Biar Makeup Menempel Terus dan Nggak Meleleh Kayak Es Krim, Begini Triknya!

23 Juni 2018
|Galih Wisnu Brata
0SHARES

Agar selalu tampil paripurna, kita kerap menggunakan makeup setiap saat. Sayangnya, keringat, panas, dan minyak menjadi ancaman yang berbahaya. Riasan bisa tiba-tiba luntur atau meleleh saat beraktivitas. Duh, nggak banget kan? Masa iya makeup bleber ke mana-mana. Nah, biar makeup tetep awet dan nggak meleleh, lakuin deh 9 langkah berikut ini.

1. Awali dengan membersihkan wajah

Sebelum kamu mulai merias diri, alangkah baiknya cuci muka terlebih dahulu. Dengan cuci muka, kotoran, debu, dan minyak bisa terangkat sehingga makeup bisa menempel sempurna. Oh iya, bagi kamu yang kulitnya berminyak sehingga makeup gampang luntur, coba pakai sabun cuci muka yang mengandung glycolic acid atau salicylic acid agar mengurangi produksi minyak di wajah.

2. Gunakan moisturizer

Mau kulitmu kering atau berminyak, kamu tetap harus pakai pelembap. Kalau yang kulit berminyak, sebaiknya pilih yang berbentuk gel atau lotion. Dengan memakai pelembap, kulit akan mengurangi produksi minyak karena sudah seimbang.

3. Pakai primer di area berminyak

Di area wajah yang sering berminyak, seperti T-zone, sebaiknya pakai primer terlebih dahulu sebelum dandan. Dengan mengoleskan primer, make up akan menjadi lebih tahan lama.

4. Jangan gunakan concealer sebagai eye primer

Concealer jangan dipakai sebagai primer di bagian mata. Sebaiknya, pakai primer yang memang khusus untuk bagian mata. Dengan begitu, makeup akan menjadi tahan lama.

5. Oleskan concealer di bibir

Biar lipstik nggak gampang luntur dan warnanya lebih cetar, oleskan terlebih dahulu concealer di bibirmu. Pilih yang berbentuk krim agar nggak bikin kering. Setelah pakai concealer, gunakan pensil bibir agar rapih lalu aplikasikan lipstik.

6. Nggak usah pakai bedak terlalu tebal

Banyak yang menganggap bahwa bedak bisa menyamarkan kilau di wajah. Sayangnya, anggapan itu salah. Dengan pakai bedak yang berlebihan, kulit justru akan tampak cakey dan aneh. Makanya, pakai bedak secukupnya aja. Nggak usah tebal-tebal.

7. Gunakan setting spray

Setelah selesai dandan cantik, biar dandanan tetap awet sepanjang hari, pakailah setting spray. Tapi, kamu harus perhatiin produk spray yang kamu gunakan. Sebaiknya, pilih produk yang sesuai dengan jenis kulitmu ya.

8. Bawa selalu kertas minyak

Nah, kalau udah dilakuin semua, kamu hanya perlu bawa kertas minyak ke mana pun kamu pergi. Kalau minyak bermunculan, tinggal diserap pakai kertas minyak.

9. Pilih produk yang tahan lama

Yang paling penting sih, kamu harus pilih produk yang waterproof, water resistant, atau long wear. Emang lebih mahal sih, tapi kalau buat tampil cantik paripurna kan nggak masalah ya?

Kadang, meski semua langkah di atas sudah kita lakukan, tapi makeup kita tetap saja luntur meski sedikit. Untuk itu, kamu memang harus melakukan touch up meskipun hanya memoles wajah kembali dengan bedak dan memulas bibir dengan lipstik.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Galih Wisnu Brata
"memahami karena menjalani"
0SHARES