Bercita-cita Pingin Jadi Vlogger Terkenal? Ikuti Saja 8 Wejangan dari Ahlinya Ini

unsplash.com

Vlogger dan filmmaker bisa dibilang merupakan ladang pekerjaan favorit yang banyak digandrungi para potensi muda kreatif di seluruh dunia. Termasuk juga di tanah air. Salah satu kunci menjadi vlogger yang sukses tentunya konten yang menarik, mendidik, informatif dan nggak kalah penting harus indah di pandang mata.

Makanya, teknik pengambilan gambar dan segala pengetahuan sinematografimu juga perlu dilatih jika kamu ingin jadi vlogger atau filmmaker handal. Nggak boleh sembarangan!

Nah, berikut ini YuKepo sudah merangkumkan beberapa tips berguna yang bisa kamu praktikkan. Pssst, ada wejangan dari banyak tokoh film terkenal juga, lho. Termasuk juga sutradara yang terkenal di dunia!

1. Damien Chazelle: tidak ada ruang untuk scene yang buruk

www.latimes.com

Sutradara film La La Land (2016) ini mengatakan kalau dalam proses pembuatan filmnya ia tidak akan membiarkan ada scene kurang bagus di dalamnya, terutama pada awal dan akhir film. Harus ada sesuatu yang mengena dan membuat orang terpukau dari awal hingga akhir. 

2. Mel Gibson: konsisten

variety.com

Mel Gibson yang berhasil memenangkan Oscar dengan film garapannya Hacksaw Ridge menyatakan bahwa kunci dari kesuksesan di bidang perfilman adalah konsistensi. Tetap berkarya meskipun rasanya sulit, meskipun rasanya dunia tidak mendukungmu atau meskipun kelihatannnya industri ini kelak makin sepi. Selama ada ide tetap lakukan apa yang hatimu inginkan. 

3. Casey Neistat: peralatan canggih bukan kunci video bagus

variety.com

Salah satu vlogger kenamaan dunia ini membeberkan bahwa ia memulai pembuatan videonya dengan gadget sederhana, dan terus melakukan upgrade secara bertahap ketika ia mulai bisa mendapatkan uang dari karyanya.

Menurutnya, kebanyakan kamera hanya memiliki selisih kemampuan yang jauh lebih sedikit dibanding selisih harganya. Cerita dan pengemasan yang menarik adalah kunci dari kesuksesan vlog miliknya.  

4. Kevin Hendrawan: bikin script, biar videomu nggak garing
www.famous.id

Vlogger kenamaan Indonesia ini punya tips jitu untuk kamu yang tertarik jadi vlogger. Sekalipun hanya vlog, kamu harus mempersiapkan script dan melatihnya matang-matang, terutama bagi pemula. Sama seperti proses pembuatan film, script berguna menyusun konten yang akan kamu tampilkan dalam video atau film kamu. Itu akan membuatmu terlihat profesional jadi nggak ada gap yang terlalu lama antara pembicaraan satu dengan yang lainnya saking gugupnya.

5. Denis Villeneuve: mulai dengan hal yang nyata
www.geekgirlauthority.com

Menurut sutradara film Arrival (2016), cara paling ampuh untuk menjadi filmmaker dan vlogger adalah mendokumentasikan hal-hal yang ada di sekitarmu terlebih dahulu.

Katanya, “Ambil kameramu, pergi ke luar rumah, dan rekam hal-hal menarik yang kamu temui”.

Dengan begitu, instingmu akan terasah baik secara teknis pengambilan gambar juga saat-saat tepat untuk mengambil momen-momen tertentu. 

6. Barry Jenkins: tetap aktif melalui proyek-proyek kecil

www.moviematrimony.com

Meskipun kamu belum mendapatkan Ilham untuk membuat film, cobalah melakukan proyek kecil-kecilan. Misalnya saja seperti daily vlog, film pendek, iklan, dan apapun yang bisa membuatmu tetap sibuk tetapi berguna untuk masa depanmu. Itu sekadar saran jika kamu masih mau terus bekerja di industri perfilman dan grafis bergerak.

7. Barry Jenkins: banyak membaca

www.sfgate.com

Masih dari sutradara yang naik daun karena film Moonlight (2016), Bankins menyatakan kalau sebagai vlogger dan filmmaker kamu harus banyak membaca. Tidak hanya menonton banyak film dan video, membaca akan memberikan kamu lebih banyak ide cerita yang pastinya akan membuat filmmu tidak hanya ciamik dari segi sinematografi tetapi juga dari alur cerita yang berkualitas. 

8. Kenneth Lonnergan: biasakan diri dengan kritikan orang lain

www.indiewire.com

Sebagai seorang yang berkarya di industri kreatif sutradara yang sukses dengan film Manchester By The Sea (2016) ini mengaku kalau dia harus jadi orang yang tahan banting.

Artinya, tidak hanya berkorban waktu, tenaga, dan pikiran, kamu pun harus mempersiapkan diri akan kritik dari orang lain. Belajarlah untuk menghadapi kritik dengan profesional, saring mana yang bermanfaat untuk kemajuan karyamu dan mana yang tidak. Jangan keras kepala juga, siapa tahu kritik itu bisa membuat karyamu lebih baik, tetapi jangan sampai juga kritik menggoyahkan gaya dan pendirianmu. 

Ternyata inti dari vlog dan film adalah cerita dan pengemasan yang menarik, jangan jadikan alat sebagai alasan untuk karyamu yang terhambat. Semua dimulai dengan ide dan kemauan. Jadi, siap mencoba peruntungan di dunia vlogging dan filmmaking? 

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Bosen Posting Selfie Melulu? Mending Cobain Plandid Deh, Terobosan Baru buat Foto Kece!

Bosen Posting Selfie Melulu? Mending Cobain Plandid Deh, Terobosan Baru buat Foto Kece!

Sering Bengong dan Hilang Fokus? Lakuin 5 Cara Ini Buat Tingkatkan Konsentrasimu

Sering Bengong dan Hilang Fokus? Lakuin 5 Cara Ini Buat Tingkatkan Konsentrasimu

Serai: Murah Meriah dan Bikin Enak, Ternyata Ini 7 Manfaat Tak Terduganya

Serai: Murah Meriah dan Bikin Enak, Ternyata Ini 7 Manfaat Tak Terduganya

Nggak Cuma buat Gigi, 10 Kegunaan Lain Odol Ini Wajib Diberdayakan Umat Manusia

Nggak Cuma buat Gigi, 10 Kegunaan Lain Odol Ini Wajib Diberdayakan Umat Manusia

Kunyah 8 Makanan Ini untuk Membuang Racun Berbahaya dari dalam Tubuhmu. Kuy!

Kunyah 8 Makanan Ini untuk Membuang Racun Berbahaya dari dalam Tubuhmu. Kuy!

Perut Sering Kembung? Cobain 10 Cara Simple Ini, Biar Cepet Bablas Angine!

Perut Sering Kembung? Cobain 10 Cara Simple Ini, Biar Cepet Bablas Angine!

loading