Agar Tidak Terlihat Seperti Dakocan, Pahami Cara Memakai Blush On Berikut Ini!

04 Mei 2018
|Chandra W.
12SHARES

Ada banyak cara untuk membuat wajah terlihat lebih segar dan lebih muda, salah satunya dengan mengaplikasikan blush on. Namun bagi beberapa cewek, menggunakan blush on atau perona pipi bukan perkara mudah. Salah-salah, bukannya wajah terlihat segar dan pipi nampak tirus, justru hasilnya terlalu menor dan pipi bertambah bulat serta terlihat seperti badut atau dakocan. Nggak mau mengalami kejadian seperti itu kan?

1. Berbeda bentuk wajah, beda pula cara mengaplikasikan blush on

Setiap orang memiliki bentuk wajah yang berbeda-beda dan saat ini dikategorikan ke bentuk wajah: bulat, oval, kotak dan hati. Untuk kamu yang berwajah bulat, aplikasikan blush on dari bawah tulang pipi ke arah sudut mata. Hasilnya pipimu akan terlihat lebih tirus dan ramping. Sedangkan untuk wajah oval, pulaskan blush on di tengah bagian pipi dengan gerakan memutar lalu tarik ke arah pelipis mata. Cara ini menonjolkan tulang pipi tanpa terlihat berlebihan. 

Lalu untuk bentuk wajah kotak, biasanya bagian rahang harus sedikit diperhalus atau disamarkan. Sapukan blush on dengan gerakan memutar di tulang pipi jangan terlalu dekat hidung dan tarik ke bagian bawah telinga. Terakhir, untuk bentuk hati sapukan blush on dari tulang pipi secara horisontal ke arah telinga. Tujuannya adalah supaya wajahmu terlihat lebih lebar. Kamu juga bisa menambahkan shading di dagu dengan warna yang lebih gelap.

2. Selain bentuk wajah, warna blush on juga harus disesuaikan dengan warna kulit

Terkadang kita gemas saat melihat warna-warna blush on yang lucu, tetapi ternyata setelah diaplikasikan kurang cocok di kulit. Sebaliknya, warna yang mungkin terlihat norak, ternyata cocok untuk kulit wajah kita. Lalu bagaimana caranya menentukan warna blush on yang cocok untuk warna kulitmu? 

Kulit putih cocok mengenakan warna peach yang ringan dan netral. Sementara untuk warna kulit yang tidak cerah tapi juga tidak gelap alias medium, cocok dengan warna rosy pink atau peach medium. Dan terakhir untuk kulit gelap cocok dengan warna peach gelap, rose, dan reddish purple. 

3. Tekstur dan formulanya juga harus disesuaikan dengan jenis kulitmu

Memang sih blush on yang bling-bling atau shimmery selalu terlihat menarik karena efeknya glowing di wajah. Tapi nggak semua orang juga cocok lho dengan blush on seperti itu. Untuk wajah dengan pori besar dan mudah berjerawat, pilih blush on matte saja. Jika kulitmu kering, pilihlah blush on dengan formula cream agar wajahmu lembap. Sedangkan untuk kulit berminyak bisa memilih blush on powder yang ringan.

4. Pakai primer dan kuas yang pas ukurannya

Kalau kamu pakai blush on tanpa foundation, percayalah, semuanya akan bubar jalan dalam waktu singkat. Percuma kamu menyapukannya sampai tebal sekalipun. Gunakan produk complexion seperti primer, foundation, BB cream dan sejenisnya dahulu supaya hasilnya lebih halus dan awet. Gunakan kuas atau brush yang tepat ukurannya agar tidak menyebar berlebihan melewati garis tulang pipi atau bagian wajah yang kamu pulas. 

5. Tambahkan highlighter dan terapkan teknik-teknik antimainstream ala selebgram juga boleh

Supaya lebih maksimal, kamu bisa menambahkan bronzer atau highlighter di akhir pulasan blush on. Sekarang juga teknik memulas blush on tak hanya itu-itu saja. Ada yang memulaskan blush on dari tulang pipi kanan ke kiri melewati hidung agar efek ronanya lebih awet. Ada juga yang menggunakannya di bawah mata. Blush on demam, istilahnya. 

Nah setelah tahu trik-trik di atas, sekarang kamu sudah bisa deh menggunakan blush on untuk sehari-hari tanpa terlihat seperti badut. Nggak mau kan, maksud hati terlihat segar dan cantik, eh malah ditertawakan karena tampak seperti dakocan. Jangan sampe, deh!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Chandra W.
"Sebaik-baik tulisan adalah yang dibaca sampai akhir."
12SHARES