudah sejauh mana target kamu tercapai.

Kamu bisa gunakan buku tulis biasa, kemudian mencoba memisah-misahkan ke dalam beberapa bagian untuk target harian, mingguan, dan bulananmu. Setiap kamu selesai mengerjakan satu tugas atau target kamu bisa mencoret atau menandainya. Selain kegiatan harian, bullet journal juga bisa kamu tambahkan dengan pencapaian kamu, misal daftar buku yang sudah kamu baca, ide yang sudah kamu eksekusi, atau resep masakan yang sudah kamu coba. 

2. Buat habit tracker

Selain bullet journal, cara satu ini juga bisa kamu coba. Caranya adalah membuat tabel bulanan untuk melacak kegiatan dan kebiasaanmu tiap harinya. Di sebelah kiri adalah daftar kegiatan yang hendak kamu lacak, sementara kolom-kolom kecil adalah hari dan tanggal tiap bulannya. Kamu bisa memberi warna di hari-hari di mana kamu melakukan kegiatan itu.

Dengan begitu, kamu bisa melihat kegiatan apa yang ternyata kurang mendapat alokasi waktu. Kamu juga bisa menggunakan habit tracker ini untuk membuat grafik perkembanganmu, misal grafik progresmu menurunkan berat badan, atau progres belajarmu. 

3. Buat skala prioritas

Setiap hari, kamu bisa merencanakan apa yang kamu lakukan dengan memilah kegiatan kamu ke dalam prioritas. Pilah mana saja yang harus kamu kerjakan dan selesaikan hari ini, mana yang bisa ditunda dulu. Pilih juga kegiatan apa yang bisa kamu lakukan sendiri, dan mana yang butuh bantuan orang lain. Dengan begitu, waktu kamu tidak akan terbuang sia-sia setiap harinya untuk mengejar banyak tugas selesai dalam satu hari. Lebih baik fokus dan selesai perlahan, daripada dibiarkan tidak selesai. 

4. Targetkan perubahan kecil setiap bulan

Untuk memastikan tahun barumu akan mengantarmu menjadi pribadi yang lebih baik, kamu bisa melakukan perubahan-perubahan sederhana yang kamu targetkan tercapai tiap bulan.

Misalnya di bulan Januari kamu akan mulai naik sepeda ke sekolah atau kampus seminggu sekali. Kemudian, bulan Februari kamu mulai tidur lebih awal agar bisa bangun lebih pagi, dan seterusnya. Pencapaian kecil ini bisa bikin kamu merasa termotivasi untuk mencapai perubahan positif lainnya. 

5. Berterima kasih untuk setiap hari yang kamu lalui

Terakhir, kamu tidak perlu menjadi perfeksionis dan terlalu ambisius. Tidak setiap hari kita mencapai sesuatu, kita pasti akan menemui kegagalan di hari-hari tertentu. Namun, usahakanlah untuk selalu bersyukur untuk apapun yang terjadi di satu hari.

Bersyukurlah, kamu bisa bangun pagi, bisa pulang dari kampus atau kantor dengan selamat, bisa makan 3 kali hari ini. Berterima kasihlah untuk nikmat-nikmat kecil yang sudah kamu terima hari itu. 

Itu dia kelima hal yang bisa membantu kamu mencapai resolusi tahun baru. Meskipun begitu semua dimulai dari niat dan kemauanmu sendiri. Intinya, tahun baru, semangat baru. Terlepas dari resolusi dan rencana, selama kamu hidup dan selalu berusaha kamu pasti akan menemukan sesuatu yang bisa kamu syukuri dan pelajari tahun depan. 


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Dwi Ayu Silawati
"You'll move people by being loyal to your own dreams"
703SHARES