Beda Jenis Pasta Beda Pula Cara Mengolahnya, Jangan Sampai Salah!

unsplash.com
Pasta merupakan makanan khas Italia yang telah populer di seluruh dunia. Indonesia juga salah satu negara penggemar pasta. Adonan pasta disebut sebagai pastacuitta. Pastacuitta kemudian dibentuk dengan cara yang khas, dan dimasak dengan cara khusus juga. Maka, tak heran kita akan mengenal beragam jenis pasta yang punya citarasa yang khas pula.
Di Italia, ada sekitar 650 jensi pasta dan setiap tahunnya selalu ada varian pasta baru. Berbeda jenis pasta, berbeda pula lama memasaknya, menu makanannya, dan variasi saosnya.  Nah, daripada repot menghapal seluruh varian pasta, mengapa tidak mencoba mengenal beberapa jenis pasta yang paling terkenal di Indonesia? 

1. Spageti

unsplash.com
Spageti adalah jenis pasta yang paling terkenal di Indonesia. Dengan mudah, orang Indonesia bisa membeli pasta di minimarket, hypermarket, bahkan pasar tradisional. Pasta ini berbentuk seperti tabung yang panjang dan ramping. Salah satu cara penyajian spageti yang terkenal adalah dengan menambahkan bolognese sebagai sausnya. Bolognes adalah saus daging cincang dan tomat yang dimasak berjam-jam lamanya dan ditaburi keju parmesan parut.
Di Italia, spageti bollognese tak lazim ditemukan. Saos daging dan tomat biasanya disebut dengan ragu alla bolognese dan biasanya disajikan dengan pasta jenis tagliatelle, tortellini atau gnocchi, bukan spagetti.

2. Vernicell

www.pratico-pratiques.com
Vernicelle merupakan salah satu pasta tradisional Italia. Bentuknya mirip dengan spagetti namun memiliki ukuran yang lebih pendek dan kecil. Vernicell biasanya diolah bersama dengan seafood atau dijadikan isi sop. 

3. Fusilli

www.taste.com.au
Fusilli sangat populer di Indonesia, dan biasanya digunakan sebagai campuran tumisan baik sayur maupun daging, sup, bahkan digoreng. Fusilli goreng biasanya akan dibubuhi cabai bubuk pedas sebagai perasa.

4. Ravioli

www.greatbritishchefs.com
Ravioli berbentuk kotak bergerigi, hampir menyerupai pangsit atau pastel. Ravioli biasanya diisi dengan daging. Dalam penyajiannya, ravioli biasa disajikan dengan kaldu atau saus keju dan lemon. Namun, di Indonesia, saos tomat lebih sering dijadikan campuran.
5. Cavatappi
id.pinterest.com
Cavatappi memiliki bentuk yang mirip dengan makaroni, namun keduanya merupakan jenis yang berbeda. Bedanya cavatappi dengan pasta jenis lain adalah pasta ini tak menggunakan telur sebagai campuran. Bentuknya yang unik dan bergelombang adalah salah satu cara agar permukaannya dapat menahan saus lebih lama. Cavatappi biasanya disajikan dengan berbagai jenis saos. 
6. Lasagna
www.recipetineats.com
Lasagna berbentuk lembaran tipis yang disusun berlapis. Panjangnya sekitar 27 cm, dan lebarnya 5 cm, sementara lapisannya bisa mencapai  lapis. Lasagna biasanya diisi dengan sayuran, ayam, seafood, daging, dan lain sebagainya. 

7. Macaroni

youtube.com
Macaroni merupakan jenis pasta yang dibuat dari gandum durum (gandum khusus yang biasanya digunakan untuk membuat pasta), dan diolah jadi pasta kering. Bentuknya lurus atau melengkung berlubang. Macaroni memiliki beragam cara pengolahan mulai dari makaroni goreng, sekutel, bahkan sop. 

8. Fettuine

ayearatthetable.com
Fettuuine memiliki bentuk paling unik di antara jenis pasta lain karena bentuknya mirip dengan pita. Nama Fettuine sendiri berasal dari bahasa Italia, yang artinya "pita kecil". Lebarnya sekitar 6,5 milimeter, dan sangat populer sebagai salah satu bahan makanan Romawi. Salah satu yang paling populer adalah memasaknya menjadi fettuine carbonara. 

9. Farfalle

www.fieldandfeast.com
Farfallle memiliki bentuk seperti dasi kupu-kupu. Orang Italia kadang menyebutnya bow-tie pasta. Ukuran farfalle beraneka ragam, namun bentuk kupu-kupu persegi panjang adalah yang paling populer. Farlalle umumnya disajikan dengan saus tomat. 

10. Penne

unsplash.com
Penne memiliki bentuk silinder dan berukuran pendek-pendek. Nama penne berasal dari bahasa Latin 'penna' yang artinya bulu atau pena. Penne sering disajikan menjadi penne carbonara. 
Nah, itu dia beberapa jenis pasta yang populer di Indonesia, sekaligus berbagai cara untuk mengolahnya. Memang, olahan pasta di Indonesia memiliki cita rasa yang khas, tak selalu sama dengan pasta asal Italia. Namun, hal ini justru bisa memperkaya cita rasa kuliner itu sendiri. Buat kamu penggemar pasta, seperti sudah saatnya kamu makin sering menjajal berbagai olahan pasta ini. Ada ratusan pasta yang perlu dicoba, nih!

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Murah dan Unyu-Unyu, 4 Produk Makeup Lokal Ini Dibuat Khusus Untuk Remaja

Murah dan Unyu-Unyu, 4 Produk Makeup Lokal Ini Dibuat Khusus Untuk Remaja

Betis Segede Punyanya Pemain Bola? Cara "Bunglon" Ini Bisa Bantu Menutupinya

Betis Segede Punyanya Pemain Bola? Cara "Bunglon" Ini Bisa Bantu Menutupinya

Jangan Ngaku Pecinta Kopi kalau Belum Coba Es "Kaffelemonad" Swedia. Gini Bikinnya!

Jangan Ngaku Pecinta Kopi kalau Belum Coba Es "Kaffelemonad" Swedia. Gini Bikinnya!

Resep Brokoli Kukus dengan Berbagai Kombinasi Saus yang Akan Menggoda Lidah

Resep Brokoli Kukus dengan Berbagai Kombinasi Saus yang Akan Menggoda Lidah

9 Keripik Asli Indonesia yang Bikin Nggak Bisa Berhenti Makan. Maunya Ngunyah Terus!

9 Keripik Asli Indonesia yang Bikin Nggak Bisa Berhenti Makan. Maunya Ngunyah Terus!

Jadi Candu Perempuan Sedunia, Inilah Alasan Logis Kenapa Produk Kecantikan Korea Begitu Digandrungi!

Jadi Candu Perempuan Sedunia, Inilah Alasan Logis Kenapa Produk Kecantikan Korea Begitu Digandrungi!

loading