Biar Flawless Tanpa Jerawat, Ini Dosa Tak Termaafkan Saat Mencuci Muka yang Harus Dihindari!

25 Juni 2018
|Galih Wisnu Brata
1.3 KSHARES

Setiap hari kita pasti mencuci muka. Kegiatan yang biasa kita lakukan ini rasanya sudah jadi salah satu kewajiban yang harus ditunaikan setiap harinya. Debu, kotoran, dan minyak akan terangkat sehingga wajah terasa segar dan bersih. Tapi ternyata banyak lho yang masih melakukan kesalahan saat mencuci muka. Kesalahan-kesalahan tersebut justru alih-alih membuat kulit kinclong, tapi justru menimbulkan jerawat. Kamu melakukan kesalahan-kesalahan ini nggak, Girls?

1. Cuci muka dengan telapak tangan kotor

Seringkali kita mencuci muka tanpa mencuci tangan terlebih dahulu. Padahal, tangan kita sudah menyentuh segala benda dan terkontaminasi berbagai macam bakteri dan kotoran. Dengan begitu, sama saja kita memindahkan bakteri dan kotoran tersebut dari tangan ke wajah kita. Duh, sumber jerawat tuh!

2. Menggunakan sembarang sabun muka

Iklan sabun muka yang muncul di televisi menampilkan sosok bintang dengan wajah yang cemerlang. Kita yang menontonnya pun jadi mudah terpesona. Alhasil, produknya kita pilih untuk mencuci muka tanpa benar-benar mencermati komposisinya dan kegunaannya. Nah, pembersih wajah yang nggak cocok ini nih yang sering bikin masalah baru pada kulit kita.

3. Membilas dengan terburu-buru

Ketika kita membilas wajah dengan buru-buru, kotoran yang ada di wajah kita tidak bisa terangkat secara maksimal. Sebaiknya, kita bilas dengan sedikit memijat wajah. Beri pijatan terutama pada bagian yang paling banyak mengeluarkan minyak. Dengan begini, kita nggak hanya membersihkan permukaan kulit tapi juga melancarkan peredaran darah di wajah.

4. Menggosok muka

Menggosok wajah dengan terlalu kasar dapat menarik kulit wajah sehingga bisa mengakibatkan elastisitas kulit wajah menurun dan berakhir pada munculnya kerutan halus di wajah. Sebenarnya kita tidak perlu menggosok wajah untuk mengeringkannya, cukup tunggu saja hingga wajah kering sendiri. Atau kalau kamu nggak betah, coba deh keringkan dengan hanya menepuk lembut kulit wajah menggunakan handuk microfiber yang lembut.

5. Tidak memakai pelembab

Setelah mencuci wajah, sebaiknya kita menggunakan toner untuk menyeimbangkan kembali Ph kulit dan pelembap. Oleskan pelembab setelah wajah kering tapi masih cukup lembap. Hal ini dapat mengunci kadar air dalam kulit sehingga kulitmu akan lebih kenyal dan sehat sepanjang hari. Ingat, pelembap bukan hanya untuk yang berkulit kering. Kulit berminyak pun harus menggunakan pelembap karena seringkali kadar minyak berlebih di wajah justru disebabkan oleh kulit kita yang sedang kering.

Jangan lupa untuk memijat wajah secara perlahan saat mengaplikasikan pelembap. 

6. Memakai air dengan suhu yang salah

Banyak yang bilang mencuci wajah dengan air panas dapat membuka pori-pori. Sebaliknya, mencuci wajah dengan air dingin dapat menutup pori-pori. Dua anggapan tersebut ternyata salah karena pori-pori tidak memiliki otot untuk membuka dan menutup. Sebaiknya, gunakan air dengan suhu suam-suam kuku untuk mencuci wajah.

7. Terlalu sering cuci muka

Siapa bilang sering mencuci wajah itu baik? Justru dengan sering mencuci wajah, kulit akan menjadi kering dan menipis. Sebaiknya, cuci wajah maksimal dua kali dalam sehari pada pagi dan malam hari. Jika terasa gerah, kamu bisa membilas wajah dengan air saja atau menyemprotkan face mist ke wajah.

8. Tidak membersihkan make up terlebih dahulu

Sebelum mencuci wajah, hapuslah makeup dengan makeup remover terlebih dahulu. Dengan begitu, makeup yang menempel di pori-pori akan mudah tersapu oleh air. Kalau kamu langsung cuci muka tanpa bersihkan makeup, pasti masih banyak residu makeup yang bisa menyumbat pori-pori deh.

9. Menggunakan handuk yang terlalu kasar

Hindari mengeringkan wajah dengan handuk kasar. Gunakan handuk yang bertekstur halus agar wajahmu tidak iritasi. Selain itu, bedakan handuk wajah dan handuk badan. Dengan begitu, bakteri tidak akan menempel ke wajah.

 

Nah coba cek lagi rutinitas mencuci muka kalian, apakah masih melakukan kesalahan-kesalahan di atas? Kalau iya, segera hentikan dan perbaiki ya, Girls!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Galih Wisnu Brata
"memahami karena menjalani"
1.3 KSHARES