Biar Nggak Malas Minum Air Putih, Biasakan 12 Cara Ini Mulai Sekarang!

23 Februari 2018
|Dwi Ayu Silawati
5SHARES

Minum air putih adalah kewajiban semua makhluk hidup untuk bertahan hidup. Terutama kita-kita para manusia yang memang dianjurkan minum sekitar 2 liter air per hari. Namun, memang minum air putih itu gampang-gampang susah. Apalagi untuk kamu yang nggak suka air tawar dan lebih suka minuman rasa-rasa. Hmmm, padahal terlalu banyak minuman yang banyak rasanya ini bisa membuat kerja ginjalmu makin berat, guys! 

Bagaimanapun juga nggak ada minuman yang bisa menggantikan air mineral. Makanya simak beberapa tips berikut supaya kamu lebih rajin minum air yang berwarna transparan ini. 

1. Sebagai alternatif minuman berperisa, coba infused water

Infused water adalah metode memasukan buah-buahan segar ke dalam air putih dan dibiarkan selama beberapa saat agar sari buah terurai bersama air. Nah, dengan begitu rasa air putihmu tidak akan flat lagi, ada sensasi segar, asam, sedikit manis dari buah-buahan tadi. Jadi rajin minum air putih 'kan sekarang?

2. Minum saat bangun tidur

Saat bangun tidur, kamu pasti malas-malasan. Akali dengan minum air putih. Air putih bisa mengembalikan cairan tubuhmu yang hilang selama tidur dan membuatmu merasa segar.

3. Minum setelah selesai buang air

Saat buang air, kamu kehilangan cairan tubuh lagi. Cobalah langsung minum air putih, sedikit-sedikit saja, meskipun kamu tidak terlalu haus.

4. Minum beberapa tegukan sebelum dan sesudah makan

Ada yang bilang minum saat makan akan membuatmu cepat kenyang dan perutmu kembung. Maka dari itu, minum beberapa tegukan sebelum makan, kemudian beberapa lagi setelah makan. Biasakan saja seperti itu meskipun awalnya kamu tidak merasa terlalu haus.

5. Gunakan aplikasi untuk menghitung berapa banyak air yang sudah kamu minum

Kalau kamu benar-benar mau berhijrah menjadi peminum air putih yang ideal, cobalah beberapa aplikasi seperti Daily Water Free atau Carbodroid.

6. Ketagihan dengan minuman rasa-rasa? Akali dengan memperbanyak es batu

Kalau kamu belum bisa lepas dari minuman seperti es teh dan jus, akalilah dengan menambahkan lebih banyak es batu. Sesungguhnya es batu adalah air putih, bukan ?

7. Letakkan botol minum di dekatmu

Taruh botol air putih di meja kerjamu supaya kamu teringat untuk minum air putih. Misalnya tidak pun, terkadang ketika kamu kesal atau sedang stress kamu pun secara spontan langsung mengambil botol dan minum, benar nggak?

8. Masih susah juga? Perbanyak konsumsi makanan yang mengandung air

Sayuran dan buah-buahan merupakan bahan makanan yang kaya air, bisa mensuplai kebutuhan air harianmu. 

9. Pakai botol minum yang memiliki tanda

Tanda yang dimaksud adalah tanda level air, jadi kamu bisa tahu sudah berapa banyak air yang kamu minum hari itu. Supaya makin termotivasi!

10. Minum dengan sedotan

Minum dengan sedotan secara tidak kamu sadari bisa membuatmu minum lebih banyak air. Semacam kamu meminumnya perlahan tapi pasti.

11. Makan makanan pedas

Benar juga makanan pedas membuatmu ingin minum lebih banyak air putih, soalnya es teh tidak juga membuat pedasnya mereda.

12. Cinta datang karena biasa

Cinta air putih ya di sini maksudnya. Benar kok semua ini karena kebiasaan saja. Semakin kamu mencoba minum air putih, kamu akan terbiasa hingga tidak menganggap minum air putih sebagai beban lagi.  

Demi kesehatan yang hakiki, yuk kurangi kebiasaan minum minuman yang banyak gula dan rasa-rasa, trus dan perbanyak minum air putih!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Dwi Ayu Silawati
"You'll move people by being loyal to your own dreams"
5SHARES