Awas Dibobol! Amankan Data Penting di Smartphone Android-mu dengan Cara Ini

0SHARES

Ngerasa nggak sih kalau smartphone itu sudah jadi belahan jiwa banyak orang? Nggak tua, nggak muda, semua punya dan bisa pakai smartphone. Pemanfaatannya juga bermacam. Entah itu untuk berkomunikasi, mengurus pekerjaan, me-manage keuangan, berselancar internet atau bisa juga sebagai ala untuk mengambil foto pada momen berharga. Mau pakai iOs atau Android, sama saja.

Kecanggihan dan kamudahan yang ditawarkan sistem operasi Andriod membuat banyak orang menyimpan data yang bersifat pribadi di sana. Kebayang dong gimana bahayanya kalau data itu hilang atau terkena hack dari pihak nggak bertanggung jawab? Bisa pusing dan galau tujuh keliling tuh!

Nah maka dari itu YuKepo kasih tips buat mengamankan data yang ada ponsel pintar kamu jikalau nantinya ada hal-hal buruk yang tidak diinginkan terjadi.

1. Manfaatkan 2 langkah verfifikasi akun Gmail

Pernah dengar tentang verifikasi 2 langkah dari Gmail? Fungsi ini untuk mempersulit langkah orang tidak bertanggung jawab yang ingin membobol akun Google kamu. Mereka nggak akan bisa mengakses akun kamu dari komputer lain tanpa persetujuan dari kamu. Jadi jangan lupa aktifkan fitur verifikasi 2 langkah pada akun Gmail kamu ya!

2. Pasang fitur smart lock

Hal dasar yang paling bisa dilakuin semua pengguna smartphone berbasis Android 5.0 adalah dengan memasang fitur smart lock-nya. Dengan mengaktifkan fitur ini, handphone tidak akan akan bisa dibuka oleh orang asing yang tidak mengetahui password yang sudah kita buat. Entah itu variasi angka, pattern, atau berupa sidik jari.

3. Sempatkan enkripsi data

Cara lain agar data di smartphone kamu aman dari ancaman dibobol hacker adalah dengan mengaktifkan metode enskripsi data. Dengan begitu, data yang kamu miliki akan tersimpan dengan aman dalam bentuk kode yang tidak mudah untuk dipecahkan hacker. Meski prosesnya terbilang cukup rumit dibanding smart lock, tapi worth to do kok buat keamanan data ponsel kamu.

4. Hindari install aplikasi mencurigakan

Ketimbang menanggung risiko data terbajak, mendingan kita install aplikasi resmi yang sudah pasti aman aja. Ya emang sih kadang tergoda buat ikutan install aplikasi nggak jelas yang menawarkan banyak keuntungan, tapi 'kan risikonya lebih besar. Pokoknya harus waspada ya!

5. Gunakan antivirus

Kalau mencari di Play Store, pasti kita bisa nemuin bermacam aplikasi antivirus. Rupanya aplikasi ini nggak hanya membantu kita untuk melindungi dari malware ataupun membersihkannya, tapi juga membantu menambah proteksi ekstra untuk data kamu dalam handphone agar jadi lebih aman.

6. Jangan tergiur WiFi gratis dengan nama asing

WiFi itu sudah jadi kebutuhan utama setelah punya handphone. Bahagia banget kalau dapet koneksi WiFi gratis. Masalahnya, kalau kita nggak hati-hati dalam menyambungkan perangkat ke WiFi asing, bisa-bisa orang lain memanfaatkannya untuk mencuri data kita!

Biar lebih aman, mending pasang WiFi sendiri deh di rumah, atau nggak beli paketan internet aja. Mahal dikit yang penting aman.

7. Rajin update software

Langkah terakhir buat mengamankan data dalam smartphone Android-mu ialah dengan rajin meng-update software. Karena update resmi dari perusahaan pasti sudah dilengkapi dengan program keamanan yang lebih baik dari versi sebelumnya.

Jadi jangan ragu buat selalu update ya. Bukan cuma update tentang fashion atau film terbaru, tapi juga update software gawai pintarmu agar lebih terjaga keamanannya.

Jika memang data yang kamu simpan sangatlah penting dan rahasia, ada baiknya untuk tidak menyimpannya di smartphone guys. Bijaklah dalam menggunakan teknologi yang ada, serta jangan lupa untuk selalu waspada. Secanggih dan seaman apa pun sistem operasi yang ditawarkan oleh Android, kamu nggak boleh 100% percaya dan menaruhnya di handphone.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Naftalia Inge Fabian
"Work hard, play hard. Stay young!"
0SHARES