Barang Seabrek Tapi Kamar Nggak Seberapa Luas? 8 Dekorasi Ini Bisa Jadi Solusi!

11 April 2018
|Dwi Ayu Silawati
0SHARES

Punya barang seabrek di kamar bisa bikin ruangan pribadimu ini terasa sumpek. Iya kalau rapi, gimana kalau semua berserakan? Jadinya bisa berantakan banget. Belum lagi kalau kamar ukuran kamu termasuk sempit. Males berlama-lama di sana 'kan jadinya. Nggak jarang juga kamarmu sering dikira gudang.

Udah mencoba berbagai cara, masih aja kelihatan nggak rapi juga? Kamu wajib baca beberapa tips dan inspirasi dekorasi kamar ini, guys! Supaya barang kamu bisa tertata dengan rapi di kamarmu yang ukurannya pas-pasan. 

Nggak ada lagi deh diejek kayak ruang penyimpanan barang. Sudah layak disebut kamar saking tertata dan rapinya!

1. Jadikan rak kamu yang padat sebagai sekat di tengah ruangan

Jika punya banyak barang di kamar, kamu wajib punya rak yang bisa menampung barang. Baik itu untuk buku, pakaian, atau perkakas lainnya. Nah, tata dengan rapi di rak kamu dan jadikan rak yang sudah penuh itu sekat antara segmen di kamar kamu. Misalnya, raknya kamu taruh di antara tempat tidur dengan tempat belajar. Terasa lebih luas, 'kan?

2. Nggak punya budget untuk beli lemari? Tata dengan rapi di lantai

Jangan berkecil hati kalau kamu nggak punya budget untuk beli lemari atau rak besar. Tata barang-barang kamu di lantai, tetapi dengan rapi dan efektif. Kamu bisa tambahkan rak kecil yang biasanya harganya ramah di kantong untuk buku kamu. Sementara untuk perintilan kecil lainnya, kamu lebih baik gunakan kontainer dari rotan, kayu, atau plastik. Penataan yang pas nggak akan bikin perkakas kamu seperti tumpukan barang tak berguna.  

3. Buat pencahayaan alami yang cukup

Ruangan yang punya banyak barang di dalamnya wajib punya pencahayaan alami yang cukup tentunya dari jendela. Kamu disarankan merombak ruangan kamu sehingga terlihat terang dan langsung menghadap ke pemandangan luar rumah. Dengan begitu, kamar kamu akan terasa lebih luas, meskipun penuh denga barang-barang.  

4. Pilih perabot yang praktis

Mulailah dengan kesadaran kalau kamar kamu tidak punya cukup ruang lagi untuk menampung barang dengan ukuran besar. Maka, pilihlah kasur dan meja belajar yang praktis. Setidaknya salah satu dari barang besar itu harus tergolong praktis. Misalnya yang bisa dilipat atau tidak banyak makan tempat. 

5. Tata barang kamu di dinding

Manfaatkan dinding kamu dengan membuat rak gantung yang bisa kamu gunakan untuk menyimpan perkakasmu. Supaya tidak terkesan makin sempit, gunakan bahan rak yang berongga misalnya kawat seperti ini. 

6. Buat wardrobe sederhana untuk menyimpan pakaianmu

Punya banyak baju yang sudah tidak muat lagi di lemari tandanya kamu perlu sulap penyimpanan baju kamu dalam bentuk wardrobe atau gantungan seperti ini. Ini akan membuat ruangan kamu tidak terlihat sempit, asalkan kamu selalu menjaganya tetap rapi dan bersih. 

7. Embrace it! Bikin kamar kamu makin tematik

Punya banyak barang koleksi kesayangan yang sayang kamu buang, nikmati saja. Bikin ruang pribadi kamu makin tematik menggunakan barang koleksi kamu. 

8. Pilih seprai yang bermotif sederhana, atau polos kalau bisa

Karena kamar kamu sudah penuh barang, jangan bikin kamar kamu makin ramai dengan sprei yang bermotif heboh pula. Pilihlah sprei yang bermotif minimalis atau polos sekalian. 

Keren-keren 'kan inspirasi dekorasi untuk kamar sempit ini? Punya banyak barang bukan berarti sah kalau kamarmu berantakan. So, langsung aja dicoba, guys! 


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Dwi Ayu Silawati
"You'll move people by being loyal to your own dreams"
0SHARES