Beda Bentuk Beda Pula Fungsinya, Kenali 7 Jenis Makeup Brush Biar Nggak Salah

20 Juni 2018
|Faizah Pratama
0SHARES

Bersolek menggunakan makeup brush disukai oleh sebagian wanita karena membuat makeup lebih rapi dan merata. Bagi yang baru belajar makeup, pasti bakal bingung dengan banyaknya brush yang dipakai untuk mengaplikasikannya. Padahal kalau melihat beauty vlogger, mereka sangat lihai dalam mengaplikasikan makeup dengan berganti-ganti brush. Brush memang sangat beragam bentuknya begitu pula dengan fungsinya. Biar nggak salah, kenali jenis-jenis makeup brush berikut ini biar nggak salah pakai.

1. Powder brush

Bentuk bulunya panjang, halus, dan lumayan tebal sehingga mampu meratakan bedak dengan sempurna. Biasanya kuas ini digunakan untuk mengaplikasikan bedak tabur. Kadangkala juga digunakan untuk membaurkan compact powder agar hasilnya lebih natural.

2. Foundation brush

Brush untuk mengaplikasikan foundation juga ada banyak macamnya. Kuas yang pipih digunakan untuk mencapai hasil natural. Sementara brush yang bagian atasnya berbentuk bulat bulat digunakan untuk meraih hasil full coverage. Sedangkan yang salah satu sisinya lancip digunakan untuk meratakan foundation pada bagian dagu.

3. Fan brush

Sesuai namanya, bentuknya pipih  melebar seperti kipas. Fan brush berfungsi untuk mengaplikasikan highlighter pada bagian wajah yang ingin ditonjolkan. Brush ini juga berfungsi untuk membersihkan makeup yang tidak sengaja tercecer mengotori bagian seperti sekitar mata atau seputar hidung.

4. Eyeshadow brush

Eyeshadow brush wajib dimiliki untuk riasan mata sempurna. Yang berbentuk pipih fungsinya untuk memulaskan eyeshadow ke kelopak mata. Sementara yang bentuknya lebih bulat digunakan untuk membaurkannya agar tercapai gradasi warna paripurna.

5. Contour brush

Brush ini umumnya berbentuk miring karena dibuat untuk mengaplikasikan contour wajah. Bentuknya juga agak pipih dan berbulu halus agar mudah digunakan saat mengkontur tulang pipi.

6. Concealer brush

Bentuknya mungil dan agak pipih dengan gagang yang cukup panjang. Bentuk ini mempermudah untuk memulaskan concealer pada bagian bawah mata dan hidung.

 

7. Blush brush

Brush ini memiliki bulu-bulu banjang yang tersusun setengah bulat. Bulunya yang tebal pas digunakan untuk menyapukan blush on. Pilihlah kuas berkualitas, biar bulunya tidak rontok saat menggunakan perona pipi.

Namanya memang sama-sama kuas tetapi bentuknya yang berbeda-beda membuat fungsi yang berbeda pula. Sekarang, sudah tahu macam-macam brush sekaligus fungsinya. Jangan sampai salah pakai ya, biar hasil makeup jadi lebih paripurna dan flawless!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Faizah Pratama
"Di mana-mana hatiku senang!"
0SHARES