Biar Jiwa Senimu Makin Terasah, 7 Cara Otodidak Ini Bikin Kamu Makin Jago!

unsplash.com

Setiap orang terlahir dengan bakat yang berbeda-beda. Mesipun bakat adalah bawaan sejak lahir, namun bakat itu tidak akan berguna atau berfungsi sepenuhnya jika tidak diasah. Makanya, akan sangat disayangkan jika ada seorang anak yang memiliki jiwa seni dalam dirinya, tapi tidak dilatih untuk mengembangkan kemampuannya.

Apalagi jam pelajaran seni di sekolah porsinya sangat sedikit dibanding pelajaran lainnya. Oleh karena itu, tanpa harus bergantung dengan pendidikan formal. Setiap orang yang unggul di bidang seni harus bisa menemukan wadah pengembangan bakatnya secara maksimal yang mungkin bisa dilakukan secara otodidak.

Di bawah ini, kamu bisa membaca beberapa tips sederhana untuk mengasah bakat seni apa dalam diri kamu yang selanjutnya bisa dikembangkan lebih jauh. Nah, langsung aja yuk, kita kepoin di bawah ini!

1. Temukan gayamu sendiri

jeihanism.blogspot.com

Sebagai seorang seniman, kamu harus bisa menemukan karakteristik tersendiri dalam menciptakan karya, seperti seorang seniman asal Bandung bernama Jeihan yang selalu menggambarkan orang-orang di lukisannya dengan mata yang seluruhnya berwarna hitam kelam. Untuk menggali hal tersebut, kamu harus sering-sering membuat karya.

2. Tidak menjadi masalah jika pada awalnya kamu sering meniru gaya orang lain

pixabay.com

Karakteristik dalam berseni bukanlah suatu hal yang dapat ditemukan begitu saja. Maka dari itu, tidak masalah jika pada awalnya kamu selalu mengimitasi gaya para seniman lain yang digemari oleh kamu. Lama-kelamaan, jika kamu terus konsisten untuk berkarya, kamu akan menemukan karakteristik pribadi kamu yang berbeda dari gaya orang lain.

3. Tentukan subjek yang seringkali menarik perhatian kamu

m.metrotvnews.com

Karya seni biasanya memuat topik yang diadaptasi dari subjek di dunia nyata. Misalnya, band Seringai yang kerap mengangkat isu sosial politik dalam setiap lagunya. Dalam seni rupa, kamu mungkin bisa memilih apakah kamu lebih suka menggambar orang, pemandangan, subjek yang bersifat abstrak, dan lain sebagainya.

4. Cari medium yang paling nyaman untuk kamu gunakan
drawingofsketch.com

Medium adalah hal yang sangat berpengaruh terhadap dimensi bentuk dalam karya yang kamu ciptakan. Apakah kamu orang yang suka menggambar dengan pensil atau cat.

Di bidang musik pun kamu harus menentukan instrumen yang menjadi andalan kamu, entah itu gitar, vokal, atau bass. Kamu juga bisa menentukan apakah kamu memiliki bakat seni yang lebih mudah dituangkan dalam medium analog atau digital.

5. Tentukan cara bekerja yang paling nyaman untuk kamu
www.burton.com

Untuk membangun mood yang baik saat sedang berkarya, biasanya orang-orang akan memilih cara bekerja yang paling nyaman bagi dirinya masing-masing. Mungkin kamu adalah tipe orang yang bisa lebih mudah mendapat inspirasi saat kamu mendengarkan musik atau sebaliknya.

Mungkin juga kamu orang yang senang berkarya di tengah keramaian untuk menggali inspirasi. Seorang penulis asal Amerika bernama Ray Bradburry pernah mengatakan bahwa dirinya tidak pernah menentukan spesifikasi alur cerita dalam fiksi yang ditulisnya. Cara kerja yang dipraktikkan oleh dirinya adalah dengan sekadar menciptakan tokoh dan membiarkan tulisan terjalin dengan sendirinya. Seakan-akan dia memberi hak kepada setiap tokoh dalam ceritanya untuk menentukan cerita bagi dirinya sendiri.

6. Tentukan pandangan atau gagasan apa yang hendak kamu sampaikan kepada orang

illusion.scene360.com

Seorang seniman Spanyol bernama Isaac Cordal selalu menuangkan pandangannya terhadap pemerintahan dengan membuat patung-patung berukuran mini yang merepresentasikan para pejabat. Patung-patung yang dibuatnya itu selalu disebarkan begitu saja di wilayah perkotaan agar para pejalan kaki bisa melihatnya.

Apa yang dilakukannya itu membuktikan bahwa gagasan yang hendak kita sampaikan pun akan berpengaruh terhadap bagaimana karya seni itu dipresentasikan kepada orang-orang. Oleh karena itu, sangat penting bagi para seniman untuk mengekspresikan gagasan tertentu melalui karya-karyanya.

7. Yang terakhir, tentukan apa alasanmu membuat karya

kimballstarr.com

Kamu bisa bertanya kepada diri kamu sendiri terkait dengan apa alasan kamu dalam berkarya? Apakah untuk mencari nafkah? Untuk menyampaikan kritik terhadap suatu hal? Atau untuk sekadar bersenang-senang. Dengan mengetahui alasan itu, kamu pun akan lebih termotivasi untuk terus menciptakan karya dan turut membantu perkembangan karakteristik kamu dalam berseni.

Itulah beberapa tips sederhana yang bisa kamu lakukan untuk mengasah bakat seni dalam diri kamu. Sebenarnya, jika kita mau menelusuri lebih jauh, tentunya ada sangat banyak berbagai hal yang bisa kita lakukan untuk mengasah jiwa seni dalam diri kita. Namun, tips-tips di atas merupakan langkah awal yang bisa kamu lakukan. Selamat mencoba!

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Sering Susah Tidur? 12 Kebiasaan Ini Bisa Bikin Istirahat Malammu Lebih Berkualitas

Sering Susah Tidur? 12 Kebiasaan Ini Bisa Bikin Istirahat Malammu Lebih Berkualitas

Jangan Panik! Saat Gempa Bumi Terjadi, Lakukan 7 Tips Ini Untuk Menyelamatkan Diri

Jangan Panik! Saat Gempa Bumi Terjadi, Lakukan 7 Tips Ini Untuk Menyelamatkan Diri

Kaus Polos Numpuk di Lemari? Contek Inspirasi Style yang Anti Ribet Ini Deh!

Kaus Polos Numpuk di Lemari? Contek Inspirasi Style yang Anti Ribet Ini Deh!

Memutuskan Kuliah di Luar Negeri? Ini Dia Persiapannya, dari Nol sampai Tuntas

Memutuskan Kuliah di Luar Negeri? Ini Dia Persiapannya, dari Nol sampai Tuntas

Buat Anak Kos, Ini 6 Cara Mengatur Keuangan Biar Bertahan di Akhir Bulan!

Buat Anak Kos, Ini 6 Cara Mengatur Keuangan Biar Bertahan di Akhir Bulan!

Mau Tetap Sehat dan Cantik Alami? Coba 10 Resep Mujarab Warisan Leluhur Ini!

Mau Tetap Sehat dan Cantik Alami? Coba 10 Resep Mujarab Warisan Leluhur Ini!

loading