Benarkah Depresi Bisa Menular? Inilah 7 Tips Mudah Menghindari dan Mengatasi Depresi

22 Juli 2017
|Olphi Disya
5.6 KSHARES

Akhir-akhir ini, media ramai dengan pemberitaan kasus bunuh diri yang dialami oleh publik figur. Sebenarnya, awal mula keiginan untuk bunuh diri diawali dengan pengalaman stressful yang kemudian berkembang menjadi depresi. Faktanya, depresi merupakan gangguan psikologis yang bisa ‘menular’, lho! Bukan menular seperti infeksi virus, namun dapat dialami siapa saja yang disebabkan oleh faktor genetik, tingkat stres, dan juga faktor lingkungan. Depresi juga merupakan gangguan psikologis yang sangat serius. Lalu, gimana ya cara menghindari depresi dan mengatasinya?

1. Gaya hidup yang sehat

Oke, mungkin tips yang satu ini terdengar mainstream dan sepele ya, namun sebenarnya memiliki gaya hidup yang sehat memang terbukti mengurangi potensi untuk terkena depresi, lho. Gaya hidup sehat antara lain tidur dengan waktu yang cukup dan berkualitas, makan makanan yang bergizi, serta berolahraga rutin. Depresi terjadi ketika pikiranmu sulit untuk berpikir jernih, emosi yang tidak stabil, dan hal tersebut juga berdampak pada kesehatan tubuhmu. Dengan menerapkan gaya hidup sehat, kamu bisa lebih mudah mengatasi kondisi stres sehingga terhindar dari depresi.

2. Batasi aktivitas sosial media dan dunia maya

Memang zaman sekarang segalanya serba digital. Bahkan, hidup kita pun banyak dihabiskan dengan berselancar di dunia maya dan aktif di media sosial. Menurut sebuah penelitian, meningkatnya aktivitas di media sosial justru akan berpotensi untuk mengalami depresi dan penurunan self-esteem. Hal ini terjadi karena ketika di media sosial, orang lain dapat mengetahui dan menilai diri kita berdasarkan apa yang kita bagikan di media sosial. Dari situ orang lain dapat memberikan komentar positif maupun negatif yang berdampak pada self-esteem kita. Jadi, nggak heran kalau semakin populer seseorang di media sosial, maka semakin berpotensi pula ia untuk mengalami depresi.

3. Lingkaran pertemanan yang positif

Agar terhindar dari depresi, kita butuh orang-orang terdekat yang suportif. Dengan adanya “support system” di sekitar kita, kita jadi punya tempat berbagi dan merasa nggak sendirian hidup di dunia ini. Orang-orang terdekat kita bisa dari keluarga atau lingkaran pertemanan yang positif, yakni mereka yang selalu membawa kita ke dalam keadaan yang terhindar dari kondisi stres. Maka dari itu, berinteraksi dan selalu terkoneksi dengan orang-orang terdekat akan membuatmu lebih mudah terhindar dari perasaan sedih berlebihan atau mudah menyerah. Terlebih kedekatan dengan orang-orang yang suportif ini dilakukan secara langsung, bukan melalui dunia maya.

4. Minimalisir konsumsi zat adiktif

Sebenarnya, zat adiktif ada berbagai macam, dari yang sering kamu konsumsi hingga zat adiktif yang tergolong berbahaya. Nikotin dalam rokok bersifat adiktif sehingga akan mempengaruhi kesehatanmu. Zat ini akan mempengaruhi sistem peredaran darah yang membuat kamu jadi lebih mudah untuk mengalami depresi. Rokok, alkohol, dan narkoba mungkin memberikan efek tenang sesaat. Namun, ketika dikonsumsi secara berlebihan tentu akan membawa efek negatif jangka panjang. Rokok, alkohol, dan narkoba bukan solusi justru akan membuatmu semakin menderita!

5. Minimalisir stres dan pemicunya

Situasi yang stressful memang sulit untuk dihindari, tapi bukan nggak mungkin untuk diminimalisir. Beberapa di antaranya adalah dengan mengantisipasi kejadian yang memicu stress, menyelesaikan masalah dengan cara yang matang, bermeditasi, dan hindari bergaul dengan “toxic people” atau yang memberi dampak negatif di hidupmu. Misalnya, mereka yang suka ngomongin kamu di belakang atau yang kerap mem-bully kamu. Masih banyak orang-orang yang sayang dan mendukung kamu, kok.

6. Punya tujuan dan rencana hidup

Ketika kamu memiliki tujuan hidup, kamu akan termotivasi untuk terus betahan hidup meski badai menerpa. Begitu pun ketika kamu memiliki rencana dalam hidup. Entah itu yang sifatnya jangka panjang maupun jangka pendek, hidupmu akan lebih tertata. Hidup yang lebih tertata dan tahu apa yang harus dilakukan saat keadaan krisis akan lebih mudah bangkit saat mengalami momen stressful sehingga terhindar dari depresi. Bahkan, ketika mengalami depresi, seseorang yang memiliki tujuan dan semangat melanjutkan hidup nggak akan kepikiran untuk bunuh diri.

7. Segera ke ahlinya

Langkah ini adalah hal yang wajib kamu lakukan ketika kamu merasa stress sehingga membutuhkan orang lain untuk membantumu meringankan pikiranmu. Jangan ragu untuk mengonsultasikannya ke psikolog, psikiater, atau konselor. Nggak perlu khawatir dengan anggapan orang lain, yang penting lakukan demi kebaikanmu. Segera ke ahlinya meski kamu merasa semua bisa berlalu dengan sendirinya. Jangan sampai depresimu menjadi semakin kronis sehingga akan lebih sulit untuk ditangani.

Sebenarnya, ada langkah-langkah yang lebih kompleks yang harus kamu tempuh untuk bisa benar-benar terhindar dari depresi. Semuanya akan bergantung pada ketahanan mental dan pengelolaan emosi. Hal itu merupakan hasil dari perkembangan kita dari kecil hingga saat ini. Oleh karena itu, stay sane ya! Jangan ragu untuk berkonsultasi ke ahlinya.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Olphi Disya
"Upcoming psychologist. Awesome weirdo."
5.6 KSHARES