Anak Kost Wajib Terapkan “KonMari” Ini. Metode ala Jepang Buat Menata Kamar Sempit

16 Desember 2017
|Ekky Riza
452SHARES

Rumah yang rapi dan bersih pasti jadi dambaan setiap orang. Tapi udah berbenah tiap hari, kok rumah masih berantakan aja? Nah, mungkin ini metode menatamu yang keliru. Bisa jadi ini saatnya kamu menerapkan KonMari.

Metode KonMari ini diinisiasi oleh Marie Kondo yang berasal dari Jepang. Melalui bukunya yang berjudul "The Life-Changing Magic of Tidying Up: The Japanese Art of Decluttering and Organizing", ia menawarkan solusi berbenah rumah yang rapi banget. 

Uniknya, KonMari ini sangat bertolak belakang dengan metode rumah pada umumnya. Kita diharuskan menyortir barang, dan yang boleh disimpan hanyalah barang yang dapat memberikan kesan bahagia saat menyentuhnya. Yang tidak memberikan kesan bahagia? harus dibuang!

Menurut orang yang sudah menerapkan metode KonMari, kehidupan mereka jadi lebih bahagia karena di dalam rumah mereka hanya dikelilingi oleh barang-barang yang "membahagiakan". Nah, apa saja yang perlu dilakukan untuk menerapkan metode konmari? Yuk ditiru, biar ikutan bahagia juga!

1. Simpan barang yang membahagiakan, jual yang lainnya di garage sale saja

Sebenarnya esensi dari berbenah adalah menata kembali barang yang masih bisa dipakai dan membuang yang tidak lagi berfungsi dengan baik.

Tapi untuk mengetes apakah barang tersebut layak dibuang atau tidak dengan metode KonMari, adalah dengan memegang barang satu persatu. Rasakan, apakah barang tersebut memberikan kesan bahagia. Jika ya, simpan. Jika tidak, jual di garage sale!

2. Sendirikan dan pilah tiap kategorinya

Metode Konmari menuntun kita untuk menyortir barang dalam di tiap kategorinya seperti list di atas. Pasti barangmu banyak banget. Supaya lebih maksimal, lebih baik pilah tiap kategorinya tiap minggu. 

Misalnya minggu ini berbenah pakaian. Maka, kumpulkan semua pakaian yang ada di rumah, lalu sortir satu persatu. Minggu depan kita jadwalkan untuk berbenah buku. Begitu seterusnya.

3. Simpan dan sendirikan barangnya sesuai kategori

Jika disimpan sesuai kategori, maka barang akan mudah ditemukan dan diambil saat kita memerlukannya. Setelah menggunakannya pun, jangan lupa dikembalikan ke tempat semula, ya, guys!

4. Untuk menata pakaian, lipat secara vertikal dan letakkan berdasarkan warnanya. Dari cerah ke gelap

Jika disimpan sesuai kategori, maka barang akan mudah ditemukan dan diambil saat kita memerlukannya. Setelah menggunakannya pun, jangan lupa dikembalikan ke tempat semula, ya, guys!

5. Gunakan kardus bekas untuk menyimpan pakaian

Pakaian menjadi hal pertama yang harus dibereskan, karena pakaian adalah benda yang nggak bisa jauh-jauh dari keseharian kita. Metode KonMari menuntun kita untuk melipat baju secara vertikal, dan menyimpannya berdasarkan warna cerah ke gelap.

Dengan begitu, baju lebih mudah diambil dan pastinya tidak akan berantakan seperti jika kita mengambil baju yang disimpan dengan cara ditumpuk. Metode ini bisa menghemat banyak tempat lho, guys!

Nah, itu dia tips berbenah rumah dengan metode KonMari. Kira-kira metode ini cocok buat kamu, nggak? Yang pasti KonMari ini cocok banget diterapkan sama anak kos yang punya banyak barang tapi kamar kosnya tidak begitu luas.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Ekky Riza
"live your life"
452SHARES