Biar Nggak Galau Skripsi Lagi, Sering Buka 18 Situs Ini Aja. Selesai Kilat!

25 Desember 2017
|Ekky Riza
175SHARES

Salah satu syarat mutlak untuk bisa dinyatakan lulus dari perguruan tinggi adalah selesai mengerjakan skripsi. Namun sayangnya, skripsi menjadi momok besar yang amat mengerikan bagi sebagian mahasiswa tingkat akhir. Selalu saja ada halangan untuk menyelesaikan skripsi dengan tepat dan cepat. Mulai dari soal biaya yang kurang bersahabat dengan kantong mahasiswa, dosen pembimbing yang galak, bahan penelitian yang belum ready, sampai literatur yang dirasa kurang.

Nah, kali ini yukepo akan bantu kamu mengatasi salah satu hambatan dalam mengerjakan skripsi berupa kurangnya litartur. Yuk, langsung aja, berikut ini adalah daftar situs yang bisa bantu kamu mendapatkan literatur dan referensi yang sedang kamu butuhkan.

Demi skripsi yang cepat kelar, selesai, dan bikin lega!

1. Google Scholar

Situs buatan google ini menyediakan banyak banget publikasi ilmiah yang umayan lengkap dan bisa kamu dapatkan secara gratis.

2. Microsoft Academic

Microsoft academic mempunyai fitur filter, sehingga memudahkan kamu mendapatkan publikasi ilmiah dalam bidang penelitian yang spesifik.

3. Indonesian Publication Index

Kalau kamu kesulitan Bahasa Inggris, tenang saja, karena situs ini menyediakan publikasi ilmiah dalam Bahasa Indonesia.

4. Jurnal LIPI

Situs keluaran LIPI ini memiliki tampilan sederhana, cukup ketik jurnal yang sedang kamu cari di kolom pencarian, langsung deh keluar deretan junal yang berhubungan. Sayangnya, tidak semua jurnal yang diterbitkan di situs ini berlisensi terbuka.

5. Buku Digital

Selain menyediakan banyak jurnal ilmiah, LIPI juga menyediakan banyak buku digital di situs buku-e.lipi.go.id. Kamu cuma perlu ketik kata kunci di buku di kolom pencarian, langsung keluar lah semua buku yang berhubungan dengan kata kunci tersebut. Wah, enak nih nggak perlu capek-capek ke perpustakaan. Hihihi.

6. Library Genesis

Mulai dari format buku digital dari pdf, mobi, sampai e-pub, ada di situs ini lho! Sayangnya, fitur filter dalam situs ini agak kurang akurat. Jadi, jangan sampai salah tulis kata kuncinya ya!

7. Eureka Pendidikan

Situs ini tidak menerbitkan publikasi ilmiah seperti situs lainnya, melainkan memuat artikel yang berisi opini dari seseorang yang ahli dalam bidangnya. Isi artikel dalam situs ini sudah pasti valid dan bisa dipertanggungjawabkan, karena untuk mendapatkan artikelnya, kamu perlu mendapatkan ijin terlebih dahulu dari penulisnya aslinya.

8. Research Gate

Kalau lagi ngerjain skripsi, jangan cuma gaul di Facebook dan Instagram aja ya guys! Coba deh buka situs ini. Di sana kamu akan menemui banyak sekali peneliti, karena situs ini adalah media sosial bagi para peneliti. Di forum diskusi, kamu bisa melakukan tanya jawab dengan mereka, sehingga permasalahanmu dalam penelitian bisa segera teratasi.

9. OAPEN Library

Buku-buku yang ada di situs ini pasti terpercaya karena sudah lolos uji baca dari akademisi terpilih. Sayangnya, buku-buku dalam situs ini hanya terbatas dalam bidang humaniora.

10. Wiley Online Library

Wow, situs ini menyediakan 6 juta artikel, 1.500 jurnal, 18.000 buku online, dan ratusan referensi lho! Kabar baiknya, semua itu bisa kamu akses secara gratis!

11. Perpustakaan Nasional Indonesia

Dalam situs yang dibuat oleh Perpustakaan Nasional Indonesia ini, terdapat banyak jurnal ilmiah yang bisa kamu download secara gratis. Tapi, jangan lupa untuk mendaftar jadi anggota dulu ya, guys!

12. Science Direct

Dalam situs ini terdapat ribuan jurnal ilmiah yang ditulis oleh para peneliti dari seluruh dunia. Sayangnya, situs ini berbayar. Tapi, jangan khawatir, beberapa kampus sudah menanggung biayanya dan mengijinkan mahasiswanya untuk mengakses situs ini secara gratis.

13. Project Gutenberg

Situs ini sudah ada sejak 1971, lebih tua mana sama kamu? Hihihi. Ribuan buku yang ada dalam situs ini terdiri dari berbagai macam bidang keilmuan, mulai dari sastra, sejarah, sampai sains.

14. Open Library

Kamu bisa mengakses ribuan buku digital yang bahkan bisa kamu baca tanpa koneksi internet dalam situs ini.

15. Literature

Kalau kamu anak sastra, coba deh masuk ke situs ini, karena situs ini fokus dalam bidang keilmuan sastra.

16. Academia

Situs ini semacam media sosial buat para peneliti. Kamu bisa sharing apapun tentang penelitian kamu di sini. Meskipun jurnal yang ada di situs ini nggak begitu legkap, tapi kamu bisa ngobrol langsung lho dengan penulis jurnalnya.

17. Neliti

Di situs ini banyak sekali buku dan publikasi ilmiah yang bisa bantu kamu untuk melengkapi literatur. Sayangnya, kamu cuma bisa baca-baca aja, karena nggak ada tombol download di situs ini.

18. Bonus nih, biar makin semangat ngerjain skripsinya!

Ternyata banyak ya, situs yang bisa bantu kamu untuk segera menyelesaikan skripsimu. Jadi, jangan pernah putus asa ya! Karena skripsi bukan cobaan apalagi musibah, melainkan sebuah ujian yang harus dihadapi dengan gagah berani. Semangat!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Ekky Riza
"live your life"
175SHARES