Bebaskan Diri Dari Kulit Kering dan Kusam Selama Berpuasa dengan 5 Cara Ini!

10 Mei 2018
|Chandra W.
32SHARES

Saat berpuasa, pola makan dan minum yang berubah juga mengubah kondisi tubuh kita termasuk pada kulit. Apalagi aktivitas sehari-hari tidak berubah. Tetap bertemu dengan cuaca tak menentu, terik matahari dan polusi. Agar kulit tidak rusak dan tetap cantik selama berpuasa, kamu bisa mengikuti cara-cara berikut ini. Mudah, kok. 

1. Minum air dengan jumlah seperti pada hari-hari biasa

Seperti yang dianjurkan oleh para ahli kesehatan, kita membutuhkan asupan air mineral delapan gelas sehari. Saat puasa, kamu bisa membaginya dengan porsi dua gelas saat sahur, dua gelas saat berbuka dan empat gelas saat malam. Hindari minuman yang bisa membuatmu cepat haus seperti yang mengandung banyak gula, soda serta kafein. Jika kamu bosan minum air mineral, buat saja infused water dengan buah-buahan segar seperti jeruk dan nanas. 

2. Gunakan body butter setelah mandi

Jika kulitmu termasuk di golongan normal-kering, hand & body lotion saja tidak cukup. Gunakan body butter dengan SPF 30 untuk perlindungan maksimal. Jika kamu beraktivitas di luar ruangan lebih dari tiga jam, oleskan lagi supaya kulitmu terlindung dari jahatnya sinar matahari. 

3. Hindari terlalu sering mencuci muka kecuali untuk berwudu

Meskipun menyegarkan, terlalu sering mencuci muka justru bikin kulit dehidrasi. Sebagai gantinya, kamu bisa menyemprotkan facial spray ke wajah. Pilih yang mengandung vitamin E, vitamin C dan antioksidan supaya wajah tak hanya segar tapi juga sehat. 

4. Makan sayur dan buah yang banyak saat sahur dan berbuka

Seperti yang sudah kita ketahui, asupan buah dan sayur sangat baik untuk tubuh. Jika lotion, pelembap, dan spray wajah melindungi kulit dari luar, makanan sehat melindungi kulit dari dalam. Jangan terlalu kalap menyantap jajanan saat berbuka dan makanan berlemak saat sahur. Imbangi dengan makanan kaya serat seperti sayur dan buah.

5. Istirahat cukup setiap hari

Selain karena harus bangun sahur, kamu juga tetap harus menjaga pola dan jumlah waktu tidur. Untuk orang dewasa, tidur cukup sekitar 6-8 jam per hari. Saat tidur, kulit akan mengalami regenerasi dan peremajaan. Kalau kamu kurang tidur atau sering begadang, kulit akan lebih cepat keriput lho. Nggak mau, kan, masih muda sudah banyak kerutannya?

Itu dia rahasia menjaga kulit tetap cantik selama berpuasa. Jangan sampai ibadah puasa menghalangimu untuk tampil cantik seperti biasa, ladies.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Chandra W.
"Sebaik-baik tulisan adalah yang dibaca sampai akhir."
32SHARES