Biar Doi Nggak Sakit Hati, Inilah 6 Cara Menolak Cintanya Secara Halus

17 September 2017
|Naftalia Inge Fabian
453SHARES

Pernah nggak sih kalian ngerasain nggak pengen nerima pernyataan cinta dari seseorang? Yah, memang yang namanya cinta itu nggak bisa dipaksain ya, guys. Kalau memang nggak sayang, mau seganteng, secantik, atau sekeren apapun mereka, ya tetep nggak bisa dijalani bareng. Tapi terlepas dari itu, kadang-kadang kita takut untuk menyatakan bahwa kita menolak cinta mereka. Entah perasaan nggak enak atau takut melukai, kita justru akan dianggap sebagai seorang pemberi harapan palsu apabila kita nggak segera memberikan statement penolakan itu. Sebenernya gampang kok guys buat memberikan penolakan yang nggak menyinggung perasaan mereka. Gimana caranya? Baca dulu yuk disini.

1. Sertakan kata maaf

Biarpun sebenernya kamu nggak salah apa-apa, dengan menggunakan kata maaf kamu akan mengurangi sedikit perasaan tertolak pada diri seseorang yang sudah menyatakan cintanya padamu. Kata maaf itulah yang juga akan menjaga image baik kamu agar tidak dicap sebagai orang yang tidak memiliki hati. Karena apa yang kita kira nggak berharga, bisa saja jadi sangat berharga bagi orang lain. Seperti halnya kata maaf bukan?

2. Tidak bertele-tele

Pada umumnya, seseorang yang sudah mengutarakan perasaannya kepada kalian pastilah menunggu yang namanya sebuah jawaban. Kalaupun kalian nggak bisa menerima mereka dengan alasan apapun, sudah menjadi kewajibanmu untuk sesegera mungkin memberikan pernyataan tentang keputusan yang kamu ambil. Jangan biarkan mereka menunggu terlalu lama untuk sebuah jawaban tidak.

3. Berikan alasan

Segala hal terjadi untuk sebuah alasan bukan? Demikian pula dengan keputusan kamu untuk tidak menerima cinta seseorang. Pasti ada sebuah alasan di baliknya, entah karena memang nggak sayang, alasan pendidikan, restu orang tua, dan masih banyak alasan lainnya. Tapi apapun itu, doi berhak dong mendapat penjelasan dari penolakan kamu. Tujuannya supaya nggak ada salah paham di antara kalian. 

4. Tempat yang tepat

Bilamana kamu akan mengutarakan penolakan cinta dengan bertatap muka langsung, jangan sampai salah memilih tempat ya, guys. Akan lebih baik ketika tempat yang kita gunakan untuk bertemu dengan doi adalah tempat yang nyaman dan tidak terlalu ramai. Nggak lain nggak bukan, tujuannya agar privasi kalian tetap terjaga dengan baik, sekaligus mengurangi resiko tatapan dari orang-orang sekitar kalau-kalau doi ngamuk. Hehehe.

5. Jangan menyalahkan

Ada banyak kasus percintaan di antara dua orang yang kerap bertemu dan berkomunikasi. Ujung-ujungnya, ketika salah satu pihak nggak merasakan perasaan yang sama, mereka akan cenderung saling menyalahkan. Baik menyalahkan doi yang baper, ataupun menyalahkan kamu yang dinilai terlalu memberikan perhatian lebih. Duh, jangan sampai kayak gini ya guys. Hadapi dengan santai dan dewasa. Nggak ada yang salah, kok.

6. Jangan menghindar

Rasa canggung pasti ada setelah kita sama-sama tau tentang perasaan masing-masing. Jika memang nggak ada jalan buat bersatu, usahakan untuk tetap menjaga hubungan baik dengan doi. Asalkan tetap tau batasan ya, jangan sampai kamu justru menghindar dari doi. Itu bakalan lebih menyakitkan lho daripada waktu kamu menolaknya. Tapi ingat, jangan berlebihan. Jalin hubungan pertemanan yang sehat dan selayaknya teman biasa.

Seseorang mungkin bisa merasakan cinta pada siapa saja dan karena hal apa saja, tapi seseorang juga bisa tidak merasakan hal yang sama dengan yang kita rasakan. So, apapun yang terjadi, berusahalah untuk menjaga perasaan masing-masing, toh nggak ada yang salah kok kalau kamu mencintai atau nggak mencintai.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Naftalia Inge Fabian
"Work hard, play hard. Stay young!"
453SHARES