Bau Mulut Tak Sedap? Hindari 8 Kebiasaan Buruk Ini Sekarang!

unsplash.com

Bau mulut tidak sedap disebut juga sebagai halitosis. Biasanya, disebabkan oleh kurangnya produksi air liur yang membuat mulut kering. Jika setiap bangun pagi mulut biasanya berbau kurang sedap atau setelah menyantap makanan berempah, tidak termasuk halitosis. Bau mulut membandel ini akan tetap ada walau sudah menyikat gigi dan membersihkan mulut.

Pastinya, orang berbau mulut tak sedap menjadi kurang percaya diri. Untuk berbicara di depan umum juga rasanya nggak pede. Akibatnya, hal tersebut membuat banyak masalah dalam keseharian kamu. Untuk menyiasatinya, kamu sudah mencoba makan permen dan sikat gigi sebelum pergi ke luar rumah.

Jika siasatmu belum membuahkan hasil, bisa jadi karena masih tetap melakukan kebiasaan buruk yang memicu bau mulut. Berikut ini adalah beberapa kebiasaan buruk yang harus kamu hindari untuk mengatasi bau mulut yang membandel.

1. Malas minum air putih

unsplash.com

Tubuh manusia terdiri dari 70% air. Sayangnya, cukup banyak orang yang tidak suka untuk minum air mineral. Mereka lebih memilih untuk mengonsumsi minuman berasa. Apalagi sekarang sudah banyak jenis minuman instan yang bisa kamu dapatkan dengan mudah.

Di antara sekian banyak manfaat air mineral, tahukah kamu bahwa ia juga dapat membantu mengurangi bau mulut yang tak sedap? Dengan meminum air putih, in membantu mulut memproduksi air liur biar tidak kering. Lagi pula, minuman dengan kandungan perisa buatan kurang bagus untuk kesehatan ginjal kamu. 

2. Kebiasaan merokok

unsplash.com

Kebiasan merokok mendatangkan banyak kerugian bagi tubuh. Bukan hanya menyebabkan sejumlah penyakit seperti radang paru-paru, kanker, impotensi hingga gangguan kehamilan. Jika smoking habit ini sudah kamu pelihara sejak lama juga dapat menyebabkan bau mulut.

Pasalnya, merokok dapat merusak kesehatan gigi dan gusi, kemudian mulut pun menjadi kering. Dari sinilah akan timbul bau tak sedap di dalam mulut perokok. Untuk menghilangkan bad habit ini, kamu bisa berkonsultasi kepada dokter dan disertai dengan niat sungguh-sungguh untuk berhenti merokok. Ingat selalu peringatan pada setiap kemasannya: Merokok membunuhmu!

3. Terlalu banyak meminum kopi

unsplash.com

Kandungan sulfur yang terdapat pada kopi ternyata dapat memicu timbulnya bau mulut tak sedap. Apalagi jika minuman ini rutin dikonsumsi setiap hari dan tidak kamu imbangi dengan menjaga kebersihan mulut. Untuk mengurangi bau mulut yang membandel, kamu bisa mulai mengganti teh atau kopi yang biasa kamu minum dengan teh hijau.

Kenapa harus teh hijau? Karena teh hijau mengandung zat polyphenol yang dapat membabat habis kuman penyebab bau mulut. Selain itu, teh hijau juga memiliki zat aktif yaitu catechins yang dipercaya dapat membantu mengurangi risiko gigi rusak.

4. Malas berkumur dengan mouthwash
iyakan.net

Banyak orang yang merasa cukup dengan menyikat gigi dan malas menggunakan mouthwash. Padalah, berkumur dengan mouthwash secara rutin efektif menghilangkan bau mulut tak sedap. Mouthwash dapat menghilangkan bakteri yang ada di dalam mulut.

Cairan untuk berkumur ini sudah bisa kamu temui dengan mudah di supermarket terdekat. Bahkan di warung kecil pun sudah ada yang menjual mouthwash ini. Jika kamu lebih mempercayai produk herbal, mungkin kamu bisa menggunakan garam sebagai bahan dasar mouthwash kamu.

Berkumur dengan air garam yang juga berfungsi sebagai antiseptik dapat membantu menetralkan bakteri yang menjadi penyebab bau mulut. Untuk penggunaannya, kamu bisa melarutkan satu sendok teh garam ke dalam satu gelas air hangat. Kemudian, pakai untuk berkumur sebelum tidur. Kumur selama kurang lebih tiga puluh detik dan jangan sampai air tertelan.

5. Tidak menyikat gigi dengan baik dan benar
unsplash.com

Banyak orang yang rutin menyikat gigi namun ternyata masih tetap menghadapi sejumlah permasalahan gigi dan mulut. Bisa jadi karena cara menyikat giginya yang belum tepat. Sikat gigi yang benar adalah dengan membersihkan sela-sela gigi dan gusi. Saat memakan sesuatu, pasti ada bagian terkecil dari makanan yang terselip di antara gigi.

Jika didiamkan, makanan tersebut akan membusuk dan menyebabkan bau mulut. Selain itu, makanan yang menempel pada gigi dapat merusak gigi. Maka dari itu, jangan asal-asalan ketika menyikat gigi, pastikan sela gigimu juga dapat dijangkau oleh sikat gigi. Minimal kamu dapat menyikat gigi sebanyak dua kali yaitu saat pagi dan malam hari.

Bagi mereka yang memang concern dengan masakah kesehatan giginya, biasanya mereka juga akan menyikat gigi setelah makan siang walaupun tidak memakai pasta gigi.

6. Tidak membersihkan lidah saat menyikat gigi

unsplash.com

Jangan merasa cukup hanya dengan menyikat gigi saja. Pastikan saat menyikat gigi, kamu juga membersihkan lidah kamu. Karena lidah juga dapat menjadi sarang yang baik bagi pertumbuhan bakteri penyebab bau mulut. 

7. Malas ke dokter gigi

unsplash.com

Banyak orang yang malas ke dokter gigi jika tidak mengalami sakit gigi yang serius. Padahal, dianjurkan untuk rutin berkonsultasi ke dokter gigi minimal enam bulan sekali. Dokter gigi tidak hanya mampu memberikan penanganan pada gigimu yang rusak, tapi membantumu menjaga kesehatan mulut dan memberikan sejumlah pengobatan jika kamu mengalami permasalahan bau mulut yang membandel.

8. Malas berolahraga

unsplash.com

Berolahraga ternyata bukan hanya dapat menjaga kebugaran kita. Tahukah kamu bahwa kebiasaan berolahraga yang rutin juga dapat mengurangi bau mulut? Jadi, jangan malas untuk berolahraga ya!

Itu dia sejumlah kebiasaan buruk yang memicu bau mulut yang harus kamu hindari. Ubah kebiasaan buruk tersebut dengan sejumlah kebiasaan baik. Maka bukan hanya bau mulut yang dapat kamu atasi, tapi kamu juga akan memperoleh tubuh yang lebih sehat.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Manfaat Daun Sirsak untuk Obat, dan Khasiatnya untuk Wanita | Keepo.me

Manfaat Daun Sirsak untuk Obat, dan Khasiatnya untuk Wanita | Keepo.me

7 Penyebab Mengapa Area Belakang Telinga Sering Bau

7 Penyebab Mengapa Area Belakang Telinga Sering Bau

19 Arti Mimpi yang Paling Sering Dialami Oleh Orang. Ternyata Punya Makna Tersendiri | Keepo.me

19 Arti Mimpi yang Paling Sering Dialami Oleh Orang. Ternyata Punya Makna Tersendiri | Keepo.me

7 Kebiasaan Sepele Ini Justru Bikin Mukamu Jerawatan Parah

7 Kebiasaan Sepele Ini Justru Bikin Mukamu Jerawatan Parah

Mengenal Berbagai Jenis Ucapan Belasungkawa dalam Berbagai Agama dan Bahasa | Keepo.me

Mengenal Berbagai Jenis Ucapan Belasungkawa dalam Berbagai Agama dan Bahasa | Keepo.me

10 Makanan Alternatif yang Nggak Kalah Enak buat Penderita Asam Lambung

10 Makanan Alternatif yang Nggak Kalah Enak buat Penderita Asam Lambung

loading