Biar Dinding Ruangan Paripurna Lucunya, 10 Dekorasi Ini Kudu Dicoba Sekarang!

11 Maret 2018
|Dwi Ayu Silawati
101SHARES

Jika kamu punya banyak stok foto atau gambar di laptop dan smartphone-mu, cobalah untuk menyulapnya menjadi dekorasi dinding yang lucu. Ini bisa membuat fotomu berguna sekaligus bikin kamar atau ruangan di rumahmu semakin meriah.

Nggak hanya lucu, kamu juga bisa bikin ruanganmu ini sebagai spot favorit untuk sekadar bersantai, atau bisa jadi photo corner favoritmu!

Bayangkan bangun tidur dengan pemandangan indah di dindingmu pasti bikin kamu semangat, nggak kalah indah dengan pemandangan bukit atau bunga di halaman. Simak beberapa inspirasi ide dekor dinding dengan foto yang sudah terangkum berikut ini ya. 

1. Nuansa hitam putih elegan

Kalau kamu tipe orang yang suka dengan desain minimalis, cobalah mencetak fotomu dengan efek hitam putih. Itu akan memberikan sentuhan elegan di kamar atau ruanganmu. Apalagi jika warna dinding dan furniturmu perpaduan warna monokrom seperti hitam, putih, dan abu-abu. 

2. Aksen warna terang di ruangan yang serba putih

Meskipun furniturmu kebanyakan berwarna netral seperti putih atau hitam, bukan berarti kamu harus menyesuaikan foto atau gambarmu menjadi hitam putih pula. Kamu bahkan bisa membuat kamarmu makin berwarna dengan memberikan aksen warna cerah melalui foto-fotomu tadi. 

3. Sesuaikan warna foto atau gambar dengan warna furnitur

Tips selanjutnya untuk kamu yang ingin menghias dinding dengan kolase foto adalah memilih warna yang serasi antara foto, gambar, atau lukisan mana yang akan kamu pajang dengan furnitur yang sudah kamu punya. Dengan begitu, kamar atau ruanganmu nggak akan terlihat alay karena terlalu banyak warna yang bertabrakan. Pun ruanganmu nggak akan terlihat monoton dengan warna netral saja. 

4. Tanpa frame pun bisa juga

Untuk kamu yang malas beli frame, nggak masalah kamu bisa langsung menempelkan fotomu di dinding kamar seperti poster menggunakan pines atau perekat khusus yang tidak berbekas. Kamarmu pun akan kelihatan artsy bagaikan studio musik. 

5. Gunakan rak khusus pigura untuk mengurangi penggunaan paku

Memasang pigura dengan paku akan membuat dindingmu berlubang. Kamu bisa menguranginya dengan menggunakan rak khusus pigura, yaitu rak panjang, tidak terlalu lebar dan memiliki pembatas di bagian pinggirnya untuk menyangga piguramu. 

6. Pigura kayu yang memberikan sentuhan vintage

Kalau kamu suka dengan hal-hal vintage dan klasik, coba gunakan pigura kayu yang hanya menggunakan varnish sebagai finishing-nya sehingga kesan kayunya masih terlihat jelas. 

7. Tidak punya banyak stok foto, manfaatkan majalah atau poster bekas

Kalau kamu tidak punya cukup stok foto untuk memenuhi dindingmu, nggak masalah cobalah mencari gambar unik dari majalah bekas atau poster yang bisa kamu cetak dari internet. 

8. Hati-hati dengan warna atau nuansa foto jika menempelkan gambar pada dinding yang berwarna

Kalau kamu menempelkan gambar di dinding berwarna putih, kamu nggak perlu repot memikirkan apakah gambar ini cocok atau tidak ditempel di dinding. Warna putih sangat netral dan akan sangat cocok ditempeli foto dengan berbagai model dan warna. Lain halnya kalau kamu akan menempel di dinding berwarna, sebaiknya kamu mencoba dulu mendekatkan gambarmu pada dinding, dan lihat apakah ia bisa sesuai dengan warna dindingmu. 

9. Tidak perlu terlalu banyak foto

Kamu juga tidak perlu memaksakan diri untuk memenuhi dindingmu dengan banyak foto. 2 atau 3 foto pun mampu menghias dindingmu dengan baik. Coba pilih gambar-gambar yang berkaitan satu sama lain atau setidaknya punya nuansa yang sama. Sederhana dan elegan jadinya. 

10. Buat layout yang geometris untuk menampilkan kesan rapi dan minimalis

Lagi-lagi, kalau kamu ingin kesan rapi dan minimalis, cobalah memilih pigura dengan ukuran dan model yang sama. Tidak masalah jika ukuran fotomu berbeda, yang penting piguranya saja. Kamu tidak perlu memaksakan diri untuk membentuk tata letak pigura yang tidak teratur ukurannya jika kamu tidak suka. 

Semoga inspirasi tentang hiasan dinding dari foto di atas bisa memberikan pencerahan, ya. Lumayan untuk mengisi waktu senggangmu di akhir pekan misalnya. Selamat berkreasi! 


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Dwi Ayu Silawati
"You'll move people by being loyal to your own dreams"
101SHARES