Asal Tahu Resepnya, 7 Jajanan Kekinian Ini Bisa Kamu Bikin Sendiri di Kostan!

11 April 2018
|Dwi Ayu Silawati
147SHARES

Jajanan kekinian banyak bertaburan di pinggir jalan. Belum lagi ada banyak kafe trendy yang makin menjamur, tentunya bikin kamu ngiler dan tergoda mengeluarkan uang untuk membelinya. Sekali dua kali jajan sih sah-sah saja. Tetapi kalau keseringan makan jajanannya, kantongmu bakal jebol juga.

Kamu sadar nggak sih, kalau jajanan kekinian yang kamu makan itu ternyata gampang banget dibikinnya. Asal tahu resepnya, gampang deh! Tinggal beli bahannya, trus dimasak sendiri di dapur kostan.

Makanya, mulai sekarang coba deh kamu iseng-iseng coba bikin sendiri saja. Bisa dimakan ramai-ramai di rumah, murah meriah, seru juga lho! 

1. Pisang nugget

Mulai dari jajanan kekinian yang sedang digandrungi anak muda nih, Pisang Nugget! Nugget ini sebenarnya mudah banget lho. Kamu butuh 1 kg pisang kepok atau raja, 6 sdm tepung terigu, 2 butir telur, sedikit gula dan garam, 4 sdm susu bubuk, dan vanili secukupnya. Begini cara bikinnya!

- Campurkan semua bahan tadi dan wadahi dalam loyang. Kukus hingga matang.

- Setelah matang, iris sesuai bentuk yang diinginkan.

- Celupkan dalam larutan kental tepung dan air, kemudian lapisi dengan tepung panir dan goreng. Kamu bisa juga melompati langkah mengkukus tadi dengan langsung membentuk pisang bulat-bulat dan langsung digoreng.

- Jika tidak dikukus, pastikan adonan pisang kamu bentuk lebih kecil ukurannya. Agar saat digoreng tetap matang.

- Tambahkan topping sesuai selera.

2. Corn Dog

Corn dog juga sekarang mewarnai dunia kuliner Indonesia. Corn dog sebenarnya hanya sosis sapi yang digoreng dengan tepung. Campuran tepung untuk adonan corn dog tentunya bercita rasa gurih danasin.

Bahannya adalah tepung terigu, sedikit tepung maizena jika ada, telur, garam, bumbu tabur lain jika perlu, dan air secukupnya. Pastikan adonan tepung tadi cukup kental.

Tusuk sosis mentah dengan tusuk sate, kemudian celupkan ke dalam tepung hingga semua bagian terlumuri rata. Goreng sampai matang dan tambahkan toping sesuai selera atau siapkan saos sambal sebagai pelengkap. 

3. French Toast

French toast pada dasarnya adalah roti panggang biasa. Bedanya, sebelum dipanggang roti tawar dicelupkan dalam susu terlebih dahulu, baru kemudian dipanggang dalam wajan yang sudah dilumuri mentega. Panggang kedua sisinya. Kemudian tumpuk dalam piring, baru tambahkan gula bubuk, madu atau sirup, dan buah-buahan. 

4. Churros

Jajanan yang tak kalah ngetren dan menjamur di perkulineran Indonesia. Churros juga sangat mudah dibuat.

- Pertama, siapkan wajan dengan api kecil, lelehkan mentega kira-kira 2-3 sdm di dalamnya.

- Masukan tepung terigu kira-kira 1 cangkir atau 125 gr.

- Aduk hingga tercampur rata dan adonan kalis. Masukan adonan ke dalam piping bag yang sudah dipasangi decorating tip.

- Siapkan minyak panas dan goreng adonan tadi dengan bentuk memanjang atau bulat seperti donat sesuai selera.

- Sajikan dengan toping atau saus cokelat. 

5. Cinnamon Apple Pie

Apple Pie pun sebenarnya mudah banget dibuat. Kamu hanya perlu membuat kulit pastry yang sebenarnya hanya terbuat dari mentega dan tepung terigu yang dicampur dengan sedikit air es. Uleni hingga adonan kalis. Kemudian diamkan satu jam dalam kulkas.

Sembari menunggu, buat isi pie dengan irisan buah apel, gula, garam, sedikit perasan jeruk nipis atau lemon, dan sedikit tepung maizena. Masak semua bahan, tambahkan bubuk kayu manis. Masak hingga buah apel melunak. Pipihkan adonan pastry hingga tipis, potong kotak-kotak atau bulat-bulat sesuai selera saja. Kemudian isi dengan buah apel tadi dan tutup menyerupai kue pastel. Goreng, enak dinikmati saat hangat. 

6. Onion Ring

Kamu hanya butuh bawang bombay. Potong melintang dan keluarkan umbi lapisnya yang berbentuk gelang-gelang. Siapkan larutan tepung, resepnya sama saja dengan tepung corn dog. Lapisi bawang tadi dengan larutan tepung. Tambahkan tepung panir bila ingin onion ring kamu lebih crispy. Goreng. Nikmati selagi hangat!  

7. Dorayaki

Makanan favorit Doraemon yang mendadak jadi idola banyak orang. Sebenarnya dorayaki pada dasarnya adalah pancake.

Bahan adonan:

- 160 gr tepung

- Gula

- Garam

- Baking powder

- 1 sdm minyak atau mentega cair

- 3 kuning telur

- 1 sdm susu.

Cara membuat:

- Di wadah terpisah, kocok putih telur hingga kaku, baru masukan ke dalam adonan tepung tadi. Ini supaya adonan kamu akan terasa lebih fluffy.

- Panggang dengan teflon anti lengket. Pastikan kamu tidak menggunakan tidak terlalu banyak minyak atau mentega. Cukup dioles tipis-tipis saja.

- Ketika sudah dapat beberapa kue, lapisi satu sisinya dengan cokelat atau selai sesuai selera dan rekatkan dengan kue lain seperti sandwhich. 

Mudah banget lho ternyata buat bikin jajanan kekinian di atas! Tentunya butuh niat dan ketelatenan sih. Awal percobaan rasanya mungkin kurang enak atau kamu salah pilih bahan. Namun, pasti seru banget kalau dicoba bareng-bareng teman satu kost. 


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Dwi Ayu Silawati
"You'll move people by being loyal to your own dreams"
147SHARES