Banyak Dijual Dimana-mana, 10 Kuliner Jepang Ini Sudah Akrab di Lidah Orang Indonesia

06 Mei 2018
|Reza Pratama
407SHARES

Selain terkenal dengan budayanya yang sangat kental, Jepang juga terkenal akan kulinernya yang khas dan beragam. Bahkan di Indonesia sendiri makanan Jepang sudah banyak dijajakan di mana-mana. Mulai dari restoran-restoran Jepang, sampai di pinggir jalan pun sudah mulai banyak yang menjual jajanan khas negeri Sakura. 

Nah, di bawah ini ada beberapa daftar kuliner khas Jepang yang sudah melekat di lidah orang Indonesia. Hmm kira-kira apa aja ya? Yuk langsung aja kita lihat.

1. Ramen

Wah siapa yang nggak doyan dengan makanan berkuah yang satu ini. Meski tampilannya terlihat mirip dengan mi instan, tetapi ramen memiliki rasa khas yang tak bisa ditemukan pada makanan manapun. Dengan cita rasa gurih dan toping yang menggiurkan, membuat ramen disukai banyak orang Indonesia.

2. Sushi

Selain ramen, sushi pun menjadi salah satu makanan khas Jepang yang sangat populer di Indonesia. Kamu juga pasti pernah mencoba sushi bukan? Bentuknya yang unik dan banyak ragamnya ini memiliki cita rasa yang berbeda-beda. Mungkin sushi menjadi makanan yang paling banyak disukai orang Indonesia. 

3. Takoyaki

Jajanan berbentuk bulat ini biasanya berisikan potongan daging gurita dan ditaburi mayonaise dan saus. Namun, dengan lidah masyarakat yang berbeda-beda, kini takoyaki memiliki berbagai macam isian. Mulai dari keju, sapi, ayam, sampai cumi-cumi. 

4. Okonomiyaki

Meski sering tertukar dengan takoyaki, okonomiyaki memiliki tampilan fisik yang lebih terlihat mirip martabak mi. Hanya saja okonomiyaki lebih terlihat tebal dengan isian berbagai macam seafood. 

5. Onigiri

Makanan berbentuk segitiga ini juga menjadi makanan yang populer di Indonesia. Betuknya yang unik, makanan bekal ini memiliki isian yang beragam. Mulai dari ayam, tuna, sapi, dan lain-lain. 

6. Dorayaki

Kalo melihat makanan manis yang satu ini, pasti kita langsung teringat dengan kartun Doraemon. Yup, makanan kegemaran Doraemon ini memang menjadi jajanan yang digemari banyak orang. Memiliki tekstur yang lembut dan manis mirip pancake, dorayaki biasanya diisi dengan kacang merah. Naun, sekarang kamu bisa menemukan dorayaki dengan berbagai rasa. 

7. Yakiniku

Makanan menggoda selanjutnya adalah yakiniku. Makanan berbahan dasar daging sapi ini dimasak dengan cara dibakar atau dipanggang. Tak hanya daging sapi, yakiniku juga bisa berupa daging kambing atau domba. 

8. Udon

Sepintas terlihat mirip ramen, tetapi udon memilik tekstur mi yang lebih tebal dan kenyal. Kuahnya yang bisa berupa gurih atau kari membuat siapapun ketagihan dengan cita rasanya.

9. Tempura

Tempura merupakan khas Jepang yang dibuat dari aneka daging ikan atau seafood yang dibalut dengan adonan ringan dan campuran tepung gandum. Cara memasak tempura sendiri adalah dengan digoreng.  

10. Mochi

Tampilannya yang berbentuk bulat menggemaskan dengan berbagai macam warna, membuat siapapun ingin menyicipi makanan kenyal yang satu ini. Mochi sendiri mungkin sudah nggak asing bagi lidah kita semua. Kue mochi sendiri pada umumnya berisi kacang merah atau kacang hijau. 

Itulah beberapa kuliner lezat khas Jepang yang sudah populer dan akrab di lidah mayarakat Indonesia. Meski memiliki tampilan dan cita rasa yang jauh berbeda dengan makanan-makanan khas nusantara, tetapi dengan menjamurnya restoran Jepang di Indonesia, lama kelamaan makanan Jepang pun bisa dicintai karena cita rasanya yang khas. Tentunya beberapa makanan tersebut sedikit modifikasi dan menyesuaikan dengan budaya di Indonesia. Di antara 10 makanan Jepang di atas, mana yang menjadi favoritmu?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Reza Pratama
"Drangan Trakioiot"
407SHARES