Awas, Puasa Bisa Bikin Kepala Kayak Dobby. Lakukan 5 Langkah Pencegahan Rambut Rontok Ini!

31 Mei 2018
|Faizah Pratama
258SHARES

Puasa secara tidak langsung menyebabkan kerontokan. Rambut rontok saat berpuasa adalah hal yang wajar karena hal itu merupakan tanda rambut sedang beregenerasi. Perlu diketahui, rambut yang rontok 100 helai perhari tergolong normal. Asalkan kerontokan bersumber dari akarnya. Jika kerontokan terjadi karena batang rambut yang patah dan jumlahnya melebihi batas normal, berarti rambut mengalami kerusakan. Kekurangan nutrisi lah yang menjadi salah satu penyebabnya.

Saat berpuasa, asupan cairan dan nutrisi yang cenderung berkurang. Apalagi bagi orang yang tidak menerapkan pola hidup sehat. Supaya terhindar dari rambut rontok, ikuti 5 langkah mudah berikut ini!

1. Minum air putih yang cukup

Penuhi kebutuhan air putih yang cukup dengan menerapkan pola 242. Yakni, minum air 2 gelas saat berbuka, 4 gelas menjelang tidur, dan 2 gelas saat sahur. Saat kebutuhan air tercukupi, kulit kepala pun semakin sehat dan menguatkan akar rambut.

2. Konsumsi makakan yang menguatkan rambut

Pilihlah makanan yang mengandung vitamin A, B kompleks, C, dan E, seperti sayur-sayur dan buah segar.  Selain itu, makanan yang mengandung vitamin H (biotin), seperti ayam dan ikan juga perlu dikonsumsi. Fungsinya, untuk meningkatkan elastisitas rambut sehingga mengurangi risiko rambut rusak. Maksimalkan konsumsi makanan tersebut saat berbuka dan sahur.

3. Menjaga kebersihan rambut

Mulailah dengan berkeramas secara rutin dengan sampo yang sesuai dengan kondisi rambut. Setelah itu, lengkapi dengan menggunakan kondisioner. Kalau bisa, pilihlah sampo berbahan herbal. Sebab, sampo yang mengandung bahan kimia dan detergen yang tinggi justru akan memperparah kerusakan rambut.

4. Hindari menyiksa rambut

Mengeringkan rambut dengan hairdryer bisa menyebabkan rambut menjadi kering karena suhu panasnya. Sebaiknya mengeringkan rambut dengan cara mengangin-anginkannya. Mengikat rambut kuat-kuat juga bisa menyebabkan rambut rontok. Selain itu, hindari menyisir rambut dalam kondisi basah karena saat itu rambut sedang dalam kondisi rapuh.

5. Pakai vitamin rambut

Banyak vitamin rambut yang bisa dengan mudah kamu dapatkan. Belilah vitamin rambut dengan merek terpercaya. Bisa juga menggunakan bahan alami, seperti minyak almond dan minyak rosemary yang sangat ampuh mencegah kerontokan.

Rambut rontok seringkali dianggap sepele. Padahal, jika tidak segera diatasi bisa menyebabkan kerusakan rambut yang lebih serius, kebotakan misalnya. Agar kerontokan tidak semakin menjadi-jadi saat puasa, rawatlah rambutmu dengan sebaik-baiknya buat yang berhijab sekalipun. Sebab, seluruh anggota tubuh adalah titipan Tuhan yang harus dijaga.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Faizah Pratama
"Di mana-mana hatiku senang!"
258SHARES