Baterai Handphone Android-mu Boros? Lakukan 8 Trik Ini, Biar Nggak Jadi Budak Charger

26 November 2017
|Mega Fitriyani
117SHARES

Handphone android-mu termasuk boros baterai? Baru pakai sebentar, ternyata sudah habis lagi. Di-charge sudah 100%, tapi beberapa menit kemudian udah berkurang jadi 80%.

Hal ini bukan hal baru sih, karena semua handphone akan boros pada waktunya. Kamu mulai mengeluh repotnya harus bolak-balik nge-charge baterai? Simak tips berikut supaya bisa lebih hemat.

1. Kurangi install aplikasi yang jarang dipakai

Aplikasi yang terlalu banyak membuat hapemu boros baterai. Pastikan kamu hanya meng-install aplikasi yang memang benar-benar kamu butuhkan. Jangan sembarangan meng-install aplikasi hanya karena penasaran.

2. Gunakan hanya baterai original, no KW KW-an

Baterai original memiliki kemampuan performa maksimal dalam memberi suplai energi. Baterai yang tidak original punya potensi membawa masalah pada kemudian hari, baterai yang boros misalnya.

3. Matikan fitur yang tidak dipakai

Fitur yang intensitas dipakainya jarang, sebaiknya dimatikan atau di-disable saja. Fitur seperti sinkronisasi, bluetooth, atau NFC ternyata cukup banyak menyerap daya handphone-mu lho.

4. Prioritaskan pakai wifi daripada paket data

Para pencari wifi gratisan patut berbahagia, nih! Menggunakan wifi ternyata lebih direkomendasikan daripada menggunakan paket data pribadi. Menggunakan jaringan 3G atau 4G membuat handphone-mu bekerja lebih keras untuk mencari sinyal karena harus mempertahankan kestabilan jaringan. Wifi memiliki kelebihan sumber jaringan yang stabil dan pengguna harus berada area wifi. 

 

5. Jangan terlalu sering restart handphone

Me-restart gadget terlalu sering, bisa mengurangi daya energi yang tersimpan. Handphone-mu juga bisa mengalami kelelahan karena bolak-balik dinyalakan dan dimatikan, dan ini mempengaruh daya tahan bateraimu. Restart yang aman, bisa dilakukan dengan kurun waktu 3 hari sekali saja. Di bawah jangka waktu tersebut masuk dalam kategori terlalu sering. 

6. Minimalkan brightness

Tingkat brightness yang tinggi memang memperjelas tampilan layar. Tapi, hal itu bisa membuat baterai cepat habis. Sesuaikan saja brightness dengan kondisi ruangan. Auto brightness juga boros karena menambah beban kerja gadget dengan mengaktifkan tambahan sensor.

 

7. Matikan fungsi widget yang bisa dihindari seperti cuaca

Fitur cuaca juga membuat daya tahan handphone-mu boros karena sering update sehingga harus selalu terkoneksi ke internet. Memang, fitur ini bisa digunakan untuk mencari tahu sebuah ke-update-an tentang cuaca. Namun bila sudah tidak diperlukan segera dimatikan saja supaya hemat baterai.

8. Kurangi bermain game

Buat yang sudah kecanduan game, hal ini sepertinya akan jadi hal yang sulit buat dilakukan. Namun, jika ingin baterai handphone-nya awet, aktivitas nge-game memang harus dikurangi. Saat bermain game, kondisi hape dipaksa untuk bekerja maksimal, apalagi bermain game online

Nah, itu dia tips-tips yang bisa kamu lakukan untuk menghemat baterai androidmu. Jika performa handphone-mu sudah turun, sebaiknya kamu segera berkonsultasi dengan ahli. Barangkali, baterai Hpmu memang sudah waktunya diganti. Saat bepergian jauh, jangan lupa membawa power bank sebagai cadangan daya


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Mega Fitriyani
"Why worry?"
117SHARES