Biar Makananmu di Kulkas Terselamatkan Saat Mati Listrik, Inilah yang Harus Dilakukan!

26 Januari 2018
|Idham Nur Indrajaya

Rasanya akan merepotkan jika kita harus selalu pergi belanja setiap kali kita mau memasak. Untuk itu, kulkas pun menjadi solusi yang tepat untuk menyimpan bahan-bahan makanan agar bisa tahan lebih lama. Sialnya, ada kalanya ketika kulkas tidak bisa beroperasi sebagaimana mestinya saat listrik sedang padam karena alasan-alasan tertentu sehingga bahan-bahan makanan yang disimpan di dalamnya pun berpotensi untuk menjadi lebih cepat busuk.

Oleh karena itu, dibutuhkan suatu tindakan darurat untuk mengamankan makanan tatkala listrik sedang padam.

Di bawah ini, kamu bisa membaca beberapa tips yang bisa kamu praktikkan agar bahan makanan kamu tetap awet dan layak makan meskipun kulkas sedang mati.

1. Usahakan untuk jangan membuka kulkas

Saat listrik padam, kulkas akan mempertahankan temperatur dinginnya selama 48 jam selama kamu tidak membukanya. Kalau isi di dalam kulkas kurang dari setengah, suhu dingin akan bertahan kurang-lebih selama 24 jam. Tapi, kalau misalnya listrik padam lebih lama dari itu, kamu harus melakukan tindakan lain yang bisa kamu baca di tips berikutnya.

2. Langsung gunakan bahan yang kira-kira akan lebih mudah busuk

Kalau kamu memang lapar dan harus mengambil bahan di kulkas, pilihlah bahan-bahan makanan yang kemungkinan akan lebih cepat busuk, seperti daging, buah, dan sebagainya.

3. Hindari penyilangan kontaminasi

Jangan simpan daging mentah dekat sayur, buah, dan keju. Saat listrik padam, kontaminasi silang akan lebih mudah terjadi sehingga nantinya bahan makanan yang akan kita konsumsi malah menjadi buruk untuk kesehatan tubuh. Oleh karena itu, penataan pun menjadi hal yang vital dalam penyimpanan bahan makanan di kulkas.

4. Gunakan pembungkus

Alumunium foil bisa digunakan untuk membungkus bahan-bahan makanan di kulkas, seperti daging, buah, sayur, dan lain-lain. Pokoknya, semua bahan yang tidak terlindung di dalam kaleng atau plastik, lebih baik dibungkus untuk memperlambat pembusukan.

5. Gunakan es balok

Kalau daerah kediaman kamu termasuk sering padam listrik, ada baiknya jika mau memiliki stok balok es agar makanan di kulkas tidak busuk saat sedang mati lampu. Es kering bahkan bisa bertahan lebih lama lagi daripada es biasa.

6. Hitung durasi padamnya listrik dan jaga temperatur kulkas

Daging dan seafood yang masih mentah kemungkinan bisa busuk jika sudah berada di atas suhu 4° Celcius selama lebih dari dua jam. Oleh karena itu, ada baiknya jika kamu menghitung sudah berapa lama waktu yang terlewat sejak listrik padam dan selalu pastikan kulkas kamu masih bertahan di suhu standar.

7. Pastikan bahan makanan tidak basi dengan mengendus baunya dan melihat warnanya

Tanpa perlu dilatih, sebenarnya hidung manusia sudah bisa membedakan mana makanan yang masih layak dan mana yang sudah harus dibuang, seperti bau asam, amis, dan sebagainya. Jangan ambil risiko kalau kamu sudah mencium aroma basi dari bahan makanan yang kamu simpan di kulkas. Lebih baik langsung buang agar tidak merusak bahan-bahan makanan lainnya.

8. Hati-hati dengan daging beku

Daging yang sudah busuk tetap kurang layak untuk dimakan meskipun sudah dibekukan saat listrik mulai menyala lagi. Pokoknya, pastikan kulkas tetap bertahan di bawah suhu 4° Celcius saat listrik sedang padam.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu aplikasikan kepada bahan makanan di kulkas kalau listrik sedang padam. Pokoknya, jangan sampai kamu keracunan makanan cuma karena lalai dalam bertindak saat listrik sedang padam.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Idham Nur Indrajaya
Gak Punya Quote Nih!
SHARES