Banyak yang Tak Tahu, 7 Makanan Ini Berbahaya Jika Dipanaskan Ulang

28 Juni 2018
|Galih Pangestu Jati
75SHARES

Ketika makan malam bersama keluarga besarmu atau teman-temanmu, terkadang kamu memilih untuk memasak porsi dalam jumlah yang lumayan besar. Jumlah orang yang diundang mungkin menjadi pertimbangan kamu melakukan hal itu. Namun, alih-alih cukup, terkadang jumlah makanan yang dimasak malah berlebihan.

Selain kamu bisa membagikan makanan tersebut kepada orang-orang yang membutuhkan di sekitarmu, biasanya kamu pasti akan menyimpannya. Kemudian, keesokan harinya, sebelum kamu memakan masakan tersebut kembali, kamu akan memanaskannya agar terasa nikmat. Namun, tahukah kamu bahwa tidak sembarang makanan bisa dipanaskan ulang? Alih-alih perut kenyang dan nikmat, risiko keracunan malah bisa mengintaimu, lho! Lalu, apa saja makanan yang tidak boleh dipanaskan kembali? Cek daftar berikut!

1. Seledri

Sayuran hijau ini tentu saja tidak asing di telinga kamu, bukan? Rasanya yang khas dan manfaatnya yang melimpah sangat digemari oleh banyak orang. Namun, kamu perlu mencatat bahwa sayuran ini tidak boleh dipanaskan. Memanaskan masakan olahan seledri ini kembali dapat menyebabkan nitrat di dalamnya menjadi racun dan menjadi bersifat karsinogenik atau pemicu kanker. Jadi, lebih baik seledri dikonsumsi sekali makan saja ya!

2. Jamur

Jamur menjadi makanan pilihan pengganti daging ayam bagi para vegetarian. Rasanya dan teksturnya yang khas menyebabkan jamur disukai banyak orang. Selain itu, jamur ini juga dapat dimasak menjadi berbagai macam varian masakan, seperti keripik jamur, tumis jamur, bahkan sate jamur. Jamur termasuk makanan yang tidak boleh dipanaskan ulang karena dapat menjadi racun di tubuhmu.

3. Telur

Meski kaya akan protein, kamu harus berpikir ulang untuk memanaskan makanan ini dua kali. Pasalnya, memanaskan ulang makanan ini dapat menyebabkan protein berubah menjadi racuk yang bisa merusak sistem pencernaanmu.

4. Kentang

Kentang merupakan pengganti nasi yang cukup baik. Kentang tidak boleh dihangatkan kembali karena dapat meningkatkan pertumbuhan botulism, yakni bakteri langka yang ada di dalamnya. Hal ini pun bisa memicu masalah terhadap tubuhmu.

5. Nasi

Makanan pokok kita ternyata tidak boleh dipanaskan ulang, guys! Menurut Food Standards Agency, beras yang belum dimasak dapat mengandung spora bakteri yang dapat meracuni tubuh. Kemudian, ketika matang menjadi nasi, spora tersebut masih bertahan. Jika nasi tersebut hanya disimpan di ruangan dengan suhu kamar, spora tersebut akan berkembang dan menghasilkan racun penyebab muntaber dan diare. Oleh karena itu, alangkah lebih baiknya jika kamu jangan menyimpan nasi terlalu lama dan memanaskan ulang.

6. Ayam

Ayam yang telah diolah sebaiknya tidak dikonsumsi kembali, guys! Sebab, ketika dipanaskan kembali, komposisi protein di dalamnya akan berubah dan dapat menjadi racun bagi tubuhmu.

7. Bayam

Jika kamu penggemar Popeye, kamu pasti juga menyukai sayuran satu ini. Gizinya yang berlimpah dan rasanya yang enak menjadikan bayam disukai banyak orang. Meski demikian, ternyata makanan ini tidak boleh dipanaskan ulang lho, guys! Sama seperti seledri, bayam yang dipanaskan ulang dapat menyebabkan menyebabkan nitrat di dalamnya menjadi racun dan menjadi bersifat karsinogenik atau pemicu kanker.

Nah, setelah membaca daftar di atas, kamu bisa lebih bijak dalam mengonsumsi makanan, ya! Apabila memasak, pastikan makanan yang kamu masak tidak berlebih. Apabila berlebih, mungkin kamu bisa membaginya kepada orang-orang di sekelilingmu yang membutuhkan.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
75SHARES