Belanja Buah dan Sayur Juga Ada Ilmunya. Jangan Sampe Rugi, Yuk Praktikkan Tipsnya

26 Februari 2018
|Dwi Ayu Silawati
43SHARES

Buat kamu para anak rantau, jangan melulu beli gorengan dan keripik yang kaya akan micin untuk camilan. Coba ganti camilanmu dengan yang jauh lebih sehat, seperti buah-buahan dan sayuran. Segar, kaya serat, dan nggak bikin gendut.

Eitsss, tetapi tak dipungkiri sebagai anak rantau yang jauh dari orangtua kita biasanya belum punya kemampuan belanja bahan makanan segar layaknya ibu-ibu, benar 'kan?

Makanya simak tips memilih buah dan sayur yang berkualitas bagus berikut saat belanja, supaya kamu nggak rugi.

1. Alpukat

Lebih baik kamu membeli alpukat yang belum matang jika tidak kamu makan pada hari yang sama. Alpukat akan matang setelah beberapa hari setelah dipetik dari pohon, tandanya ia akan sedikit melunak ketika ditekan. Hati-hati tidak semua alpukat matang ketika berwarna ungu atau kehitaman, beberapa tetap berwarna hijau, Jadi jangan menunggu sampai berwarna hitam, bisa jadi dia malah membusuk.

2. Nanas

Pilih nanas dengan warna kulit yang kuning keemasan, itu menandakan dia sudah matang dan siap disantap. Kamu juga bisa mencium baunya, nanas yang tidak berbau, berarti belum matang.

3. Apel

Pilih apel dengan kulit mulus dan tidak memiliki bintik atau luka. Pilih juga yang teksturnya masih keras, apel yang mulai lunak biasanya sudah mendekati busuk.

4. Paprika

Buat kamu para penggemar paprika, nggak perlu repot-repot pilih bentuk paprika yang simetris, cukup yang punya kulit mengkilap dan bersih. Paprika kuning biasanya lebih mahal daripada paprika hijau dan merah.

5. Anggur

Untuk memilih anggur yang manis, pilihlah yang warnanya kemerahan atau hijau agak kekuningan. Jangan pilih anggur hijau mendekat putih atau anggur berwarna ungu gelap mendekati biru, itu yang memang berasa asam biasanya digunakan untuk pembuatan wine.

6. Stroberi

Stroberi mulai sering kita jumpai di pasar, tetapi memang stroberi di Indonesia jarang yang rasanya manis, lebih dominan asam. Untuk memilih stroberi perhatikan kulitnya, jangan memilih yang sudah muncul tanda-tanda putih seperti jamur.

Biasanya penjual yang sudah mempacking stroberi dalam kotak-kotak mika menutupinya dengan meletakkan bagian yang sudah berjamur di bagian bawah agar tak terlihat. Akali dengan melihat bagian bawah mika atau kertas alasnya. Jika kertas alas sudah menunjukan tanda-tanda basah, berarti sudah ada stroberi yang busuk di dalamnya.

7. Tomat

Tomat yang bagus punya kulit yang mengilap sempurna, kenyal, dan tidak berkerut. Kerutan menunjukan dia akan segera busuk.

8. Jeruk dan lemon

Untuk mendapatkan manfaat maksimal, pilihlah buah jeruk atau lemon yang berat. Biasanya buah jeruk atau lemon yang berat mengandung lebih banyak vitamin C. Jangan pilih yang sudah terlalu lunak ketika ditekan bagian luarnya.

9. Brokoli

Jangan ambil brokoli yang warnanya mulai menguning, carilah yang warna hijaunya merata. 

10. Wortel

Wortel dengan warna yang pekat memiliki lebih banyak kandungan betakaroten. Jadi, cari yang warnanya pekat, jangan yang terlalu putih.

11. Buncis dan kacang panjang

Jangan pilih kacang panjang dan buncis yang mudah patah ketika kamu pegang atau tarik, tandanya dia sudah tidak lagi segar.  

Semoga berguna ketika kamu belanja ke pasar dan berburu buah dan sayur-sayuran, guys! Jangan asal ambil tapi ujung-ujungnya bikin kamu rugi banyak.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Dwi Ayu Silawati
"You'll move people by being loyal to your own dreams"
43SHARES