Banting Setir dan Ganti Cemilanmu dengan 7 Makanan Ini. Lebih Sehat, Nggak Bikin Gemuk!

24 Februari 2018
|Dwi Ayu Silawati
0SHARES

Kalau kamu tipe orang yang doyan ngemil, pasti was was dan insecure kalau badan jadi gemuk nih. Apalagi ngemilnya kripik-kripik bermicin. Belum lagi gorengan yang bikin kenyang dan nagih siapa saja yang mengigit. Memang enak sih makanan di atas, tetapi kurang baik untuk kesehatan.

Biar kamu bisa tetap sehat tapi kebiasaan ngemilmu nggak berkurang intensitasnya, coba deh ganti cemilanmu dengan beberapa makanan berikut. Nggak kalah lezat kok!

1. Kacang-kacangan

Kalau sedang banyak uang nih, coba beli kacang almond atau kacang mete, tetapi jika kamu sedang bokek kacang tanah yang direbus, kacang arab, atau kwaci boleh juga, lho.

2. Popcorn

Popcorn atau brondong jagung merupakan salah satu camilan yang bisa kamu makan dalam jumlah banyak tanpa takut gendut. Beneran, makanya beli aja popcorn yang masih dalam bentuk biji jagung, bisa kamu masak sendiri kapanpun. Bebas gula, pewarna, dan perasa buatan.

3. Kismis dan kurma

Kismis adalah anggur yang diawetkan secara alami, rasanya tidak terlalu manis, bisa jadi pengganti permen jeli. Kamu juga bisa mengonsumsi kurma yang punya tekstur mirip.

4. Fruit leather

Camilan satu ini jarang kita temukan di Indonesia, tetapi kamu bisa buat sendiri di rumah lho. Caranya mudah banget kamu membutuhkan beberapa buah seperti apel dan stroberi misalnya, paduan antara buah yang keras dengan lembut.

Rebus apel, stroberi, dan gula sesuai selera dalam panci hingga berbentuk seperti selai. Kemudian masukkan selai tadi ke dalam loyang yang pipih, ratakan hingga ketebalannya hanya setengah centimeter. Pastikan loyang sudah kamu lapisi dengan kertas roti terlebih dahulu. Diamkan selama semalam atau bisa kamu percepat dengan menggunakan oven selama 3-4 jam. Fruit leathermu siap disantap ketika bagian permukaannya tidak lagi lengket ketika disentuh tangan.

5. Frozen yogurt

Yogurt bisa kamu gunakan untuk menggantikan susu, misalnya kamu jadikan bahan baku es krim loli. Kamu pun bisa langsung mengonsumsinya setelah dibekukan seperti es krim biasa dan dicampur dengan toping seperti remukan cokelat atau buah-buahan segar.

6. Oatmeal cookie dough

Kamu pasti pernah dengar snack bernama cookie dough, benar-benar adonan cookies yang belum dioven tetapi bisa dimakan langsung. Nah, kamu bisa membuatnya sendiri dengan menggunakan oatmeal dan selai kacang, kemudian tambahkan topping lain seperti kismis, madu, choco chip, dan kacang mete atau almond misalnya. Bentuk menjadi bola-bola kecil, dinginkan di kulkas, dan siap dinikmati.

7. Pisang selai kacang

Terakhir, cobalah mencelupkan pisang yang sudah kamu potong-potong ke dalam campuran yogurt dan selai kacang. Kemudian bekukan dan nikmati sensasinya. Serasa makan cokelat putih.

Patut dicoba guys, demi tubuh ideal dan sehat! Ngemil sehat bukan hal mustahil lagi. Mulai besok, yuk coba banting setir cemilanmu sama yang lebih sehat.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Dwi Ayu Silawati
"You'll move people by being loyal to your own dreams"
0SHARES